Logo Sulselsatu

Tiket Pesawat dan Tarif Tol Penyumbang Terbesar Inflasi di Sulsel Mei 2021

Midkhal
Midkhal

Jumat, 04 Juni 2021 09:56

ilustrasi
ilustrasi

SULSELSATU.com, Makassar – Pada Mei 2021, inflasi Sulsel berada pada 0,34 persen. Komoditas dengan kenaikan harga terbesar dari kelompok transportasi, yaitu kenaikan harga pesawat dan penyesuaian tarif tol. 

Kepala BI Sulsel, Budi Hanoto mengatakan, kenaikan tarif angkutan udara ini diperkirakan karena tingginya permintaan sebelum dan sesudah mudik. 

“Sementara itu, juga adanya penetapan golongan kendaraan dan tarif tol di jalan tol Ujung Pandang. Kenaikan harga untuk komoditas transportasi tersebut sebesar 1,44 persen,” kata Budi Hanoto, Kamis (3/6/2021). 

Baca Juga : Pj Sekda Sulsel Andi Aslam Sebut Secara Statistik Data Inflasi Sulsel Memuaskan

Secara bulanan jelas Budi, inflasi Sulsel juga dipengaruhi oleh kenaikan kelompok pengeluaran lainnya seperti kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,15 serta kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,73 persen. 

BI memprediksi, kenaikan harga pada dua kelompok ini karena dipengaruhi tingginya permintaan pakaian saat momen lebaran. Kemudian, dari kelompok makanan karena didorong kenaikan harga ikan bandeng, dan daging ayam ras terutama permintaan mendekati lebaran. 

“Inflasi bulanan Sulsel masih terkendali dalam sasaran target. Inflasi Sulsel 2021 diperkirakan tetap terkendali dan berada dalam target sasaran. Pengendalian inflasi akan tetap fokus pada aspek 4K yaitu ketersedian pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif,” jelasnya. 

Baca Juga : Pemprov Sulsel Wacanakan Intervensi Harga Beras

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Mei 2021 antara lain: tarif angkutan udara, ikan bandeng/ikan bolu, daging ayam ras, tarif jalan tol, bahan bakar rumah tangga, telur ayam ras, udang basah, baju muslim wanita, dan ikan cakalang/ikan sisik, ikan layang/ikan benggol. 

Kemudian, beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga seperti: cabai rawit, cabai merah, bawang merah, pisang, biskuit, bayam, air kemasan, labu siam/jipang, kangkung, dan daun bawang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...
Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...