Logo Sulselsatu

Sejak Subuh, DLH Gowa Disibukkan dengan 13 Pohon Tumbang

Asrul
Asrul

Jumat, 02 April 2021 21:04

Petugas DLH Gowa mengevakuasi pohon tubnag yang menutupi jalan.
Petugas DLH Gowa mengevakuasi pohon tubnag yang menutupi jalan.

SULSELSATU.com, Gowa – Akibat curah hujan tinggi dan angin kencang yang terjadi Jumat (2/4/2021) sekitar pukul 03:00 Wita dinihari hingga saat ini menyebabkan 13 pohon yang tumbang di wilayah Kabupaten Gowa.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis yang turun langsung bersama tim melakukan penanganan.

Ia mengatakan sejak subuh tadi, dirinya langsung mengarahkan anggotanya untuk turun ke lapangan melakukan penanganan terhadap beberapa pohon yang tumbang di sejumlah titik.

Baca Juga : Waspada! Peringatan Cuaca Buruk Sulsel Prediksi Terjadi Hingga 21 Maret Mendatang

“Hujan lebat dan angin kencang tadi mengakibatkan terjadinya beberapa pohon tumbang, dan data sementara sebanyak 13 pohon. Kami saat ini telah membagi 2 tim untuk melakukan penanganan sejak setengah 4 subuh tadi dan sudah ada 6 pohon yang tertangani,” ungkapnya.

Adapun lokasi pohon tumbang yakni Jalan Poros Panciro dekat RS Thalia, Jalan Poros Pallangga depan cek point Pangkabinanga, Jalan Sultan Hasanuddin depan Makodim 1409 Gowa, Jalan Tumanurung, Jalan Poros Macanda atau dekat kuburan Covid-19, Poros Limbung dekat pasar dan Jalan Paccinongang.

Kemudian, Jalan Kacong Dg. Lalang depan kuburan Baracelle, Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo, Jalan Beringin dekat SPAS, Jalan Poros Limbung (Tanetea), Taman PKK, dan Jalan Beringin (samping Balai Diklat Gowa).

Baca Juga : 9 Pohon Tumbang di Makassar, Timpa 2 Mobil yang Terparkir

Sementara, terkait listrik padam yang terjadi diakui Azhari, hal itu dikarenakan banyaknya kabel listrik yang terkena pohon tumbang ini, salah satunya di Jalan Sultan Hasanuddin.

“Kabel listrik juga banyak kena, makanya terjadi mati lampu,” tambahnya.

Azhari mengimbau agar sementara waktu masyarakat waspada saat melintas dan tidak berteduh atau berada di bawah pohon, karena cuaca saat ini tidak mendukung dan pohon akan sangat rawan untuk tumbang.

Baca Juga : Enam Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Makassar Timpa Dua Mobil yang Melintas

“Kami imbau kepada masyarakat berhati-hati melintas di bawah pohon karena pohon sekarang rawan, termasuk juga mengimbau kepada Balai untuk sementara waktu tidak melakukan penggalian drainase di Jalan Poros Panciro-Takalar karena galiannya dilakukan di pinggir pohon langsung dan akibatnya dua yang rebah akibat penggalian itu,” imbaunya. 

Penulis: Jahir Majid

Editor: Midkhal

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...
Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....
Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...