Logo Sulselsatu

Konsisten Dorong Kemandirian Masyarakat, PKPM PT Vale Raih Award Kemendes PDTT 2022

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Jumat, 24 Juni 2022 16:24

Senior Manager of Strategic Planning and Formalities, PT Vale, Oky Hermansyah menerima penghargaan  dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar, di Jakarta, Rabu 23 Juni 2022 kemarin (dok. PT Vale)
Senior Manager of Strategic Planning and Formalities, PT Vale, Oky Hermansyah menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar, di Jakarta, Rabu 23 Juni 2022 kemarin (dok. PT Vale)

SULSELSATU.com – Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) PT Vale Indonesia mendapat apresiasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar melakukan langsung penyerahan penghargaan yang diterima oleh Senior Manager of Strategic Planning and Formalities PT Vale, Oky Hermansyah.

Program PPM-PKPM PT Vale hadir dalam rangka mendukung tujuan pembangunan desa berkelanjutan (SDGs Desa). Dimana PT Vale Indonesia Tbk telah melakukan upaya pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) di Kabupaten Luwu Timur, Sulsel PPM-PKPM.

Baca Juga : Reklamasi Lahan Pasca Tambang, PT Vale Habiskan Rp350 Juta Per Hektare

Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT RI bersama Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) tersebut, PT Vale meraih penghargaan kategori Bumdesa dengan program Penguatan Pilar Kelembagaan Ekonomi Bumdesma.

Dalam sambutannya, Menteri Desa & PDTT, Abdul Halim Iskandar menyampaikan arahan presiden. Ia mengatakan jika dana desa harus dirasakan seluruh warga desa, terutama warga miskin. Kemudian dampak pembangunan desa harus lebih dirasakan, melalui pembangunan desa yang lebih terfokus untuk menumbuhkan ekonomi dan meningkatkan kualitas SDM desa.

“Dengan mempertimbangkan amanat konstitusi, perintah Undang-Undang, arahan presiden dan wakil presiden, serta merujuk pada Perpres 59/2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Kemendes PDTT Menjadikan SDGs Desa sebagai arah kebijakan pembangunan dan pemberdayaan desa. Ini memperjelas arah pembangunan desa, memudahkan pelaksanaannya di lapangan, memudahkan pengukuran hasil, manfaat, serta dampak pembangunan secara berkelanjutan,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat, (24/6/2022).

Baca Juga : VIDEO: Truk Listrik Tambang Pertama PT Vale di Blok Sorowako

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin juga turut hadir dan menyampaikan apresiasinya dalam ajang awarding tersebut. Menurutnya, keberadaan Bumdes/Bumdesma diharapkan mampu mengoptimalkan potensi lokal melalui bidang usahanya, hingga memberikan manfaat bagi masyarakat desa.

“Saya menilai pelibatan tokoh penggerak desa menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan memajukan desa. Selain itu keberhasilan pembangunan desa juga harus ditopang oleh partisipasi SDM setempat yang sama-sama ingin memajukan desanya,” tutur Ma’ruf.

Terpisah, Direktur External Relations PT Vale Indonesia Tbk, Endra Kusuma menyampaikan rasa terima kasih atas adanya apresiasi dalam bentuk penghargaan yang diberikan Kemendes dan PDTT. Sekaligus pengakuan atas peran serta perusahaan mendukung pembangunan nasional yang dimulai dari pengembangan desa melalui Bumdes dan Bumdesma di wilayah pemberdayaan.

Baca Juga : Siap Menuju Pertambangan Rendah Karbon, PT Vale Hadirkan Truk Listrik Pertama di Blok Sorowako

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk bersama para pihak terkait semakin fokus meningkatkan kualitas pengembangan desa yang mengarah pada kemandirian masyarakat pascatambang kelak, melalui penguatan kelembagaan ekonomi lokal yang berkelanjutan. Hal ini juga sebagai wujud tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan terhadap perekonomian masyarakat di wilayah pemberdayaan PT Vale,” ungkapnya.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...