Logo Sulselsatu

Kontribusi Menjaga Lingkungan, PT Vale Indonesia Kampanyekan Pengelolaan Sampah di Danau Matano

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 27 Agustus 2021 13:38

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk turut berkontribusi menjaga lingkungan dengan melakukan kampanye pengelolaan sampah di Danau Matano, Luwu Timur.

Kampanye dilakukan dengan kolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur dan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi Selatan dan Maluku.

Kepala DLH, Andi Tabbacina mengapresiasi andil PT Vale dalam menjaga lingkungan dengan berkontribusi pada program kampye pengelolaan sampah di Danau Matano.

Baca Juga : Sorowako Writers and Readers Festival, Gagasan Siswa yang Berasal dari Daerah Penghasil Nikel di Sulsel

“Danau Matano menjadi kawasan pelestarian alam yang sangat potensial untuk dikembangkan dan dimanfaatkan aebagai destinasi wisata dan rekreasi alam di Provinsi Sulsel. Namun, danau kebanggaan kita ini sedang sakit, karena dalam masalah mulai dari kerusakan daerah tangkapan air (DTA), kerusakan sempadan danau, kerusakan perairan danau, serta resiko bencana,” jelasnya, Jumat, (27/8/2021).

Dia menjelaskan, jika terkait pengerukan menggunakan alat berat, merupakan ini kali kedua. Tahun 2018 sudah dilakukan bekerja sama dengan PT Vale Indonesia Tbk dan BBKSDA, namun tidak juga memberikan hasil maksimal, mengingat sebagian besar sampah bertumpuk di bawah kolong rumah warga.

“Ada tiga kontributor sampah di dermaga ini yakni, sampah rumah tangga warga sekitar dermaga sorowako, sampah pasar maupun usaha lain (melalui drainase yang bermuara ke dermaga), serta sampah pengguna transportasi air maupun sampah kiriman dari desa sekitar,”katanya.

Baca Juga : PT Vale Kuatkan Sinergi dan Harmoni untuk Bumi Batara Guru Lebih Maju di HUT ke-20 Luwu Timur

Sementara itu, Direktur External Relations and Corporate Affair, Endra Kusuma menuturkan, PT Vale senantiasa mendukung upaya dalam peningkatan kualitas lingkungan di wilayah operasi PT Vale.

“Perlu koordinasi, sinergi dalam menyusun perencanaan dan menindaklanjuti upaya penyelamatan danau serta peningkatan kualitas lingkungan khususnya di pesisir Danau Matano. Ada nilai perusahaan yang terus kami jalankan dan kembangkan, respect our planet and communities,” pungkasnya.

Ia menuturkan, PT Vale sangat peduli dan mendukung upaya pelestarian lingkungan, serta senatiasa menghormati masyarakat dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan.

Baca Juga : PT Vale Umumkan Laba Bersih yang Kuat pada Triwulan Pertama 2023

Hasil kegiatan kampanye pengelolaan sampah di Danau Matano berhasil mengumpulkan puluhan ton sampah basah. Sampah tersebut kemudian diangkut menggunakan escavator dan truk yang disiapkan oleh PT Vale Indonesia, Tbk.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...