Logo Sulselsatu

Inovasi Dongkelor Makassar Jadi Pusat Perhatian Tim Penilai IGA Kemendagri

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 25 November 2021 14:43

Walikota Makassar, Danny Pomanto.
Walikota Makassar, Danny Pomanto.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dongeng Keliling Online dari Rumah (Dongkelor) yang merupakan salah satu dari 11 inovasi unggulan Pemkot Makassar menjadi fokus tim evaluasi Innovative Goverment Award (IGA) Kemendagri .

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berkesempatan menampilkan inovasi Dongkelor di Ruang Sidang Utama Kementerian Dalam Negeri, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Wali Kota Makassar-Kepala BBWS Jeneberang Pantau Kolam Regulasi Nipa-Nipa

“Dongkelor telah menghasilkan seorang pendongeng yang tidak hanya menceritakan dongeng, tetapi juga sejarah Kota Makassar. Nantinya para pendongeng ini (pendongeng) akan menghiasi program kami selanjutnya di 5.000 jalur Wisata Kota Makassar dan semua aplikasi digital akan terintegrasi di dalamnya. platform,” kata Danny dalam keterangannya di Makassar, Jumat.

Sponsored by MGID

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Diah Natalisa mengapresiasi inovasi Pemkot Makassar, khususnya Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital yaitu Dongkelor.

Diah berharap inovasi ini dapat terintegrasi dengan sistem aplikasi yang disediakan oleh Pemerintah Kota Makassar, sehingga layanan inovasi ini semakin mudah diakses dan dinikmati oleh masyarakat.

Baca Juga : Pantau Vaksinasi Anak, Wali Kota Danny Minta Support Orang Tua Murid

Kota Makassar tahun ini kembali terpilih sebagai salah satu daerah paling inovatif. Ada 39 daerah yang terpilih sebagai nominasi IGA Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ke-39 wilayah tersebut terdiri dari tujuh provinsi, 12 kabupaten, 12 kota, lima wilayah perbatasan, dan tiga wilayah tertinggal.

Melalui Balitbangda Makassar, 65 inovasi unggulan dari Kota Makassar telah disaring dan diseleksi menjadi 11 inovasi yang dihadirkan oleh Walikota Makassar tahun ini.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Dianugerahi Penghargaan Baznas Award 2022

Untuk Inovasi Pelayanan Publik ada dua inovasi yaitu Utarakan Giatmu dari Puskesmas Mamajang dan Bajiki dari Puskesmas Andalas. Untuk pelayanan publik berbasis digital ada dua inovasi yaitu Karaeng dari Dinas Pariwisata dan Dongkelor dari Dinas Perpustakaan Makassar.

Untuk Inovasi Pembangunan Daerah, ada dua inovasi yaitu Pengumuman Hari Budaya dari Dinas Kebudayaan dan Smart Truck Inflation dari Dinas Perdagangan.

Untuk Inovasi Pengembangan SDM ada dua inovasi, yaitu Duta KTR (Kawasan Bebas Rokok) dari Dinas Kesehatan dan Radio Sehat dari Dinas Pendidikan, SDN Kompleks Sambung Jawa.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Dianugerahi Penghargaan Baznas Award 2022

Untuk Inovasi Lingkungan ada dua inovasi yaitu FKBS (Forum Komunikasi Bank Sampah) dari Kecamatan Tallo dan Pallubutung dari Puskesmas Pampang. Untuk Inovasi Pembangunan Infrastruktur ada satu yaitu RUYANI Baru dari Dinas Perumahan.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 22:40
VIDEO: Bikin Bingung, Penampakan Desain Pintu Toilet yang Hanya Setengah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan toilet umum yang sedikit nyeleneh. Seorang perekam menyebut desain toilet sangat membingungkan lant...
Sulsel20 Januari 2022 21:56
Kepala BI Sulsel Apresiasi Pengelolaan Lahan Pasca Tambang PT Vale
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen PT Vale Indonesia Tbk dalam menjaga ekosistem lingkungan di areal operasional tambang mendapat apresiasi d...
Adventorial20 Januari 2022 21:26
Buka Musrenbang RKPD, Wali Kota Parepare Harap Perencanaan Pembangunan Berkualitas
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pem...
Sponsored by MGID
Video20 Januari 2022 21:21
VIDEO: Penjual Nasgor Jarang Cuci Tempat Sambal Hingga Berjamur, Pembeli Sampai Ogah Makan
SULSELSATU.com – Seorang perempuan membagikan momen menjijikan saat membeli nasi goreng. Dalam video terlihat perempuan tersebut memastikan temp...