Logo Sulselsatu

Ruas Pinrang-Rappang Mulai Dikerjakan, PUTR Siapkan Anggaran Rp37 Miliar

Asrul
Asrul

Senin, 16 Mei 2022 19:21

Ruas Pinrang-Rappang Mulai Dikerjakan, PUTR Siapkan Anggaran Rp37 Miliar

SULSELSATU.com, PINRANG – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) menangani dua paket pengerjaan untuk ruas jalan Pinrang-Rappang di Kabupaten Pinrang.

Dari kedua paket yang dikerjakan tahun 2022 ini, satu diantaranya sementara proses pengerjaan fisik. Sementara lainnya, masih tahapan lelang.

Baca Juga : BKD Sulsel Sebut Tak Adalagi Perekrutan PNS Tahun Ini, Diganti PPPK

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, “Alhamdulillah, Rp37 Miliar total PAGU untuk penanganan tahun 2022 ini dalam dua paket pengerjaan Rekonstruksi jalan ruas Pinrang-Rappang di kabupaten Pinrang. Sementara progres pekerjaan pada salah satu paket tengah berlangsung,” ujarnya, Senin (16/5/2022).

Untuk pelaksanaan kegiatan fisik yang sedang berjalan, memasuki tahap penghamparan lapis pondasi aggregat kelas A dan uji mutu berupa pengujian Sand Cone dan DCP. Uji sand cone berguna untuk menentukan derajat kepadatan lapangan yang diperoleh dari presentasi perbandingan berat isi tanah kering ketika uji laboratorium dengan berat isi tanah kering lapangan. Uji DCP (Dynamic Cone Penetrometer) merupakan suatu pengujian yang cepat untuk mendapatkan nilai kekuatan tanah dasar dan lapis fondasi jalan.

“Tahapan ini menjadi fokus kami untuk semua paket pengerjaan infrastruktur, hal itu untuk memperhatikan mutu dari pekerjaan ruas jalan yang menjadi lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi,” ungkapnya.

Baca Juga : Setelah UMI, Giliran Unismuh Makassar Keciprat Dana Hibah Rp650 Juta Dari Pemprov

Gubernur termuda di Indonesia ini berharap, dengan penanganan akses ini dapat mempermudah mobilitas barang dan jasa bagi masyarakat. “Dibutuhkan dukungan semua pihak, utamanya masyarakat setempat, untuk kelancaran dalam pengerjaan ruas ini,” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas mengatakan, bahwa satu paket ruas Pinrang – Rappang yang tengah proses fisik dengan alokasi PAGU sekitar Rp17,5 Miliar.

Sementara satu paket ruas Pinrang – Rappang yang tengah lelang, didalamnya konsolidasi dengan ruas jalan Batas Soppeng – Pangkajene di Kabupaten Sidrap.

Baca Juga : BNN Puji “Sulsel Bersinar Gencarkan” Program Prioritas Andi Sudirman

“Dengan total alokasi PAGU sekitar Rp65 Miliar. Terdiri untuk ruas Pinrang – Rappang dialokasikan PAGU sebesar Rp19,6 Miliar dan untuk ruas Batas Soppeng – Pangkajene di Sidrap dialokasikan PAGU sebesar Rp45,5 Miliar,” jelasnya.

“Jika kedua paket fisik ini berjalan, direncanakan dapat menuntaskan penanganan pada beberapa segmen jalan dengan kondisi rusak berat yang terdapat di ruas Jalan Provinsi yang menghubungkan Pinrang dan Kabupaten Sidrap di perbatasan Soppeng,” tuturnya.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 Juni 2022 15:39
Daerah di Sulawesi yang Sudah Terapkan Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Besok 1 Juli
SULSELSATU.com – Aturan beli BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar pakai aplikasi MyPertamina sudah mulai berlaku besok 1 Juli 2022. Aturan ters...
Berita Utama30 Juni 2022 15:01
Bersiap! Beli LPG 3 Kg Harus Daftar di Aplikasi MyPertamina
SULSELSATU.com – Membeli gas LPG 3 kg kini tidak lagi bisa dengan mudah. PT Pertamina (Persero) akan memperketat pembelian LPG 3 kg yang mewajib...
Pendidikan30 Juni 2022 14:48
Rektor UNM ke Wisudawan: Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan yang Profesional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda di Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diseleng...
Sulsel30 Juni 2022 14:28
Lantik 23 Pejabat Baru, Bupati Gowa Harap Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman
SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminis...