Logo Sulselsatu

Ketua Dewan Pendidikan Makassar Rudianto Lallo: Kualitas Pendidikan Harus Rata, Semua Harus Sekolah!

Midkhal
Midkhal

Rabu, 16 Juni 2021 19:08

istimewa
istimewa

Pedoman Rakyat, Makassar – Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Rudianto Lallo membuka Rapat Koordinasi (Rakor) di Hotel Maxone Makassar, Rabu (16/6/2021). Rakor itu diikuti sejumlah yayasan pendidikan dan pengelola sekolah swasta di Makassar.

Bersama-sama, Rudianto Lallo mengajak semua pihak mendorong Pemkot Makassar untuk menghadirkan pendidikan berkualitas yang merata untuk semua peserta didik.

Ketua DPRD Makassar itu mengambil contoh nyata. Di masa pandemi Covid-19 ini, masih ada juga dijumpai anak-anak usia sekolah di jalanan. Yang mestinya tetap belajar meski dilakukan di rumah masing-masing melalui daring.

Baca Juga : Rudianto Lallo Berhasil Amankan 1 Kursi DPR RI Usai PPP Gagal Raih Parliamentary Threshold 4 Persen

“Ini tentu sangat memprihatinkan. Pemerintah Kota Makassar mesti mencarikan solusi, bagaimana pendidikan yang berkualitas itu. Bukan hanya bisa dirasakan oleh peserta didik yang mampu, tetapi juga bisa dirasakan oleh peserta didik yang kurang mampu,” tegas Rudianto Lallo.

Di hadapan puluhan pengelola swasta, Rudianto Lallo juga menyampaikan lima masukan ke Pemkot Makassar untuk mewujudkan Program Utama Pemerintah Kota Makassar “Revolusi Pendidikan, Semua Harus Sekolah”.

Baca Juga : Deretan Petahana DPRD Makassar Terancam Tumbang di Pileg 2024

Pertama, perlunya pengembangan pembelajaran secara daring maupun luring, yang berkeadilan dan terjangkau bagi semua peserta didik.

“Setidaknya dinas pendidikan punya materi atau bahan pembelajaran yang mudah diakses bagi para peserta didik dan pendidik, berupa hardcopy maupun softcopy,” kata RL, sapaan akrabnya.

Kedua, peningkatan SDM bagi para tenaga pendidik dan kependidikan. Dengan memperbanyak pelatihan-pelatihan berjenjang, sesuai kebutuhan dan standarisasi mutu pendidikan.

Baca Juga : Apel Siaga, 1.000 Spartan Anak Rakyat Siap Menangkan Rudianto Lallo di Takalar

Ketiga, pemberian reward bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang berprestasi. Reward yang paling baik adalah memberikan beasiswa pendidikan kepada yang berprestasi.

Keempat, Pemerintah Kota Makassar diharapkan lebih memperhatikan lagi sekolah-sekolah swasta, dengan cara mempermudah urusan administrasi yang sesuai regulasi tentunya.

“Walaupun ada bantuan dana BOS, BOP dan DAK dari APBN, seyogyanya pihak Dinas Pendidikan Kota Makassar juga bisa mengusulkan anggaran bantuan ke sekolah swasta yang dibiayai melalui APBD,” usul RL.

Baca Juga : Usung Semangat Sultan Hasanuddin, 1.222 Spartan Gowa Siap Menangkan Rudianto Lallo

Kelima, mengatasi kendala data tentang tata kelola administrasi pendidikan, data sarana prasarana sekolah, data guru, peserta didik, dan data perencanaan pengembangan pendidikan yang update dan terintegrasi secara online.

“Ini tentu sangat penting, dan seharusnya kita punya, bila ingin kualitas mutu pendidikan kota makassar,” tegas RL sapaan akrab Rudianto Lallo.

Baca Juga : Rudianto Lallo Ziarah ke Makam Raja Gowa-Tallo

Legislator dua periode itu tidak lupa menyampaikan pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat melakukan rakor. Yakni sekolah dapat dibuka hanya pada zona hijau, meski diberikan izin Rudianto menegaskan harus mematuhi prokes.

“Selain itu orangtua boleh menolak sekolah tatap muka. Hal ini apabila ada orang tua yang merasa tidak siap jika anaknya harus kembali bersekolah. Maka ia berhak untuk menolak dan anak tetap melanjutkan pembelajaran dari rumah,” jelas Rudianto Lallo.

Rudianto di poin terakhir menyampaikan anggaran Dana BOS boleh digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan.

“Kemendikbud juga telah merelaksasi penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk mendukung sekolah menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan,” tutup politisi Partai NasDem itu.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...
Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...