Logo Sulselsatu

Genjot Vaksinasi, Pemkab Gowa Target Vaksin 8 Ribu Warga Tiap Hari

Asrul
Asrul

Selasa, 30 November 2021 19:44

Genjot Vaksinasi, Pemkab Gowa Target Vaksin 8 Ribu Warga Tiap Hari

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus menggenjot cakupan vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity pada akhir Desember 2021 mendatang sesuai dengan target nasional.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada Rapat Koordinasi Pelaksanaan Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Gedung Haji Bate Sungguminasa mengatakan bahwa untuk mencapai kekebalan kelompok maka 70 persen dari jumlah masyarakat harus sudah divaksin.

“Target Presiden akhir Desember semua daerah kabupaten/kota sudah mencapai 70 persen. Karena untuk membentuk kekebalan kelompok itu harus divaksin 70 persen dari jumlah penduduk suatu wilayah,” ujar Adnan, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Apresiasi Daerah yang Capaian Vaksinasi Lebih 70 Persen

Saat ini kata Adnan, cakupan vaksinasi di Kabupaten Gowa sekitar 35 persen. Sedangkan untuk mencapai 70 persen pada akhir Desember, maka yang harus divaksin perhari sekitar 8.000 orang atau sekitar 48 orang per desa dan kelurahan setiap harinya.

Sponsored by MGID

Ia berharap kerjasama dan kerja keras dari semua pihak mulai dari tingkat desa dan kelurahan serta TNI-POLRI. Menurutnya jika ini dilakukan secara bersama-sama, maka apa yang ditargetkan bisa tercapai.

“Tidak boleh dilakukan secara sendiri-sendiri, secara parsial. Kita harus kumpul dan kerja bersama untuk melakukan percepatan cakupan vaksinasi di Kabupaten Gowa. Kalau kita sudah mencapai ini, maka Insya Allah bisa memutuskan mata rantai penularan Covid-19,” tandasnya.

Baca Juga : Sukseskan Vaksinasi 100 Persen yang Dicanangkan Walikota dan Wakil Walikota Makassar, Lurah Lakkang Gelar Vaksinasi

Selain itu, orang nomor satu di Gowa ini juga mengungkapkan akan menyiapkan tim penginput data. Menurutnya data ini juga penting, dirinya berharap semua data vaksinasi bisa langsung terinput dan ke depan tidak ada lagi perbedaan data.

“Jadi kita akan bentuk tim penginputan khusus yang terdiri dari perwakilan Pemkab Gowa, Polres dan Kodim dengan menggunakan aplikasi yang diakui oleh Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi berdasarkan juknis maupun juklat, supaya data yang kita pegang sama dengan Pemerintah Provinsi ataupun Pusat,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Gowa, AKBP Tri Goffaruddin bahkan berharap cakupan vaksinasi Covid-19 70 persen bisa segera selesai tercapai lebih cepat sebelum perayaan natal dan tahun baru. Olehnya itu dirinya meminta target 48 orang perhari bisa lebih.

Baca Juga : Vaksinasi Booster Dimulai, Dinkes Makassar Prioritaskan untuk Lansia

“Jadi saya berharap kerjasama dari teman-teman yang hari ini hadir di sini untuk mencapai Herd Imunity seperti yang disampaikan oleh Bapak Bupati,” kata Kapolres.

Baik Adnan maupun jajaran Forkopimda meminta seluruh pihak menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan vaksinasi, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 22:40
VIDEO: Bikin Bingung, Penampakan Desain Pintu Toilet yang Hanya Setengah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan toilet umum yang sedikit nyeleneh. Seorang perekam menyebut desain toilet sangat membingungkan lant...
Sulsel20 Januari 2022 21:56
Kepala BI Sulsel Apresiasi Pengelolaan Lahan Pasca Tambang PT Vale
SULSELSATU.com, LUWU TIMUR – Komitmen PT Vale Indonesia Tbk dalam menjaga ekosistem lingkungan di areal operasional tambang mendapat apresiasi d...
Adventorial20 Januari 2022 21:26
Buka Musrenbang RKPD, Wali Kota Parepare Harap Perencanaan Pembangunan Berkualitas
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pem...
Sponsored by MGID
Video20 Januari 2022 21:21
VIDEO: Penjual Nasgor Jarang Cuci Tempat Sambal Hingga Berjamur, Pembeli Sampai Ogah Makan
SULSELSATU.com – Seorang perempuan membagikan momen menjijikan saat membeli nasi goreng. Dalam video terlihat perempuan tersebut memastikan temp...