Logo Sulselsatu

Rp 98 Miliar Ekspor Sulsel, Plt Gubernur Sulsel Harap Ekspor Pertanian Salip Ekspor Tambang

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 14 Agustus 2021 19:40

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, berharap ekspor sektor pertanian dapat menyalip atau mendahului ekspor sektor pertambangan.

Hal ini disampaikan Andi Sudirman Sulaiman pada acara Ekspor Merdeka yang dilepas oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu, (14/08/2021).

diketahui catatan ekspor Sulsel dalam beberapa tahun terakhir ini untuk sektor pertanian meningkat luar biasa.

Baca Juga : Presiden Peletakan Batu Pertama Telkom Smart Office di IKN, Siap Jadi Hub Telekomunikasi Nusantara

“Alhamdulillah pertanian ini luar biasa peningkatan dari tahun ke tahun, Sulsel meningkat luar biasa sekali,” kata Sudirman Sulaiman

Sudirman Sulaiman juga menyampaikan, ekspor ini menjadi memontum yang baik bagi petani dalam meningkatkan kesejahteraannya. Pangan menjadi keunggulan Sulsel.

Dalam jumlah produksi beras yang surplus, dimana penggilingan dan gudang penuh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan mobilisasi nasional beras Sulsel ke provinsi lain. Demikian juga untuk ekspor.

Baca Juga : Presiden Jokowi Resmikan IPAL Losari, Solusi Mengatasi Limbah Cair di Makassar

“Ini tentu menjadi momentum terbaik kami untuk melakukan mobilisasi nasional sektor beras untuk mengosongkan gudang-gudang. Di Bulan Agustus ini, panen raya bisa mengisi gudang-gudang dan tidak khawatir dengan produksi kami,” terangnya.

Sudirman Sulaiman juga menjelaskan catatan ekspor pertanian Sulsel sudah menghampiri ekspor pertambangan dari tahun 2020 – 2021.

“Kalau melihat catatan-catatan kami, ekspor kita ini sudah menghampiri ekspor di bidang pertambangan dari 2020 ke 2021,” ungkapnya.

Baca Juga : Erick Thohir Sebut MNP Masuk Daftar 20 Pelabuhan Terbaik Dunia, Punya Kapasitas 2,5 Juta TEUs

Angkanya untuk ekspor pertanian 11,45 persen dan pertambangan 14,4 persen. Terpaut hanya 3 persen.

“Kami optimistis, komoditas pertanian ini sebentar lagi akan menyalip pertambangan dan bisa menjadi sektor terdepan di Sulsel,” ucapnya.

“Ini sesuatu yang luar biasa, sehingga ini adalah ril di lapangan yang terjadi. Petani semua meminta dan berharap bagaimana pusat membantu mobilisasi nasional untuk beras dari Sulsel ke provinsi lain, dan juga ketika memungkinkan untuk ekspor,” tambahnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Resmikan Makassar New Port, Pelabuhan Terbesar Kedua di Indonesia

Sementara, SYL menyambut hal ini dengan antusias. Ia menyatakan bahwa Sulsel menjadi pintu bagi banyak sektor, termasuk pertanian.

“Banyak hal yang gatenya harus di Sulsel. Sulsel tidak boleh lagi mengandalkan tambang-tambang makan pagi Pak Gub. Pertanian makan untuk selamanya. Terima kasih Pak Gubernur,” sebut SYL.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...