Logo Sulselsatu

Wabup Gowa Ajak Masyarakat Lakukan Pengelola Sampah Mulai dari Rumah Tangga

Asrul
Asrul

Selasa, 08 Juni 2021 20:08

Wabup Gowa Ajak Masyarakat Lakukan Pengelola Sampah Mulai dari Rumah Tangga

SULSELSATU.com, GOWA
Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni hadir pada kegiatan pemberian penghargaan kepada Bank Sampah Unit Kabupaten Gowa yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Taman Sultan Hasanuddin Sungguminasa, Selasa (8/6/2021).

Dia mengatakan pengelolaan sampah telah menjadi persoalan klasik baik ditingkat lokal, nasional bahkan telah menjadi issu global. Volume timbunan sampah yang meningkat setiap tahun banyak dipengaruhi oleh peningkatan jumlah populasi dan perubahan pola konsumsi masyarakat yang semakin banyak menggunakan kemasan sekali pakai.

“Hal ini juga terjadi di Kabupaten Gowa yang memiliki posisi strategis yang menarik pertumbuhan industri dan kawasan permukiman dan menjadikan Kabupaten Gowa sebagai salah satu kabupaten dengan penduduk terbesar di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Baca Juga : DPRD Setujui Ranperda RPJMD Kabupaten Gowa 2021-2021 Dibahas dalam Rapat Pansus

Dalam upaya penanganan sampah ini, Kr Kio sapaan Wakil Bupati Gowa mengatakan perlu keterlibatan semua pihak terutama masyarakat untuk bersama sama membangun kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan membiasakan diri masing-masing.

Sponsored by MGID

“Mari melakukan pengelolaan sampah dengan melakukan pemilahan sampah dan membuang sampah pada tempatnya baik ketika kita di rumah, lingkungan kerja dan dimanapun kita berada,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa telah melakukan berbagai langkah-langkah untuk memperbaiki penyelenggaraan pengelolaan persampahan baik dari aspek pengurangan maupun penanganan sampah, seperti kegiatan sosialisasi pemilahan sampah, penggunaan thumbler dan himbauan bersih-bersih lingkungan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Gandeng Polri dan Mahasiswa Sukseskan Vaksin Kemerdekaan

Demikian pula dengan upaya penanganan sampah melalui penyediaan sarana pengangkutan sampah dan fasilitas TPS 3R yang menunjukkan komitmen serius pemerintah untuk meningkatkan cakupan wilayah pelayanan dan peningkatan kapasitas layanan pengelolaan sampah di Kabupaten Gowa.

Ia juga berharap dukungan dari para penggiat lingkungan dan Bank Sampah untuk terus mendukung pemerintah dalam upaya penanganan sampah yaitu dengan mengedukasi masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah secara kolektif melalui pemilahan sampah dan melakukan pengelolaan sampah mulai dari sumbernya.

“Berbagai langkah perbaikan dalam pengelolaan sampah yang dilakukan oleh pemerintah tidak akan berarti tanpa adanya peran aktif masyarakat. Mari kita bergerak bersama agar pengelolaan sampah dapat memberikan manfaat ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan,” tandasnya.

Baca Juga : Mulai 26 Juli Hingga 2 Agustus 2021, Pemkab Gowa Terapkan PPKM Level 3

Sementara itu, Direktur Yayasan Peduli Negeri Makassar, Saharuddin Ridwan bahwa dalam pengelolaan sampah, saat ini sudah ada UPTD Bank Sampah dan sekitar 55 unit Bank Sampah di Kabupaten Gowa.

“Bahkan Kabupaten Gowa ini merupakan satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang sudah memiliki UPTD Bank Sampah dan ini sudah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri,” ungkapnya.

Kedepan Saharuddin Ridwan berharap keberadaan Bank Sampah ini bisa lebih dimaksimalkan dan ditingkatkan. Selain itu pihaknya juga akan selalu siap melakukan pendampingan di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Mulai 26 Juli Hingga 2 Agustus 2021, Pemkab Gowa Terapkan PPKM Level 3

“Alhamdulillah sudah ada beberapa daerah di Sulawesi Selatan yang ingin mencontoh Bank Sampah yang ada di Kabupaten Gowa,” tambahnya.

Pada kesempatan ini juga Wakil Bupati Gowa menyerahkan penghargaan kepada beberapa Unit Bank Sampah terbaik di Kabupaten Gowa.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video29 Juli 2021 00:36
VIDEO: Mensos Risma Sidak Penyaluran BST di Tangerang
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini melakukan sidak di Kota Tangerang, Rabu (28/7/2021). Risma memeriksa mengenai perkembangan peny...
Video28 Juli 2021 21:15
VIDEO: Hujan Es Jumbo di Italia, Sejumlah Orang Terluka
SULSELSATU.com – Sejumlah kendaraan rusak akibat diterjang hujan es di Italia, Selasa (27/7/2021). Hujan es tersebut disebabkan badai singkat ya...
Makassar28 Juli 2021 21:00
Sudirman Sulaiman Hadiri Dua Titik Vaksinasi Massal
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kali ini, Sudirman Sulai...
Sponsored by MGID
Video28 Juli 2021 19:38
VIDEO: Pedagang Sayur Mirip Banget Sama Sule, Netizen: KW Super
SULSELSATU.com – Seorang pedagang di pasar mirip dengan artis Sule viral di media sosial. Dalam video terlihat pria mirip dengan Sule tengah ber...