Logo Sulselsatu

Yunus HJ Harap Pemkot Makassar Segera Buat Perwali Anjal dan Pengamen

Asrul
Asrul

Rabu, 13 Oktober 2021 12:58

Yunus HJ Harap Pemkot Makassar Segera Buat Perwali Anjal dan Pengamen

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Muh Yunus HJ menyoroti lambannya Pemkot Makassar membuat Perwali soal pembinaan anak jalanan, gelandangan, pengemis dan pengamen.

Yunus mengatakan pihaknya telah melahirkan Peraturan Daerah sejak 2008 namun, penegakan di lapangan tidak maksimal karena Perwalinya belum ada.

“Makanya kita mendesak supaya Perwali Anjal, pengamen dan pengemis itu bisa segera dibuat. Karena jujur saja ini menjadi masalah sosial yang sangat meresahkan warga kata Yunus saat Sosper di Hotel Karebosi Condotel, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga : Al Hidayat Samsu Soroti Kesejahteraan Guru di Makassar yang Masih Minim

Lebih jauh, Ketua Fraksi NIB DPRD Makassar itu menjelaskan bahwa, perlu juga ada wadah pembinaan yang harus disiapkan Pemkot dalam rangka memberi pelatihan kepada para pengemis ini yang terjaring razia oleh aparat.

Sponsored by MGID

“Kami di DPRD Malassar tentu akan mendukung semua upaya Pemkot dalam menanggulangi penyakit sosial ini. Termasuk, saya dengar Pak Wali Danny Pomanto mau hibahkan tanahnya untuk buat pondok sosial, saya pikir itu sangat bagus,” jelas Ketua DPC Hanura tersebut.

Hal lain kata Yunus adalah, mendorong Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar mengeluarkan fatwa mengharamkan kepada warga memberikan sedekah kepada pengemis di jalanan, atau lampu merah.

Baca Juga : Pahlevi Sebut Perda Rumah Kost di Makassar Belum Efektif

“Perda tanpa Perwali saya kira tidak akan maksimal. Nah, selain itu, kita ada dorongan agar MUI bisa membuat fatwa berdasarkan Perda nomor 2 tahun 2008 ini,” demikian Yunus.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Makassar, La Heru menjelaskan bahwa, upaya pihaknya menanggulangi persoalan anjal dan lainnya terus dilakukan.

Baca Juga : Jurus Jitu Legislator Hanura Ini Berdayakan Guru Mengaji di Makassar

“Alhamdulillah, Pak Walikota Makassar Danny Pomanto mau menghibahkan lahannya 5 hektar untuk pembangunan pondok sosial. Tahun 2022 kita akan anggarkan di APBD agar gedungnya bisa dibangun untuk digunakan secepatnya,” kata La Heru.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 November 2021 08:42
Erick Thohir Kukuhkan Aestika Oryza Gunarto Sebagai Ketum Forum Humas BUMN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Humas (FH) BUMN terus memperkuat komitmen dalam menjamin penyampaian informasi mengenai Badan Usaha Milik Negar...
Makassar30 November 2021 08:07
Wali kota Danny Tanggung Biaya Pengobatan Kedua Mahasiswa Korban Pertikaian
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota, Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjenguk kedua korban pertikaian mahasiswa asal kabupaten Lu...
Makassar30 November 2021 00:04
Saksikan Penyerahan DIPA Oleh Jokowi, Danny Harap Antisipasi Penanganan Covid-19 Gelombang III
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menyaksikan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA...
Sponsored by MGID
Breaking News29 November 2021 23:25
Terbukti Bersalah, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah terbukti bersalah oleh Majelis Hakim. Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim...