Logo Sulselsatu

Dari Iseng Membaca Al-Qur’an, Profesor Matematika Ternama di Inggris Jadi Mualaf

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 20 Desember 2021 12:27

Seorang profesor matematika ternama di Inggris, Jeffrey Lang jadi mualaf setelah iseng membaca Al-Qur'an (Seruni)
Seorang profesor matematika ternama di Inggris, Jeffrey Lang jadi mualaf setelah iseng membaca Al-Qur'an (Seruni)

SULSELSATU.com – Berawal dari iseng membuka Al-Qur’an dan membacanya, seorang profesor Matematika bernama Jeffrey Lang di Inggris memutuskan jadi mualaf. Dirinya menjadi mualaf pada tahun 1980-an.

Sebelum menjadi mualaf, profesor di University of Kansas itu merupakan seorang atheis. Dirinya bahkan sudah menjadi atheis sejak umur 18 tahun.

Jeffrey Lang mengenal pertama kali Al-Qur’an saat tidak disengaja menemukan kitab suci umat Islam itu di mejanya. Al-Qur’an yang disimpan temannya itu, pada awalnya tidak membuat dirinya tertarik, namun ia membukanya karena penasaran.

Baca Juga : Dukung Mualaf Lebih Produktif, Yayasan Hadji Kalla Bersama Daarut Tauhiid Luncurkan Program Pemberdayaan Mualaf

Dilansir dari SINDOnews, saat Lang membaca surah Al Fatihah, ia merasa ayat dalam surat ini sebagai puji-pujian layaknya Mazmur dalam Alkitab. Sampai di penghujung ayat, ia menemukan kalimat doa meminta petunjuk. Lang kemudian merasa terkecoh dan berasumsi Alquran buatan manusia.

“Saya baca surah pertama karena rasa penasaran akademis, bagi saya seperti Mazmur dalam Alkitab. Diawali seperti ini ‘dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang’ segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, penguasa hari pembalasan, hanya kepada Engkaulah’ dan seterusnya. Saya pikir oh ini himne puji-pujian seperti Mazmur,” kata Lang.

“Di bagian akhir saya sadar, kalimat akhirnya loncat jadi doa minta petunjuk. ‘Tunjukan kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat’. Penulis yang cerdas. Dia mengecoh saya untuk berdoa minta petunjuk, Orang yang cerdas. Tentu saja saya berasumsi Alquran buatan manusia,” sambungnya.

Baca Juga : VIDEO: Begini Potret Kekompakan Ayana Moon dengan Adiknya yang Kini Mualaf

Dikutip dari akun Facebook Ayatuna Ambassador, Lang kemudian membaca surat Al Baqarah. Ayat kedua surat ini berbunyi ‘Kitab (Alquran) ini tidak ada keraguan padanya: petunjuk bagi mereka yang bertakwa.’ Lang merasa seperti sedang berdialog dengan pembuat Alquran hingga kagum dengan kitab suci umat Islam ini.

Sampailah Lang di ayat 30 surat Al Baqarah yang berisi tentang Allah yang hendak memberikan manusia tugas mulia. Ayat tersebut mengubah pendirian Lang, yang mana merasa ada kesalahan pada ayat ini.

“Saya langsung katakan ‘tidak, jelas penulisnya keliru’. Manusia diturunkan ke bumi bukan untuk menjalankan tugas mulia. Mereka diturunkan ke bumi sebagai hukuman karena dalam tradisi agama yang saya tinggalkan dulu, begitulah kisah ini disampaikan. Maka penulis Alquran pastilah keliru ketika dia mengulang kisah ini,” ujar Lang.

Baca Juga : VIDEO: Mahfud MD Bimbing Seorang ASN di Ternate Bersyahadat

Lang terus mencari tahu mengenai alasan diutusnya manusia ke bumi. Ia sangat tertarik akan hal itu. Terlebih ada sebuah pertanyaan dari malaikat kepada Allah, yang sama dengan pertanyaan yang membuat Lang menjadi seorang Atheis.

“Lalu para malaikat berkata, ‘Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana? Sementara kami bertasbih memuji Mu dan mensucikan nama Mu?’ membaca ayat itu, saya tidak bisa berpaling. Waktu itu saya merasakan amarah saya naik. Lihat apa yang dikatakan ‘Aku hendak memberikan peran mulia pada manusia’,” jelas Lang.

“Saya merasakan bahwa itu adalah pertanyaan saya, itu hidup saya, itu masa kecil saya. Semuanya dirangkum dalam 15 kata. Saya kaget,” lanjutnya.

Baca Juga : VIDEO: Tunaikan Shalat Jumat Perdana, Begini Perasaan Deddy Corbuzier

Lang terus membaca Alquran hingga mendapatkan jawaban. Pendirian sebagai seorang Atheis pun mulai luntur saat itu juga. Ia bahkan mengaku menangis selama 20 menit seperti bayi ketika selesai membaca surat

Usai membaca Alquran, Lang merasa cara pandangnya berubah. Ia terus mempelajari bagaimana hubungan seorang muslim dengan penciptanya, Allah SWT. Lang mendatangi mushola di kampung tempat ia mengajar dan terlibat dialog dengan mahasiswa muslim. Ia bertanya mengenai rasanya menjadi seorang muslim.

“Allah sungguh maha pengasih, kasih Allah melebihi kasih ibu pada bayinya. Kita tidak bisa apa-apa tanpa kehendak Allah. Ketika kita menghirup dan menghela nafas, itu atas kehendak-Nya. Ketika hendak melangkah, tidak bisa terjadi tanpa kehendak Allah,” papar Lang mengulangi perkataan mahasiswa muslim tersebut.

Baca Juga : Deddy Corbuzier Resmi Jadi Mualaf

“Telapak kaki tidak akan pernah menyentuh bumi lagi, kecuali atas izin-Nya. Ketika kami sholat, bersujud ke tanah, kami merasa tenang, tentram, dan khusuk, kesejukan yang mustahil digambarkan. Anda hanya perlu mengalaminya agar mengerti,” imbuhnya.

Hari itu juga Lang memutuskan untuk mengucap syahadat dan menjadi mualaf. Ia mengaku selama ini merasa seperti seseorang yang kehausan, dan kalimat syahadat menghilangkan rasa haus tersebut.

“Rasanya saya seperti orang yang kehausan selama bertahun-tahun. Setiap kata syahadat seperti ada orang yang meneteskan air ke tenggorokan yang kering, saya pun menjadi seorang muslim,” tandasnya.

Jeffrey Lang menuliskan kisah perjalanan spiritualnya ini dalam beberapa buku. Di antaranya adalah Struggle to Surrender dan Even Angels Ask.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...