Logo Sulselsatu

Ban Asli Honda Bertuliskan Federal, Teruji Coba Seluruh Jenis Jalan Indonesia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 20 Desember 2021 22:43

Penggunaan ban Asli Honda untuk sepeda motor Honda (dok. Asmo Sulsel)
Penggunaan ban Asli Honda untuk sepeda motor Honda (dok. Asmo Sulsel)

SULSELSATU.com, MAKASSARBan asli untuk sepeda motor Honda bertuliskan Federal, bukan FDR yang sering ditemui. Meski ban FDR satu pabrikan dengan Federal, namun itu bukan ban yang direkomendasikan.

Supervisor Sparepart Astra Motor Sulsel, Hendri Yapari mengatakan, ban asli Honda itu bertuliskan Federal. Ban ini sudah diuji coba dan menjadi ban rekomendasi untuk sepeda motor Honda.

“Ban Federal asli untuk Honda itu sudah diuji coba terhadap kontur jalan di Indonesia. Teruji coba untuk melintas di medan basah dan kering, bahkan kembang atau pattern-nya itu juga sudah diuji,” jelas Hendri, Senin, (20/12/2021).

Baca Juga : Beli Honda Scoopy dan Vario 160 Bisa Dapat THR hingga Rp1 Juta

Ia menjelaskan, ban asli Honda memiliki rekomendasi pakai hingga 20 ribu kilometer. Desain dan ukiran dari ban asli Honda, teruji coba saat melintas dalam air sehingga airnya bisa dengan cepat keluar dari ban serta memiliki daya cengkram di aspal kering.

Hendri juga menyebutkan jika penggunaan ban bisa berpengaruh pada pemakaian bahan bakar. Ban harus selalu dikontrol tekanan anginnya. Jika ban lembek, maka gesekan dengan aspal lebih besar, kinerja mesin bertambah dari seharusnya sehingga penggunaan bahan bakar lebih banyak.

“Bukan hanya tekanan angin yang berpengaruh tapi juga ukuran ban yang tidak sesuai. Jika ban lebih besar, berat motor bertambah, mesin bekerja lebih kuat sehingga penggunaan bahan bakar lebih besar,” bebernya.

Baca Juga : Wujud Sinergi Bagi Negeri, Asmo Sulsel Beri Dukungan Piala Gubernur Sulsel Gokart Competition

Kata Hendri, ban untuk tipe motor bebek ukurannya 17, skutik matik itu ukuran mulai dari 12, 13, 14, sementara untuk tipe motor sport ukurannya itu 17 dan 18.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...
Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...