Logo Sulselsatu

Penelitian Mahasiswa Matematika UNM Temukan Efektivitas Vaksinasi Tekan Laju Covid-19

Asrul
Asrul

Senin, 20 September 2021 14:17

Penelitian Mahasiswa Matematika UNM Temukan Efektivitas Vaksinasi Tekan Laju Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) telah melaksanakan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian vaksin terhadap penyebaran Covid-19 dengan model matematika SEIR.

Tim yang berjumlah empat orang itu diawaki Putri Kharina Mahathir Hulinggi selaku ketua tim, Husnul Khatimah Syam, Muhammad Irfan, dan Andi Gagah Palarungi Taufik sebagai anggotamelalui bimbingan Prof Syafruddin Side.

Hasil penelitian dengan menggunakan kolaborasi antara tingkat efektivitas atau kualitas dari vaksin Covid-19 dan total populasi masyarakat yang telah divaksin dengan menggunakan pengaruh vaksin sebanyak 10%, 50%, dan 90%.

Baca Juga : Pertunjukan Teater Tari Musik, Sastra Sangiang Serri dan Meongpalo Karellae

Hasil penelitian dengan pengaruh 10%, menghasilkan bahwa apabila ada satu orang yang terinfeksi Covid-19 dapat menyebabkan enam orang lainnya ikut terinfeksi.

Sponsored by MGID

Kemudian dengan pengaruh 50%, menghasilkan bahwa apabila ada satu orang yang terinfeksi Covid-19, maka akan menyebabkan satu orang lain ikut terinfeksi.

Dan untuk pengaruh 90%, menghasilkan bahwa apabila ada satu orang yang terinfeksi Covid-19, maka kecil kemungkinan menularkan Covid-19 ke orang lain.

Baca Juga : UNM Bersama Gemma Nine Dorong Lembaga Halal Segera Hadir di Sulsel

“Kami sangat mendukung adanya program pemerintah yang menyerukan vaksinasi ke seluruh masyarakat Indonesia, karena berdasarkan hasil perhitungan yang kami lakukan vaksinasi bisa menekan angka penularan Covid-19,” ujar ketua tim penelitian
Putri, Senin (20/9/2021).

Putri menambahkan bahwa penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian vaksin dengan berfokus pada tingkat kualitas vaksin dan jumlah masyarakat yang telah menerima vaksinasi.

Dia berharap agar hasil penelitian ini menjadi acuan bagi pemerintah untuk mengajak dan menyadarkan masyarakat Indonesia untuk vaksinasi.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...