Logo Sulselsatu

Simak! Ini Syarat Perjalanan Terbaru di Bandara Sultan Hasanuddin

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 08 Maret 2022 20:02

Mulai hari ini, Selasa, 8 Maret 2022, diberlakukan syarat perjalan terbaru (Sulselsatu/Indra Sadli Pratama)
Mulai hari ini, Selasa, 8 Maret 2022, diberlakukan syarat perjalan terbaru (Sulselsatu/Indra Sadli Pratama)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mulai hari ini, 8 Maret 2022, telah diberlakukan syarat perjalanan terbaru di Bandara Sultan Hasanuddin. Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kemenhub Nomor 21 Tahun 2022.

Syarat perjalanan bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yakni sebagai berikut:

1. PPDN yang telah mendapatkan vaksin lengkap (vaksin kedua dan/atau vaksin booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif RT PCR atau RT Antigen.

Baca Juga : Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin Menurun

2. PPDN yang telah mendapatkan vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif RT PCR yang sampelnya diambil dalam waktu 3×24 jam atau RT Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan.

3. PPDN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Hal tersebut sebagai persyaratan perjalanan bagi yang tidak menerima vaksin. Lalu, persyaratan wajib adalah melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa bersangkutan belum dan atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Baca Juga : Bank Sulselbar Resmikan D’Lounge di Bandara Sultan Hasanuddin, Perluas Jangkauan Layanan Bagi Masyarakat

4. PPDN dengan usia dibawah 6 tahun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

5. PPDN wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

6. PPDN wajib menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga : Legislator DPRD Sulsel Ramai-ramai Soroti Proyek Bandara Sultan Hasanuddin

“Mulai 8 Maret 2022 sore, syarat perjalanan terbaru sudah diberlakukan. Dengan adanya syarat perjalanan baru ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan perjalanan dan semoga ada penambahan jumlah penumpang di bulan Maret ini,” ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, dalam keterangan resmi, Selasa, (8/3/2022).

Kemudian, setiap penumpang wajib mengisi eHAC pada aplikasi peduli lindungi minimal sehari sebelum keberangkatan untuk mengecek status layak terbang. Status layak terbang ini kemudian ditunjukkan kepada petugas keamanan bandara sebelum memasuki area counter check in.

“Meskipun sudah tidak wajib menunjukkan hasil tes Covid-19, layanan pemeriksaan Covid-19 masih tersedia di bandara untuk mengakomodir penumpang yang masih mendapatkan vaksin dosis pertama dan yang tidak bisa melakukan vaksin karena komorbid,” Tambah Wahyudi.

Baca Juga : Jika Belum Silahkan Booster, Vaksin Ketiga Akan Jadi Syarat Perjalanan

Tercatat jumlah penumpang Januari-Februari 2022 di Bandara Sultan Hasajuddin sebanyak 1.338.759 penumpang naik 34.5 persen dibandingkan dengan Januari-Februari 2021 sebanyak 995.329 penumpang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 Juni 2024 21:13
Makassar Sendiri dari Indonesia Masuk Daftar Kota Bahagia di Dunia
Kota Makassar lagi-lagi menorehkan prestasi gemilang karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam Kota Bahagia di dunia....
OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...
Video19 Juni 2024 20:07
VIDEO: Bencana Tanah Longsor di Poros Maros-Bone, 2 Eskavator Tertimbun
SULSELSATU.com – Longsor terjadi di Jalur Poros Maros-Bone di Tompo Ladang, Kecamatan Mallawa,Maros  sehingga lalu lintas ditutup total. Longs...