Logo Sulselsatu

Langkah Nyata Sinergi Media di Masa Pandemi, BRI Siapkan Fellowship Journalism

Asrul
Asrul

Selasa, 07 Desember 2021 21:10

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pandemi Covid-19 yang telah terjadi di Indonesia sejak 2020 silam telah mengubah pola hidup masyarakat secara keseluruhan, penerapan pembatasan sosial memberikan dampak yang luar biasa besar dalam aspek ekonomi masyarakat.

Hal ini juga dialami oleh pekerja dari industri media. Satu demi satu sejumlah media melakukan efisiensi demi dapat bertahan, termasuk dengan membuat berbagai kebijakan dalam rangka penyesuaian tugas awak media.

Merespon situasi tersebut, BRI meluncurkan program media fellowship yang diberi nama BRI Fellowship Journalism, yang peluncurannya dihelat dalam rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-126 BRI yang jatuh pada 16 Desember 2021 mendatang.

Baca Juga : KUR BRI Bawa Bisnis Kue Gusti dari Rumah hingga Masuk Retail Terkenal

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menyebutkan bahwa program BRI Fellowship Journalism merupakan bentuk empati perseroan terhadap sahabat media yang juga ikut terdampak akibat pandemi Covid-19.

Lanjutnya, BRI juga ingin terlibat aktif dalam memberikan kontribusi yang berdampak nyata bagi pekerja media di Indonesia, yang nantinya mampu mendukung keberlanjutan karir bagi para jurnalis.

BRI Fellowship Journalism ini akan memberikan banyak kontribusi, tidak hanya bagi insan media, akan tetapi akan dapat membangun semangat positif dalam menggerakkan ekonomi nasional melalui tulisan para jurnalis, khususnya sektor UMKM. Terlebih saat ini BRI merupakan lembaga keuangan milik pemerintah yang memang fokus dalam pemberdayaan UMKM secara nasional.

Baca Juga : Intip Cerita Desa Ibru Muaro Jambi, Pemenang Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Program ini nantinya akan diterapkan di 18 Regional Office BRI nantinya akan ditutup dengan memilih 36 karya jurnalistik terbaik yang nantinya diikutkan dalam Journalist Schollarship

Adapun sejumlah syarat yang ditetapkan dalam program ini, adalah jurnalis aktif di perusahaan media yang telah diverifikasi Dewan Pers dengan minimal terverifikasi sebagai wartawan muda.

Jurnalis juga harus mendapatkan rekomendasi dari Asosiasi Jurnalis/Perusahaan Pers Konstituen Dewan Pers. Peserta juga harus mendaftarkan diri melalui laman resmi https://bri.co.id/fellowshipjournalism.

Baca Juga : BRI Group Bagi 2.768 Paket kepada Masyarakat dan Anak Yatim di Makassar

“Kami ingin program ini menjadi pionir, diantara lembaga keuangan di Indonesia dalam hal mendukung awak media dalam berkarya serta memberikan masukkan nyata bagi pembangunan ekonomi bangsa ini,” tambah Aestika.

Adapun sejumlah tahapan BRI Fellowship Journalism yang telah dilaksanakan adalah, pendaftaraan yang dimulai sejak 29 November 2021 hingga 24 Desember 2021 mendatang. Adapun, pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada 30 Desember 2021, sedangkan Journalist on Site dilaksanakan pada Januari–Februari 2022 dan pengumuman peraih beasiswa akan dilakukan pada Maret 2022.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...