Logo Sulselsatu

Sekprov Sulsel Hadiri Opening Ceremony Ceremony Toraja Highland Festival di Toraja Utara

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 05 Oktober 2021 02:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, TORAJA UTARA – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sulsel Abdul Hayat menghadiri acara pertemuan tahunan Industri Jasa Keuangan di Toraja Utara yang dirangkaikan dengan Opening Ceremony Toraja Highland Festival dengan mengangkat tema: Sinergitas Antarlini Membangun Pariwisata untuk Pemulihan Ekonomi Nasional’. Acara ini juga diadakan dari tanggal 4 hingga 10 Oktober 2021.

Dalam kesempatan itu Abdul Hayat menyampaikan, Pemprov Sulsel mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi atas upaya kerjasama yang dibangun oleh OJK RI melalui OJK Regional 6 Sulampua, Bank Indonesia, Pemda Toraja Utara,Bank Sulselbar, dan seluruh perbankan yang turut berkontribusi dalam Toraja Highland Festival (THF).

Untuk itu, kata Hayat acara ini bertujuan memperkenalkan program-program nasional yang berkaitan dengan pengembangan pariwisata dalam menyambut era baru berwisata seperti desa wisata dan geopark kepada generasi muda dan masyarakat luas.

Baca Juga : MoU dengan Dispora Sulsel, Rektor UNM: Pembangunan Olahraga Dimulai dari Kampus

“Bahkan jika saya lihat, publikasinya ini bisa sampai ke internasional. Dan ini sekaligus memberikan model kepada Pemprov Sulsel dan kabupaten/kota lainnya untuk melakukan percepatan akses keuangan daerah dengan kolaboratif yang melibatkan OJK RI dan Bank Indonesia,” ucap Abdul Hayat. Senin (04/10/2021).

Menurutnya, dimasa pandemi covid-19 ini penyaluran dana KUR di kalangan UMKM merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan perekonomian melalui UMKM dengan memberi subsidi bunga.

Untuk itu, kata eks Direktur Kementerian Sosial ini, diharapkan kepada seluruh Bupati/Walikota untuk memfasilitasi UMKM di daerahnya agar penyaluran KUR ini, hendaknya dimanfaatkan dan dikelola dengan baik dan tepat sasaran.

Baca Juga : Abdul Hayat Harap BPJS Kesehatan Tingkatkan Taraf Kesehatan Masyarakat

Ia juga memberikan pujian kepada dua Tokoh ASN Pemprov Sulsel mendapatkan penghargaan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yakni, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda provinsi Sulsel Since Erna Lamba dan Herlina Kasubag Analisis Ekonomi dan Kelembagaan Ekonomi.

Lebih lanjut Abdul Hayat mengatakan, TPAKD inilah yang dikerjakan secara masif oleh Herlina sebagai tokoh penggerak TPAKD dan Since Erna Lamba sebagai tokoh TPAKD. “Dan saya rasa ini, hal yang wajar karena melihat kinerja dan sekaligus kontribusinya terhadap acara ini,” ungkapnya.

Abdul Hayat berharap kegiatan yang sama bisa dilakukan di tempat wisata sekaligus mempromosikannya, seperti Bulukumba dan Selayar.

Baca Juga : Abdul Hayat Apresiasi Program USAID Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Di tempat yang sama, Herlina Kasubag Analisis Ekonomi dan kelembagaan Ekonomi mengatakan, bahwa hal ini tidak terlepas dari tugas dan fungsi dalam menangani kelembagaan keuangan di Sulsel.

“Jadi memang kami lebih banyak berkoordinasi dengan lembaga jasa keuangan, perbankan maupun non perbankan. Puji Tuhan kerja keras tidak menghianati hasil,”ungkapnya.

Sekdaprov Sulsel Abdul Hayat juga memberikan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kepada Kabupaten/kota yang menerima penganugerahan yakni, Kabupaten Sidrap, Wajo, Bone, Gowa, Maros, Kota Parepare, Kepulauan Selayar, Pinrang, Tokoh Penggerak Literasi inklusi keuangan Since Erna Lamba, Syaiful, Herlina.

Baca Juga : Abdul Hayat Minta Sosialisasi Permen LHK Dilaksanakan di Kabupaten Kota

Hadir secara langsung Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia Fadjar Madjardi, Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Bupati/Walikota se-Sulsel dan Sulbar, Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, para Forkopimda, pimpinan OPD provinsi kabupaten/kota, Akademisi, Asosiasi pelaku usaha, dan tokoh masyarakat, hadir secara offline Plt gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Toraja Utara Yohannes Bassang (Ombas).

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...