Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Perkuat Kemampuan Petugas, Ciptakan Pelayanan Prima

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 21 Mei 2022 22:00

Pelatihan Bimbingan Teknis Budaya Pelayanan Prima bagi petugas layanan Pemkab Gowa di Aula Padivalley, Kecamatan Pattallassang, Sabtu 21 Mei 2022 (Pemkab Gowa)
Pelatihan Bimbingan Teknis Budaya Pelayanan Prima bagi petugas layanan Pemkab Gowa di Aula Padivalley, Kecamatan Pattallassang, Sabtu 21 Mei 2022 (Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa meningkatkan kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pemkab Gowa melalui Bagian Organisasi Setkab Gowa menggelar Bimbingan Teknis Budaya Pelayanan Prima di Aula Padivalley, Kecamatan Pattallassang, Sabtu (21/5/2022).

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina mengatakan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkab Gowa tahun 2021-2026 telah ditetapkan misi yaitu mengembangkan tata kelola pemerintahan inovatif, melalui reformasi birokrasi dan pelayanan publik berkualitas.

Baca Juga : Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023

Sesuai dengan misi tersebut kata Kamsina, Pemkab Gowa memprioritaskan kebijakan pada bidang pelayanan publik. Salah satunya mengintegrasikan berbagai pelayanan publik untuk meningkatkan kecepatan kemudahan jangkauan kenyamanan dan keamanan pelayanan melalui mal pelayanan publik dan pos pelayanan publik.

“Dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang terintegrasi di Kabupaten Gowa, peran petugas layanan merupakan kunci keberhasilan program tersebut. Sehingga penerapan budaya pelayanan prima oleh petugas kepada masyarakat akan memberikan persepsi positif terhadap pelayanan yang diterimanya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kamsina menjelaskan penerapan budaya pelayanan prima dapat dilaksanakan melalui perubahan pola pikir dan sikap perilaku petugas. Salah satu upaya Pemkab Gowa dalam pengembangan budaya pelayanan prima yakni melalui penyelenggaraan bimbingan teknis budaya dan pelaksana layanan.

Baca Juga : Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

“Kegiatan ini sangat bagus dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada petugas layanan tentang pelaksanaan budaya pelayanan prima yang seharusnya diterapkan,” jelasnya.

Ia berharap, para peserta yang hadir dapat mengikuti kegiatan dengan baik agar pelayanan dan persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik di Gowa juga akan menjadi lebih baik.

“Peserta yang hadir ini menjadi cerminan pelayanan di Gowa. Sehingga kami minta untuk memahami dengan baik budaya pelayanan prima ini, agar dapat diterapkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan harapan masyarakat untuk mendapatkan layanan yang memuaskan dapat kita wujudkan,” harapnya.

Baca Juga : Tim Penilai PPD 2024 Sebut Program SDM Seperempat Abad Sangat Inovatif

Pelatihan diikuti oleh perangkat daerah dan unit kerja lingkup Pemkab Gowa yang merupakan petugas layanan pada loket layanan (front office) yang terdiri dari 8 dinas/badan dan 26 UPT Puskesmas dengan total peserta sebanyak 80 orang.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...
Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....
Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...