Logo Sulselsatu

Plt Gubernur Sulsel Imbau Kepala Daerah agar BOR ICU Tidak Melebihi 70%

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 31 Juli 2021 20:14

Plt Gubernur Sulsel Imbau Kepala Daerah agar BOR ICU Tidak Melebihi 70%

SULSELATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berharap daerah membuka extended room (ruang tambahan) untuk ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

Hal itu mengingat situasi angka positif di Sulsel mulai naik. Apalagi Pemprov Sulsel telah meluncurkan program Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT). Yang menjadi tempat isolasi bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan.

“Kami berharap Walikota dan Bupati agar wilayah dengan angka penyebaran Covid-19 meningkat untuk membuka fasilitas terintegrasi RSUD, extended rooms isolasi mandiri bagi warga sekitar terkonfirmasi positif Covid-19 dengan menyiapkan FIT,” pintanya, Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga : Pantau Pelaksanaan Test SKD CPNS, Plt Gubernur Sulsel Beri Motivasi Para Peserta

Kata dia, setiap daerah membuka ruang isolasi FIT dengan kapasitas sebanyak 100 tempat tidur. “Sehingga lebih mudah dipantau bagi yang OTG dan bergejala ringan oleh tenaga medis. Hal ini juga untuk menekan keterisian tempat tidur di ruang ICU,” ungkapnya.

Sponsored by MGID

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Sulsel tertanggal 30 Juli 2021, adapun situasi tempat tidur ICU di RS Rujukan dan non Rujukan Covid-19 di Sulsel telah terpakai sebanyak 173 tempat tidur dari total tersedia 306 tempat tidur. Data tersebut merupakan akumulasi dari BOR di Kabupaten/Kota se Sulsel, dengan rincian ICU tanpa ventilator telah terpakai 95 tempat tidur atau 64% dan ICU dengan ventilator telah terpakai 78 tempat tidur atau 49%.

“Kita tidak ingin BOR ICU melebihi 70%. Olehnya itu diharapkan Kepala Daerah Kabupaten/Kota memastikan BOR ICU tidak melebihi 70% dengan Konversi TT” katanya.

Baca Juga : BPBD Sulsel Salurkan Bantuan Logistik Bagi Korban Banjir di Wajo dan Bone

Andi Sudirman pun menghimbau agar Kepala Daerah untuk terus berupaya menggencarkan dalam upaya Sulsel Kebut Vaksinasi. Sebagai salah satu langkah menekan penyebaran Covid-19.

“Mari kita bersama untuk terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Sebagai langkah untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok)” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari menyampaikan, bahwa sudah ada beberapa daerah yang mengusulkan untuk turut membuka Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) yang merupakan inisiasi oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. “Iya, sudah ada yang mengusulkan membuka di Kabupaten Luwu Timur dan Palopo,” sebutnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan17 September 2021 14:43
PMI Sulsel Siapkan Plasma Konvalesen Gratis untuk Pasien Covid
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan (PMI Sulsel) siapkan plasma konvalesen gratis di markas PMI Sulsel, Jalan Lan...
Ekonomi17 September 2021 13:45
Komitmen Pada Isu Lingkungan, PLTU Co-firing Enceng Gondok Raih Penghargaan Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) berupaya terus menjaga keseimbangan aspek lingkungan hidup dan keekonomian operasional, termasuk di ...
Video16 September 2021 23:06
VIDEO: Emak-emak Ini Tuduh Driver Ojol Curi Emas Ketika Antar Paket COD
SULSELSATU.com – Seorang driver ojek online dituduh curi emas milik seorang ibu-ibu viral di media sosial. Ojol DKI Jakarta dituduh mencuri seju...
Sponsored by MGID
Makassar16 September 2021 21:02
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Temui Wali Kota Danny
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)...