Logo Sulselsatu

Yayasan Hadji Kalla Bersama BPPAUD Gelar Pelatihan Pendampingan PAUD Terakreditasi dan Mandiri

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 04 November 2021 13:49

Pelatihan BPPAUD bersama Yayasan Hadji Kalla menuju PAUD terakreditasi dan mandiri (dok. Kalla).
Pelatihan BPPAUD bersama Yayasan Hadji Kalla menuju PAUD terakreditasi dan mandiri (dok. Kalla).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Yayasan Hadji Kalla bersama dengan Balai Pelatihan PAUD (BPPAUD) Makassar menggelar pelatihan Pendampingan PAUD Terakreditasi dan Mandiri. Pelatihan ini diberikan untuk 13 Sekolah PAUD di Kota Makassar yang belum terakreditasi.

Total Peserta yang ikut dalam program ini adalah 30 terdiri dari kepala sekolah dan para guru dari masing-masing PAUD. Pelatihan berlangsung di aula kerja Gedung BPPAUD Sulawesi Selatan, Jalan Adiyaksa pada 2-3 November 2021. Kegiatan pelatihan ini diikuti 23 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru.

Ketua BAN PAUD dan PNF Sulsel, Muh. Ridwan menuturkan, adanya pelatihan pendampingan ini, maka sekolah-sekolah PAUD yang ada di Kota Makassar akan semakin sadar akan pentingnya status akreditas. Dengan begitu, setiap sekolah bisa lebih mudah mendapatkan bantuan dari pemerintah maupun dari pihak-pihak terkait lainnya.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana Kebakaran

Laporan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan bahwa jumlah Sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Kota Makassar terus meningkat setiap tahunnya. Namun tidak diiringi dengan proses akreditasi yang merata di setiap wilayah. Dampak dari belum terakreditasinya belasan hingga puluhan sekolah PAUD ini, akan berdampak besar baik untuk peserta didik maupun tenaga pendidik.

Sponsored by MGID

“Di sisi lain, yang masih menjadi fokus utama ketika sekolah PAUD belum mendapatkan akreditas ataupun predikat mandiri. Sehingga terjadi peningkatan kuantitas peserta didik yang tidak disertai dengan ketersediaan sarana dan pra-sarana sekolah yang baik,” jelasnya, Kamis, (4/11/2021).

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan ilmu dan pengetahuan tentang proses akreditasi sekolah tingkat PAUD hingga mendapatkan status mandiri.

Baca Juga : Yayasan Hadji Kalla Beri Pelatihan Mitigasi Bencana di Kabupaten Luwu

Pada pembukaan program ini, turut hadir Muh. Ridwan, S.Ag., M.M., Ketua BAN PAUD dan PNF Sulsel, Dr. Dra. Hj. Herlina Hasan, M.Pd., Sekretaris BAN PAUD dan PNF Sulsel dan Ir. Andryani Akib, M.Pd. dari Komisi SIMA BAN PAUD dan PNF Sulsel, di mana ketiganya merupakan pemateri dalam pelatihan yang akan digelar dalam dua hari kedepan. Sementara itu, Yayasan Hadji Kalla diwakili oleh Manager Bidang Educare, Suharto Parai.

Perwakilan Yayasan Hadji Kalla, Suharto Parai menyampaikan, program ini menjadi salah satu instrumen penting yang menjadi bukti keseriusan Yayasan Hadji Kalla sebagai lembaga yang punya kepedulian besar terhadap satatus sekolah-sekolah PAUD yang ada di Kota Makassar yang masih belum mendapatkan pengakuan.

“Kita juga harapkan melalui program pelatihan ini, para kepala sekolah dan guru bisa semakin sadar akan pentingnya status akreditasi bagi sekolah tempat mereka mengabdikan dirinya di dunia pendidikan,” pungkasnya.

Baca Juga : Program Desa Bangkit Sejahtera Yayasan Hadji Kalla Berdayakan Komoditas Kopi di Boneposi

Yayasan Hadji Kalla akan konsisten dalam menjalankan program ini untuk bisa menjangkau lebih banyak sekolah dan membantu untuk proses pendampingan dan akreditasi.

Penulis : Sri Wahyudi Astuti
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...