Logo Sulselsatu

Tahap Dua On Progres 85%, Bendung Lalengrie di Bone Aliri 700 Hektar

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Minggu, 19 September 2021 12:30

Tahap Dua On Progres 85%, Bendung Lalengrie di Bone Aliri 700 Hektar

SULSELSATU.com, BONE – Pembangunan Bendung Lalengrie tahap II kini telah memasuki progres tahap pemgerjaan 85%. Bendung yang berada di Desa Ujung Lamuru, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone ini merupakan salah satu fokus pembangunan pada infrastruktur pertanian oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Pembangunan Bendung Lalengrie ini di kerjakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) ini, dibagi dalam dua tahapan pengerjaan.

Untuk tahap pertama, progres pengerjaan berupa pekerjaan bendung dan jaringannya senilai Rp 21,5 Miliar telah rampung (progres pengerjaan 100%). Sementara untuk pembangunan tahap kedua, berupa pekerjaan reservoir dan jaringannya dengan anggaran Rp 41,9 Miliar tengah berprogres 85%.

Baca Juga : Terima Konjen Australia, Sudirman Sulaiman Bahas Peluang Kerjasama Bilateral Hingga Pendidikan Vokasi

Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pembangunan bendungan tersebut memperlihatkan kemajuan signifikan dengan aspek fungsional sesuai yang direncanakan.

Sponsored by MGID

“update progress Bendung Lalengrie di Kabupaten Bone, Alhamdulillah memperlihatkan kemajuan dan aspek fungsional sesuai rencana,” katanya, Minggu (19/9/2021).

Jika pembangunan tahap kedua ini rampung, maka pemanfaatan Bendung Lalengrie ini bisa segera dinikmati oleh masyarakat. Olehnya itu, dirinya meminta seluruh pihak serta masyarakat setempat untuk mendukung penyelesaian Bendung ini.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Bakal Salurkan 18 Ribu Al-Qur’an untuk Rumah Tahfiz dan Masjid

Untuk areal potensial Bendung Lalengrie direncanakan mengairi 1.100 hektar. Namun untuk pengerjaan tahap 1 dan tahap 2, baru bisa mengairi 700 hektar. Hal itu dikarenakan masih ada pekerjaan lanjutan untuk menghubungkan Daerah Irigasi pada bagian bawah. Rencananya, pembangunan Bendung ini dilanjutkan pada tahun 2022 untuk perampungan reservoir dan kolam isap.

“Semoga kerjasama semua pihak akan mempercepat penyelesasian pembangunan Bendung Lalengrie sehingga dapat menjadi aset Provinsi untuk irigasi teknis bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Menurutnya, bendung ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hadirnya pembangunan Bendung ini, kata Andi Sudirman, merupakan ‘investasi’ oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang langsung dinikmati manfaatnya langsung oleh masyarakat.

Baca Juga : 352 Tahun Sulsel, Plt Gubernur: Sulsel Secara Perlahan dan Pasti Menuju Lebih Baik

“Hadirnya bendung ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dimana ini bermanfaat untuk irigasi pertanian yang bisa meningkatkan produksi hasil pertanian,” tuturnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Politik22 Oktober 2021 23:49
Aliyah Mustika Diharap Dapat Mendorong Kunjungan Wisatawan ke Selayar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Selayar. Sela...
Adventorial22 Oktober 2021 22:39
Hari Santri Nasional, Erna Rasyid Taufan: Momentum Perkuat Identitas Kota dengan Generasi Qurani
SULSELSATU.com, Parepare — Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menyampaikan selamat Hari Santri Nasional tahun 2021 yan...
Olahraga22 Oktober 2021 21:14
Bawa Nama Indonesia, Mario Surya Aji Siap Tampilkan Performa Terbaik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Membawa nama Indonesia, Mario Suryo Aji dalan ajang Grand Prix Moto3 di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia...
Sponsored by MGID
Makassar22 Oktober 2021 20:22
Yayasan Hadji Kalla Teken MoU Pembinaan Disabilitas dengan STMIK Handayani
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Yayasan Hadji Kalla bersama STMIK Handayani Makassar melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dalam progr...