Logo Sulselsatu

BBKP Makassar Musnahkan Benih Tanaman Impor Tanpa Dokumen Lengkap

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 24 September 2021 13:00

BBKP Makassar Musnahkan Benih Tanaman Impor Tanpa Dokumen Lengkap

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar, Lutfie Natsir, memimpin pemusnahan media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK), di Kantor BBKP Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat, (24/09/2021).

Media pembawa yang dimusnahkan kebanyakan adalah benih tanaman, bunga dan buah-buahan, yang dipesan pribadi via online pada periode Februari hingga September 2021.

Lutfie mengatakan, perlakuan tindakan pemusnahan sesuai amanat Undang-undang No 21 Tahun 2019. Media pembawa yang dimusnahkan tidak dilengkapi dokumen Phitosanitary Certifikat (PC) dari negara asal. Antara lain dari Finlandia, Australia, Hongkong, dan Jerman.

Baca Juga : Sosialisasi Peran dan Fungsi, BBKP Makassar Komitmen Cegah Penyakit Hewan dan Tumbuhan Masuk Ke Sulsel

“Volumenya kecil-kecil atau sedikit karena yang pesan ini adalah pribadi, bukan perusahaan. Mereka beli lewat online. Kebanyakan benih tanaman, bunga dan buah-buahan,” ungkapnya.

Sponsored by MGID

Menurut Lutfie, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui bahwa komoditas yang masuk dari negara lain ke Indonesia, harus dilengkapi dokumen PC dan HC, sebagai syarat utama.

Karena itu, ke depannya bersama Bea Cukai dan pihak terkait lainnya, akan melakukan edukasi kepada pelaku-pelaku usaha maupun pribadi, mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi terhadap komoditas atau media pembawa yang akan masuk dalam wilayah Indonesia, khususnya di Sulsel.

Baca Juga : BBKP Makassar Bersama Bea Cukai Makassar Lakukan Uji Coba Perdana Joint Inspection

“Semoga setelah dilakukan edukasi, tindakan pemusnahan terhadap komoditas atau media pembawa semakin berkurang,” harapnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...