Logo Sulselsatu

Muhammad Fauzi Sebut Anggaran Pembangunan KA Maros-Barru Rp3 Triliun

Asrul
Asrul

Selasa, 12 Oktober 2021 14:33

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi menyebut anggaran pembangunan rel Kereta Api (KA) dari Kabupaten Maros sampai Barru sebanyak Rp3 triliun.

Anggaran tersebut bersumber dari APBN dengan rincian, Maros-Pangkep pembangunan rel sepanjang 30 kilometer, Pangkep-Barru juga 30 kilometer.

“Dari penjelasan Plt Dirjen Perkeretaapian rute Pangkep-Barru itu diresmikan tahun depan, sementara Pangkep-Maros tahun 2022,” kata Bang Fauzi sapaannya, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga : Pengurus Masjid di Lutra Jadi Korban Penipuan, Abang Fauzi Minta Dilaporkan ke Polisi

Dari penjelasan tersebut, Politisi Golkar itu optimisi pengerjaan rel KA Makassar-Pangkep akan selesai dan diresmikan sebelum periodenya di DPR RI habis.

“Tentu dengan melihat kondisi di lapangan, akan selesai sesuai dengan waktunya, kalau pun molor tidak akan lama. Karena seharusnya ini kan selesai tahun 2018,” ujar Bang Fauzi.

Dia pun berharap agar tahun 2022 tidak adalagi refokusing. Apabila hal itu dilakukan, maka tentu akan berdampak pada kelanjutan pembangunan rel KA tersebut.

Baca Juga : Muhammad Fauzi Harap Kenyamanan dan Keamanan Mudik Lebaran 2024 Bisa Lebih Baik

Sebelumnya diberitakan, warga pemilik lahan di Kabupaten Pangkep dan Maros masih ada yang belum diberikan ganti rugi atas tanah yang akan ditempati membangun rel kereta api. Mereka pun mengadukan hal tersebut ke DPRD Sulsel.

Perwakilan warga pemilik lahan Jamaluddin yang mengadu ke DPRD Sulsel menjelaskan bahwa, dilapangan masih ada ditemukan warga pemilik lahan yang belum menerima haknya justru dilakukan pembangunan, bahkan disertai dengan pengancaman oleh penegak hukum.

“Kami ini korban pak, kita selalu berusaha untuk bicara baik-baik. Mau buat pertemuan, tetapi tidak pernah terjadi, bupati, kepala balai dan sebagainya semuanya tidak mau berdialog dengan kami,” jelas Jamal.

Baca Juga : Muhammad Fauzi Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Akun Palsu Mirip Dirinya di Medsos

Jamal pun bersama rekan-rekannya yang menjadi korban berencana akan ke Komnas HAM melaporkan hal tersebut, tidak hanya sampai disitu, mereka akan mencari keadilan dengan berbagai cara agar haknya bisa diberikan sesuai dengan kesepakatan warga dan pemerintah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...