Logo Sulselsatu

Peringati Hari Tembakau Sedunia 2022, Dinkes Gelar Lomba Konten: ‘Remaja Makassar Menolak Rokok’

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Minggu, 10 April 2022 21:37

Peringati Hari Tembakau Sedunia 2022, Dinkes Kota Makassar (Ist)
Peringati Hari Tembakau Sedunia 2022, Dinkes Kota Makassar (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan Kota Makassar yang menggandeng Hasanuddin Contact (HC) menggelar lomba pembuatan konten kreatif digital untuk mengkampanyekan di hari peringatan Tembakau Sedunia tahun 2022.

Peringatan hari tanpa tembakau sedunia yang diperingati pada tanggal 31 Mei. Tahun ini Dinkes mengusung Tema ‘Remaja Makassar Menolak Rokok’ dalam pergelaran lomba konten tersebut.

Pergelaran pembuatan konten tersebut terbuka untuk remaja yang masih duduk di bangku Sekolah, SMP, SMA, dan SMK (Pelajar) di Kota Makassar. Pembukaan pendaftaran di mulai pada, Sabtu, 9 April, sampai Minggu, 15 Mei 2022 melalui link pendaftaran, https://bit.ly/3KliHcA.

Baca Juga : Dinkes Makassar Sidak Takjil di Pasaran: Tidak Ada Kandungan Berbahaya

Adapun ketentuan dan syarat untuk mengikuti lomba tersebut adalah sebagai berikut.

1. Peserta wajib mengunggah pada salah satu akun media sosial pribadi (Instagram, Facebook, Tiktok, dan Youtube) video kreatif berupa ajakan berhenti merokok/jauhi rokok/dampak bahaya rokok bagi kesehatan maupun lingkungan. Catatan akun media sosial tidak diprivasi.

2. Menyertakan tagar, #tolakjaditargetrokok

Baca Juga : BPBD Makassar Pastikan Puskesmas Jadi Prioritas Penyaluran Air Bersih

#remajaantirokok

#kerentanparokok

3. Pendaftaran dilakukan melalui link https://bit.ly/3KliHcA

Baca Juga : Sempat Terkendala Air Bersih, Dinkes dan BPBD Gerak Cepat Atasi Kekeringan di Sejumlah Puskesmas

4. Follow akun dan tag IG: @gerakan_muda_anti_rokok dan @hasanuddin.contact.

5. Pemenang diumumkan melalui akun IG :@gerakan_muda_anti_rokok dan @hasanuddin.contact.

Pengumuman pemenang lomba akan dibagi menjadi tiga besar. Total hadiah bagi para pemenang lomba ini mencapai hingga Rp 1 juta dan e-Sertivikat, untuk juara satu, Juara 2, 600 ribu, Juara 3, 300 ribu.

Baca Juga : Dinkes Makassar Siap Hadapi Cuaca Ekstrem, Personil Tim Gerak Cepat Disiagakan

Pengumuman pemenang konten akan diumumkan pada, Senin, 30 Mei 2022. Informasi lebih lengkap mengenai lomba kreasi konten media sosial dapat dikunjungi pada akun Instagram tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa P2P, Dinas Kesehatan Kota Makassar, Adi Novrisa Perdana mengatakan Dinas Kesehatan Kota Makassar tahun ini mengusung isu soal dampak bahaya rokok pada remaja, diketahui remaja merupakan generasi yang melanjutkan perjuangan bangsa.

“Remaja merupakan generasi yang akan melanjutkan perjuangan bangsa yang diharapkan diusia yang produktif tetap sehat secara fisik maupun mental dalam menjalankan roda kehidupan bangsa dan bernegara,” ujarnya pada, Sabtu, 9 April 2022.

Baca Juga : Perda KTR Kurang Efektif, Dinkes Makassar Masifkan Sosialisasi Hingga ke Sekolah

Dijelaskanya, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah mengajak para remaja kota Makassar turut mengambil peran dalam menurunkan angka perokok pada remaja.

Adi berharap terselenggaranya kegiatan tersebut akan hadir nantinya sebagai gerakan komunitas anak muda yang mempunyai ide dan kreativitas dalam menyampaikan aspirasi dalam mengambil peran untuk membantu menurunkan prevalensi perokok pada remaja anak yang menjadi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) di tahun 2024.

Serta daya ungkit bagi daerah dalam membantu implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) termasuk pengaturan pelarangan iklan, promosi dan sponsor rokok, maupun bahaya pada rokok.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...