Logo Sulselsatu

Plt Gubernur Sulsel Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Fasilitas Isolasi Terintegrasi di Asrama Haji Sudiang

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 07 Agustus 2021 20:14

Plt Gubernur Sulsel Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Fasilitas Isolasi Terintegrasi di Asrama Haji Sudiang

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan di Fasilitas Isolasi Terintegrasi yang berada di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sabtu (7/8/2021).

Diketahui, layanan FIT ini menjadi inisiasi oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Bahkan tempat isolasi ini disediakan gratis dengan kerjasama Kementerian Agama.

Pada kesempatan ini, Panglima TNI dan Kapolri menyerahkan bantuan oksigen konsentrator dari Presiden RI, Jokowi kepada Walikota Makassar, Bupati Gowa dan Bupati Maros.

Baca Juga : VIDEO: Nakes Wisma Atlet Izin ke Panglima TNI Ingin Jadi Tentara AL

Koordinator FIT Asrama Haji, dr. Arman Bausat menuturkan, bahwa Fasilitas Isolasi Terintegrasi merupakan Rumah Sakit darurat yang diampuh oleh Rumah Sakit Provinsi Sulsel yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan yang bisa berasal dari seluruh kabupaten/kota di provinsi Sulawesi Selatan maupun dari provinsi lain yang kebetulan berada di Sulsel.

Sponsored by MGID

“Salah satu tujuannya untuk memisahkan orang sakit dari orang sehat sehingga orang sehat tetap bisa bekerja dan produktif,” katanya.

Selain itu, di FIT Asrama Haji ini, disiapkan 1500 tempat tidur. Dimana alur penerimaan pasien bisa melalui mandiri, rujukan rumah sakit/puskesmas, melalui call center/website telemedicine hallo dokter.

Baca Juga : HUT Bhayangkara ke-75, Personel Mapolda Sulsel Baku Smash di GOR Dafest Daya

“Adapun beberapa program yang dicanangkan oleh bapak Plt Gubernur, menyediakan telemedicine hallo dokter. Di mana setiap masyarakat bisa berkonsultasi untuk melakukan komunikasi dengan dokter dan dokternya siap 24 jam. Kita juga ada program Sulsel Kebut Vaksinasi,” jelasnya.

Selama menjalani isolasi di FIT, pasien memiliki kegiatan rutin diantaranya olahraga, ibadah, berjemur dan hiburan. Untuk pelayanan check-up kesehatan mandiri diantaranya disiapkan alat saturasi, oksigen ukur suhu, telemedicine halo dokter. Serta pemantauan pola hidup sehat dengan istirahat cukup, makanan bergizi, minum vitamin dan obat pereda keluhan.

Adapun fasilitas di asrama haji memiliki 15 gedung perawatan, IGD darurat, kapasitas tempat tidur 1500, standar kamar hotel, Wisma tenaga kesehatan, sarana olahraga, sarana ibadah, sarana CCTV dan wi-fi. Untuk fasilitas kesehatan yakni memiliki ambulans rujukan, mobile lab, mobil x-ray, mobile PCR, oximetri, oksigen konsentrat, alkes lainnya.

Baca Juga : Usai Ditelpon Jokowi, Kapolri Langsung Perintahkan Polda dan Polres Tangkapi Preman

Sementara itu, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan, “saya ingin berpesan bahwa menggunakan masker dan isolasi mandiri, jadikanlah itu sebagai kebiasaan baru. Jadi ke mana-mana kita harus pakai masker, kalau sakit lapor ke dokter dan isolasi mandiri, kalau OTG maka saya minta untuk isoter. Karena dengan melakukan tindakan seperti itu sama saja kita menyelamatkan nyawa orang lain terhadap paparan Covid-19,” pungkasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Breaking News04 Desember 2021 12:57
Usai Viral, Siswi yang Lamar Pria di Pinrang Alami Gangguan Psikis Karena Sering di Bully
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Usai kisahnya viral karena melamar pria di Pinrang, siswi kelas III SMP di Kabupaten Pinrang, Sulsel sering jadi baha...
Ekonomi04 Desember 2021 11:37
Transaksi Agen BRILink Tembus Rp1.000 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Di tengah maraknya digitalisasi di sektor keuangan, peran AgenBRILink dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tet...
Lifestyle03 Desember 2021 22:46
Rajai Penjualan PT SJAM, Desain Keren dan Futuristik Jadi Pemikat Utama
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Selama tahun 2021 ini, Nmax jadi motor terlaris dalam penjualan PT Suracojaya Abadimotor (SJAM). Total, sudah ada 32....
Sponsored by MGID
Makassar03 Desember 2021 21:36
Peringatan Hari Ibu, Indira Jusuf Ismail Sampaikan Makna Hari Ibu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, mengingatkan kembali akan makna hari ibu kepada generasi muda pada m...