Logo Sulselsatu

Pantau RSKD Dadi dan RS Bhayangkara, Plt Gubernur Sulsel Klaim Kasus Positif Covid-19 di Sulsel Terkendali

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 28 Juni 2021 21:04

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memantau dua rumah sakit yang menangani pasien Covid-19, Senin (28/6/2021).

Pemantauan ini dilakukan bersama Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam dan Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

Adapun lokasi pemantauan yakni, RSKD Dadi di Jalan Lanto Dg. Pasewang Makassar dan RS Bhayangkara Kota Makassar.

Baca Juga : PT Bumi Karsa Dirikan Posko Mudik, Bentuk Peduli Keselamatan dan Kenyamanan Para Pemudik

Dari hasil pemantauan, Sudirman Sulaiman mendapat laporan kondisi pasien bulan Juni 2021 data sampai tanggal 28 Juni didapatkan 67 pasien, 27 terkonfirmasi positif dan 40 suspek, khusus di RS Dadi.

Sementara di RS Bhayangkara, Kombes Pol Mas’udi melaporkan, bahwa saat ini ada 39 pasien Covid-19 yang dirawat RS Bhayangkara. Terdiri dari 10 polisi, 1 PNS, 1 keluarga, 27 umum.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan perkembangan kasus Covid 19 di Sulsel cenderung terkendali.

Baca Juga : Masyarakat Kabupaten Gowa Kini Tidak Wajib Pakai Masker di Ruang Publik, Aturan Telah Dicabut

“adapun perkembangan positif di Sulawesi Selatan itu masih relatif terkendali selama bulan Maret hingga Juni ini,” kata dia.

Sudirman mengaku tidak ada satupun pasien covid 19 yang mengalami kritis. “Alhamdulillah pasien ICU tidak ada. Jadi untuk RS Provinsi jumlah bed sekitar 459 yang terisi sekitar 40an, jadi hanya kisaran BOR (Bed Occupancy Rate) 5-6%,” bebernya.

Ia berharap kondisi pandemi Covid-19 masih bisa terkendali dan ditekan penyebarannya. “(Kasus positif) banyak dari imported case, jadi bagaimana kita tetap menjaga dan mewaspadai perjalanan ke mana-mana yang tidak penting tentu ini sangat penting bagi kita. Serta memperketat di area perbatasan luar Sulsel seperti pelabuhan dan Bandara,” ungkanya.

Baca Juga : Bisa Kembali Beraktivitas Normal, Begini Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

“Paling penting bagi kita bagaimana menjaga protokol kesehatan tetap ketat, PPKM mikro bersama TNI-Polri terus dilakukan dan kabupaten/kota tetap melaksanakan terukur. Ini yang selalu bapak Presiden sampaikan, bahwa rem dan gas harus terukur ketika bagaimana kita menggas ketika (zona) hijau kemudian tetap protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya.

Selain itu, dilakukan upaya mendorong vaksinasi Covid-19. Khususnya bagi para lansia. “Alhamdulillah, sampai saat ini, vaksinasi kita sudah sekitar 46% dari target sasaran 1,5 juta orang,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam menambahkan, bahwa naiknya kasus Covid 19 di Sulsel dikarenakan kasus dari luar.

Baca Juga : Dinkes Kota Makassar Genjot Realisasi Target Vaksinasi Covid-19

“banyaknya kasus dari impor (luar Sulsel) datang. Kita akan perketat yang datang dari daerah-daerah baik di jalur pintu masuk bandara atau Pelabuhan, ini kita akan melakukan random sampling,” imbuhnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...