Logo Sulselsatu

Satgas Nemangkawi Tangkap Anggota KKB Papua Penembak Tito Karnavian

Midkhal
Midkhal

Sabtu, 24 Juli 2021 12:54

Osimin Wenda, anggota KKB yang pernah menembaki rombongan Tito Karnavian saat masih menjabat Kapolda Papua.
Osimin Wenda, anggota KKB yang pernah menembaki rombongan Tito Karnavian saat masih menjabat Kapolda Papua.

SULSELSATU.com, Papua – Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi, berhasil menangkap Osimin Wenda alias Usimin Telenggen (30). Dia adalah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang kerap meresahkan masyarakat.

Osimin Wenda ditangkap di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Kamis (22/7/2021). Osimin Wenda sebelumnya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Papua yang dikeluarkan sejak 2018.

Direktur Kriminal Khusus Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Faisal Ramadani mengakui ada penangkapan terhadap Osimin Wenda alias Usimin Telenggen anggota kriminal bersenjata.

Baca Juga : 10 Longwis Unggulan Makassar yang Dikunjungi Sejumlah Kepala Daerah di Hari Peringatan OTDA

“Saat ini Satgas Nemangkawi telah berhasil menangkap seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Osimin Wenda, alias Usimin Telenggen, alias Ustel Bin Laden, alias Kilongginik, yang mana telah masuk daftar pencarian orang (DPO),” kata Direktur Reskrim Umum Polda Papua, Kombes Faisal Ramadhani.

Faisal mengatakan, Osimin Wenda ditangkap pada pukul 11.25 WIT. Penangkapan dilakukan usai pengintaian oleh Satgas Nemangkawi selama dua pekan terakhir.

KKB ini sudah diintai Satgas Nemangkawi selama dua minggu terakhir. Ketika terdeteksi di sekitar Distrik Mulia. Setelah dipastikan yang bersangkutan adalah Osimin Wenda, maka petugas melakukan penangkapan,” kata Faisal.

Baca Juga : Egianus Kogoya Bantai Anak Kepala Kampung karena Tak Diberi Bahan Makanan

Osimin Wenda merupakan narapidana di Lapas Abepura dengan vonis penjara seumur hidup. Dia bersama 13 Narapidana lainnnya melarikan diri pada 8 Januari 2016. “Pelaku diketahui mendapatkan vonis seumur hidup dari hakim pada 2014 dan kemudian kabur dari Lapas Abepura pada 2016,” bebernya.

Di tahun 2012 Usimin pernah menembaki rombongan Tito Karnavian saat Tito masih menjabat sebagai Kapolda Papua, dalam perjalanannya menuju TKP Polsek Pirime. Polsek Pirime juga ditembaki hingga menyebabkan 3 anggota Polri meninggal dunia.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News16 April 2024 10:34
Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Bagi Pemudik Gratis Kembali Ke Makassar
PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) salah satu subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menyediakan bus untuk 300 pemudik gratis balik ke Makassar ...
Politik15 April 2024 23:23
Rusdi Masse Gagas NasDem Mendengar, Minta Wejangan Lintas Akademisi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse (RMS) kembali menginisiasi sebuah gerakan baru sebagai partai politik modern, set...
Video15 April 2024 22:23
VIDEO: Khotib Sholat Ied yang Khutbah soal Kecurangan Pemilu 2024 minta Maaf
SULSELSATU.com – Khatib Salat Idul Fitri di Bantul, DIY, viral usai membawakan ceramah bernuansa politik. Usai kejadiannya viral, Khatib Untung ...
Bisnis15 April 2024 21:02
Kallafriends Hadirkan Program K-ollaborative yang Bertabur Keuntungan untuk Merchant
Bagi merchant yang bergabung dengan Kallafriends pun akan mendapat banyak benefit berupa support promosi produk yang intens secara online hingga kesem...