Logo Sulselsatu

Peringatan Hari Jadi Selayar Ke-416, Plt Gubernur Sulsel Beri Bantuan Keuangan Rp 10 Miliar

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 29 November 2021 20:27

Andi Sudirman mengikuti Rapat Paripurna DPRD dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Selayar ke-416 Tahun secara virtual dari Rujab Wagub Sulsel, Senin 29/11/2021 (Ist)
Andi Sudirman mengikuti Rapat Paripurna DPRD dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Selayar ke-416 Tahun secara virtual dari Rujab Wagub Sulsel, Senin 29/11/2021 (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman, memberikan bantuan keuangan senilai Rp 10 miliar untuk Kabupaten Kepulauan Selayar, di momentum peringatan 416 Tahun Selayar.

Hal itu disampaikan saat Andi Sudirman mengikuti Rapat Paripurna DPRD dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Selayar ke-416 Tahun secara virtual dari Rujab Wagub Sulsel, Senin (29/11/2021).

peringatan HUT ke-416 Tahun Kabupaten Selayar mengangkat tema: “Dengan Semangat Hari Jadi Selayar, Kita Tingkatkan Etos Kerja Guna Mewujudkan Bandar Maritim Kawasan Timur Indonesia”.
Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bantuan keuangan itu diperuntukkan untuk pembangunan Masjid Agung dan untuk penanganan stunting dan gizi buruk.
“Alhamdulillah, tahun ini bantuan keuangan provinsi untuk Kabupaten Kepulauan Selayar senilai Rp 10 miliar. Salah satunya untuk pembangunan Masjid Agung, yang akan mendukung sarana dalam persiapan Selayar sebagai tuan rumah STQH 2023 tingkat provinsi di Selayar,” ungkap Andi Sudirman.
Kabupaten Kepulauan Selayar, kata Sudirman Sulaiman, terus menjadi strategis untuk pembangunan di Sulsel. Salah satunya dalam pembangunan jalan Ruas Tanabau – Ngapaloka – Patumbukang di Selayar.
Andi Sudirman juga mengungkap sejumlah rencana investasi di Selayar. Satu diantaranya, untuk menghadirkan sistem kelistrikan di kepulauan.
“PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan PT Falcon Soenich Energi tentang kontrak jual beli listrik atau power purchase agreement (PPA) Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Solar Home System untuk Kabupaten Kepulauan Selayar. Kami telah menyurat kepada Menteri ESDM untuk mendukung agar seluruh wilayah kepulauan terjangkau listrik,” jelasnya.
Andi Sudirman juga pernah menerima Perusahaan Jepang PT. After Fit Indonesia yang berpusat di Jakarta yang berencana membangun listrik tenaga surya dengan kapasitas 10 MW (Mega Watt) di Kabupaten Selayar. Hal ini akan menjadi potensi penghasil listrik dari energi terbarukan.
“Jadi peluang besarnya di Sulsel besar sekali, dan Sulsel adalah tempat paling bagus untuk energi baru terbarukan. Kita harap pelan-pelan yang menjadi strategis, Sulawesi Selatan menjadi baterai untuk Indonesia,” kata Andi Sudirman.
Di bidang kesehatan, Andi Sudirman mengaku tengah melakukan koordinasi dengan pihak Kemenkes RI untuk pembangunan rumah sakit pusat otak, jantung dan kanker dsn dua rumah sakit pratama di Sulsel yang salah satunya akan dibangun di Selayar.

Baca Juga : Kado Awal Tahun, Gubernur Sulsel Serahkan Rp31,2 Miliar ke Pemkab Tana Toraja

“Kami telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Alhamdulillah akan dibangun Rumah Sakit Pusat Otak Jantung dan Kanker serta dua rumah sakit pratama di Sulsel. Salah satunya, rencananya akan dibangun di Selayar,” ucapnya.
Andi Sudirman juga mengaku pernah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak keduanya berkunjung ke Selayar. Mengingat Selayar menjadi salah satu daerah yang memiliki keindahan di area kepulauannya.
“Kami sudah sampaikan ke Bapak Presiden dan Wakil Presiden untuk ke Selayar. Dan Bapak Wapres akan memastikan, memanfaatkan waktu ke Sulawesi Selatan,” ungkapnya.
Pemerintah Provinsi Sulsel, kata Andi Sudirman, mengapresiasi atas segala capaian prestasi dan pembangunan dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, Muh Basli Ali – Saiful Arif. Hal ini tentunya atas kepemimpinan yang berkelanjutan dari pemimpin-pemimpin terdahulu. Salah satunya, program literasi Al-Qur’an, tentunya diharapkan akan lahir pemimpin-pemimpin yang memiliki moral kepemimpinan.
“416 Tahun Kabupaten Kepulauan Selayar, saya berharap Selayar terus selalu dalam posisi menjadi leading dalam kepulauan dan memperkuat diri dan terus bersinergi dengan Provinsi untuk membangun bersama. Mari saling mendukung dan mohon vaksinasi untuk diperkuat agar kuat dalam menggerakkan sistem perekonomian kita,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...