Logo Sulselsatu

Dukung Pemerintah Atasi Pandemi, Fakultas Farmasi Unhas Kembangkan Hand Sanitizer

Andi
Andi

Kamis, 18 November 2021 11:20

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Farmasi mengembangkan Produk hand sanitizer. (Dok Humas Unhas)
Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Farmasi mengembangkan Produk hand sanitizer. (Dok Humas Unhas)

SULSELSATU.com – Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Farmasi mengembangkan sebuah produk-produk seperti hand sanitizer dan produk higienis lainnya untuk kebutuhan masyarakat khususnya di Kota Makassar di tengah pandemi COVID-19.

Pengembangan produk-produk higienis merupakan bentuk dukungan Universitas Hasanuddin kepada pemerintah untuk penanganan pandemi COVID-19.

Fakultas Farmasi melalui Centre of Excellence (CoE) adalah pusat pengembangan yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi untuk turut serta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Baca Juga : VIDEO: Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Kepanasan, Petugas: Pengiritan

Salah satu produk dari CoE adalah hand sanitizer yang dikembangkan di Fakultas Farmasi, tersedia dalam bentuk sediaan gel dan spray dalam berbagai volume dan untuk produk-produk higienis lainnya juga saat ini mulai diproduksi seperti sabun cair dan desinfektan.

Sponsored by MGID

Meskipun produksi hand sanitizer dan produk higienis oleh Fakultas Farmasi saat ini mampu memproduksi 500 hingga 1.000 produk dalam sebulan, permintaan pasar masih sangat tinggi.

Oleh karena itu, saat ini Center of Excellence Fakultas Farmasi masih menargetkan penjualan ke rumah sakit-rumah sakit yang ada di sekitar Unhas.

Baca Juga : VIDEO: Demi Uang, Kuli Bangunan di Pinrang Nekat Disuntik Vaksin 16 Kali

Ketua Tim Produksi hand sanitizer di Center of Excellence Fakultas Farmasi Unhas, apt. Sandra Aulia Mardikasari, mengatakan permintaan produk hand sanitizer sangat tinggi di tengah pandemi COVID-19. Himbauan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 menyebabkan hand sanitizer sangat dibutuhkan.

“Hand sanitizer yang kami produksi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan produk sanitasi yang saat ini sangat dibutuhkan oleh tenaga kesehatan di rumah sakit,” ungkap apt. Sandra.

Mardikasari mengatakan saat ini produk hanya bisa melayani sekitar RS di Unhas. Kedepannya ia berharap dapat menjangkau pasar lebih luas khususnya pada masyarakat umum.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Pandemi COVID-19

Wakil Dekan bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya Fakultas Farmasi, Prof.Sartini mengatakan bahwa saat ini CoE Fakultas Farmasi Unhas belum memasarkan produknya ke masyarakat umum karena belum mendapat izin edar dari pemerintah. Namun upaya dan kebutuhan persyaratan izin telah dipersiapkan, kemudian diharapkan agar produk tersebut bisa didaftarkan agar segera dipasarkan kepada khalayak umum.

Penulis : Warda
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 22:40
VIDEO: Bikin Bingung, Penampakan Desain Pintu Toilet yang Hanya Setengah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan toilet umum yang sedikit nyeleneh. Seorang perekam menyebut desain toilet sangat membingungkan lant...
Sulsel20 Januari 2022 21:56
Kepala BI Sulsel Apresiasi Pengelolaan Lahan Pasca Tambang PT Vale
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen PT Vale Indonesia Tbk dalam menjaga ekosistem lingkungan di areal operasional tambang mendapat apresiasi d...
Adventorial20 Januari 2022 21:26
Buka Musrenbang RKPD, Wali Kota Parepare Harap Perencanaan Pembangunan Berkualitas
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pem...
Sponsored by MGID
Video20 Januari 2022 21:21
VIDEO: Penjual Nasgor Jarang Cuci Tempat Sambal Hingga Berjamur, Pembeli Sampai Ogah Makan
SULSELSATU.com – Seorang perempuan membagikan momen menjijikan saat membeli nasi goreng. Dalam video terlihat perempuan tersebut memastikan temp...