Logo Sulselsatu

Pemerintah Jepang Anugerahkan Bintang Jasa untuk Jusuf Kalla

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 09 Mei 2022 17:30

Jusuf Kalla menerima penghargaan bintang jasa oleh pemerintah Jepang (KALLA Group)
Jusuf Kalla menerima penghargaan bintang jasa oleh pemerintah Jepang (KALLA Group)

SULSELSATU.com – Founder dan Advisor KALLA, HM Jusuf Kalla menjadi salah satu tokoh yang memperoleh bintang jasa dari Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk Indonesia.

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 ini dinilai telah berjasa dalam memperkokoh hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Penganugerahan bintang jasa tersebut diumumkan melalui laman resmi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia.

Baca Juga : Di Hadapan Pengusaha Sulsel, Jusuf Kalla Berbagi Pengalaman dan Rahasia Berbisnis

Bintang tanda jasa yang diberikan kepada JK, sapaan karib Jusuf Kalla ialah Grand Cordon of the Order of ther Rising Sun. Jasa utamanya ialah memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

“Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Jusuf Kalla yang telah mendapatkan bintang jasa dari Kedubes Jepang untuk Indonesia. Selama menjabat sebagai Wakil Presiden, beliau memang banyak berkontribusi dalam membangun dan menjaga hubungan baik antar negara melalui langkah-langkah diplomatiknya, khususnya bersama pemerintah Jepang,” tutur Subhan Djaya Mappaturung, Chief Legal Officer & Coeporate Secretary KALLA, Senin, (9/5/2022).

Subhan menilai, hingga saat ini, JK masih menjaga hubungan dengan sangat baik. Tentunya ini menjadi kebanggaan kami semua di KALLA.

Baca Juga : Mantan Wapres JK Serukan Lahan Vale Didistribusikan ke Pengusaha Lokal Setelah Izinnya Berakhir

Kata Subhan, kontribusi Jusuf Kalla menurut pemerintah Jepang ialah saat menjabat sebagai wakil presiden selama 10 tahun, pada masa pemerintahan Presiden Yudhoyono periode pertama (tahun 2004-2009) dan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo periode pertama (tahun 2014-2019).

“Selama masa jabatan tersebut, beliau secara konsisten membantu melakukan kordinasi atas berbagai hal yang sulit baik di dalam maupun di luar kabinet melalui kerja sama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang, sehingga memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia,” bebernya.

Selain itu, lanjutnya, JK terus memberikan perhatian pada upaya rekonstruksi Jepang akibat Gempa Bumi Bagian Timur (Tohoku) 2011, di antaranya menghadiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait Penanganan Bencana sebagai perwakilan Indonesia yang diselenggarakan di Jepang.

Baca Juga : Hadirkan Pemilihan Lebih Transparansi, Jusuf Kalla Gagas Sistem Pemilu Proporsional Terbuka

Sebagai Founder KALLA, Jusuf Kalla juga berhasil membangun hubungan bisnis dengan perusahaan otomotif asal Jepang, yaitu Toyota. KALLA yang telah menjadi salah satu founder dealer Toyota di Indonesia pun saat ini konsisten menjadi market leader di area penjualannya, yakni di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, SUlawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Selain Jusuf Kalla, ada pula dua figur lainnya yang dianugerahi bintang jasa, yakni Sri Sultan Hamengkubuwono X dan mantan Duta Besar RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra. Masing-masing mendapatkan bintang tanda jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Februari 2023 22:45
Danny Pomanto Promosikan ‘Makassar Kota Makan Enak’ di Puppet Show Kalla Toyota
SULSELSATU.com,MAKASSAR, — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto membuka secara resmi Puppet Show yang digelar oleh Kalla Toyota di Nipah Mall, K...
Video02 Februari 2023 22:31
VIDEO: Penampakan Pasca Banjir Bandang di Pare-pare
SULSELSATU.com – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Parepare sejak sore kemarin, akibatnya sejumlah wilayah terdampak banji...
News02 Februari 2023 22:19
Dukung Produktivitas Usaha Warga, Amartha Foundation Resmikan Desa Digital
Amartha Foundation (Yayasan Tanggung Renteng Sejahtera) atau Amartha.org meresmikan program Desa Digital Amartha di Desa Tambu, Balaesang, Donggala, S...
Makassar02 Februari 2023 21:58
Tiga Proyek Besar yang Gagal Lelang, Danny: Kita Sempurnakan, Diselesikan November
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tiga Proyek besar Pemerintah Kota Makassar mengalami gagal lelang dalam tender dini 2022. Ketiga Proyek tersebut diketahu...