Logo Sulselsatu

Sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2016, Andi Suhada Edukasi Masyarakat Soal TSLP

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 10 Maret 2022 14:32

Wakil Ketua DPRD Kota Makassar Andi Suhada menggelar Sosialisasi Perda di Hotel Horison Makassar, (Sulselsatu Jahir Majid)
Wakil Ketua DPRD Kota Makassar Andi Suhada menggelar Sosialisasi Perda di Hotel Horison Makassar, (Sulselsatu Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Ketua DPRD Makassar, Andi Suhada Sappaile menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 Tahun 2016, tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP), di hotel Horison Makassar, Kamis, (10/03/2022).

Kegiatan ini menghadirkan dua Narasumber diantaranya, Ketua Corporate Social Responsibility (CSR) Kota Makassar, Indira Mulyasari Paramastuti, dan Account Reperesentative Khusus BPJS Ketenagakerjaan Risna Pranedya.

Baca Juga : Dinas PU dan DPRD Kota Makassar Tindak Tegas Tiang Fiber Optik Tak Berizin

Sosialisasi ini bertujuan untuk memahamkan masyarkat terkait peran  perusahaan dalam menjalankan TSLP sesuai ketentuan Undang-undang.

Pada kesempatan ini, Suhada–sapaan akrabnya mengatakan, Perda tersebut diperuntukkan untuk pembangunan Kota Makassar. Perda tersebut Kata dia, merupakan produk untuk mengatur masyarakat. Utamanya, kewajiban perusahaan mengeluarkan dana CSR untuk kepentingan masyarakat sekitar lingkungan perusahaan.

Baca Juga : DPRD Kota Makassar Resmi Usulkan Pemberhentian Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi

“Kita tahu setiap perusahaan ada yang diperuntukkan untuk dipakai di dalam pembangunan dalam suatu kota, ini merupakan komitmen perusahaan dalam pembangunan di kota makassar” katanya.

Lebih lanjut, Ketua DPC PDIP Kota Makassar ini menjelaskan, setiap perusahaan yang berada di wilayah Kota Makassar memiliki kewajiban untuk membangun Kota. Untuk itu, perusahaan diwajibkan untuk mengambil peran serta dalam pembangunan kota Makassar, dengan mengeluarkan biaya 2%-4% dari keuntungan perusahaan.

Sebagai contoh, Perusahaan dapat didorong membangun sarana olahraga ekstrem seperti skateboard, arena balap hingga lapangan mini.

Baca Juga : Berkunjung ke Perusahaan Teknik di Jepang, DPRD Kota Makassar Bersiap Rumuskan Kebijakan Transportasi umum

“Kita tahu bahwa disetiap perusahaan ada memang anggaran dari perusahaan untuk dipakai dalam pembangunan dalam suatu kota, Sebagai contoh perusahaan yang besar, Anggaran CSR diapakai untuk membangun taman,” ungkapnya

Ketua Corporate Social Responsibility (CSR) Kota Makassar, Indira Mulyasari Paramastuti, menjelaskan, urusan sosial dan ekonomi bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebab memiliki keterbatasan anggaran.

Baca Juga : Andi Pahlevi Edukasi Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Kelola Sampah di Rumah Tangga

Kata dia, Setiap Perusahaan harus mengambil peran dalam proses pembangunan di Kota Makassar dengan melalui anggaran CSR. Perusahaan yang enggan menyalurkan anggarannya untuk pembangunan daerah akan diberikan sanksi.

“Memang diwajibkan suatu perusahaan itu mengeluarkan anggaran untuk pembangunan, Kalau tidak perusahaan ini akan diberi sanksi” ungkapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...