Logo Sulselsatu

Danny Paparkan Penanganan Sampah dan Bank Sampah Makassar Pada Forum APEC

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 29 Juli 2021 17:23

Danny Paparkan Penanganan Sampah dan Bank Sampah Makassar Pada Forum APEC

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) memaparkan bagaimana cara pengelolaan Bank Sampah di kota Makassar Dalam forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (29/07/2021).

Danny menjelaskan pengelolaan Bank sampah dikota Makassar, pada awalnya dikelola dari partisipasi masyarakat dalam mengelola persoalan sampah rumah tangganya sendiri.

“Dalam prosesnya program bank sampah terbentuk ditingkat RW ada 1000 bank sampah, ditingkat kecamatan ada namanya Bank Sampah sektoral dan ditingkat kota adanya namanya Bank Sampah pusat yang dikelola oleh UPTD dibawah naungan Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Makassar,” ucap Danny dihadapan peserta APEC.

Baca Juga : Siapkan Simulasi PTM, Pemkot Makassar Pastikan Kondisi Pelajar Sehat Terlebih Dulu

UPTD ini nantinya membeli sampah dari masyarakat dan pemerintah kota menyiapkan anggaran untuk membeli sampah dari unit bank sampah RW, sektoral maupun pusat.

Sponsored by MGID

Kepala UPTD Bank Sampah Sahar mengatakan yang menarik dalam forum ini adalah program inovasi pemerintah kota Makassar dalam mengelola Bank Sampahnya.

“Menariknya yang menjadi perhatian peserta forum ini, adalah program inovasi Bank Sampah melalui inovasi sampah ditukar beras, air galon dan tabung gas,” katanya .

Baca Juga : Wali Kota Danny Apresiasi Kepedulian IZI dan Bank Sulsebar Siapkan Hunian Tetap Bagi Korban Kebakaran Tallo

Dalam forum salah satu pembicara dalam WEBINAR APEC menjelaskan 5 aspek dalam pengelolaan sampah mulai regulasi, organisasi, pembiayaan dan pemberdayaan masyarakat serta tekhnologi.

“Makassar sudah melaksanakan itu, menjadi perhatian danmenjadi prioritas kita dalam pengelolaan sampah,” jelas Sahar

Selain itu, Danny juga menjelaskan tentang pengembangan pengelolaan sampah organik yang nanti dikembangkan melalui sistem Biodigister menjadi gas.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...
Makassar27 September 2021 18:54
Siapkan Simulasi PTM, Pemkot Makassar Pastikan Kondisi Pelajar Sehat Terlebih Dulu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar tidak mau gegabah menerapkan proses pembelajaran tatap muka (PTM) bagi para pelajar di masa ...
Sponsored by MGID
Video27 September 2021 18:41
VIDEO: Purnawirawan Polri Terpaksa Jadi Manusia Silver Akibat Himpitan Ekonomi
SULSELSATU.com – Seorang purnawirawan Polri jadi manusia silver viral di media sosial. Purnawirawan Polri itu ditangkap oleh satpol PP di Kota S...