Logo Sulselsatu

Pemprov Sulsel Apresiasi Kerja Keras Yasir Machmud Majukan PT SCI

Asrul
Asrul

Selasa, 05 Juli 2022 22:31

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun 2022, Selasa (5/7/2022). Hadir para direksi, komisaris dan pemegang saham PT SCI (Perseroda) Sulsel.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang diwakili Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Andi Sumardi Sulaiman menghaturkan terima kasih kepada para direksi, komisaris, dan segenap manajemen yang telah bekerjasama memperkuat eksistensi PT SCI selaku BUMD yang berorientasi pada kontribusi dan pembangunan Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Andi Sumardi mengemukakan bahwa dalam rangka mendukung visi Sulsel yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter, maka PT SCI diharapkan lebih berkinerja optimal serta menstimulus fungsinya sebagai agent of development dan agent of profit.

Baca Juga : Survei Caleg DPRD Sulsel Versi GSI di Bone, Yasir Mahmud Peringkat Pertama

“Harapan tersebut harus dilandasi pada prinsip tranparansi, akuntabilitas, independensi dan kewajaran,” kata Sumardi yang tak lain adalah kakak kandung Gubernur Sulsel saat ini.

Dengan demikian, lanjut Andi Sumardi, sebagai pemegang saham mayoritas Gubernur menyetujui laporan kinerja tahunan PT SCI tahun 2021 dan agenda RKAP tahun 2022 yang di dalamnya menyetujui koreksi setoran modal dasar Pemrov pada PT SCI seiring dengan peningkatan status Perusda menjadi Perseroda.

Adapun Yasir Machmud selaku Direktur Utama PT SCI menyampaikan bahwa Januari-Juni 2021, pihaknya memberikan catatan kerugian Rp 2,2 miliar kepada era almarhum Taufik Fachruddin. Hal itu sesuai dengan hasil audit Inspektorat.

Baca Juga : Andi Sumardi Sulaiman Wafat, Yasir Machmud: Beliau Pamong Senior Penuh Keteladanan

“Hal tersebut menjadi pemicu bagi kami untuk bekerja keras dan cerdas untuk kemajuan PT SCI,” tegasnya.

“Dengan kerja bersama seluruh manajeman perusahaan, melalui reformasi kinerja yang menjadi landasan kebijakan PT SCI, akhirnya paruh kedua tahun 2021 terhitung sejak Juli (awal kami diangkat menjadi direksi) hingga Desember 2021 kinerja PT SCI mampu membukukan laba Rp 5,1 miliar,” sambung Yasir.

Sepanjang sejarah perjalanan Perusda/Perseroda baru kali ini melakukan setoran pajak penghasilan sebesar Rp 570 juta dan keuntungan Rp 2,9 miliar sebelum pajak sehingga laba bersih setelah pajak menjadi Rp 2,3 miliar.

Baca Juga : DPRD Takalar Usulkan Kakak Gubernur Sulsel Pengganti Syamsari Kitta

Selain itu, setoran PAD tahun buku 2021 diperkirakan Rp1,3 miliar sesuai keputusan RUPSLB Revisi RKAP 2021. Namun Perseroda akan membulatkan setoran menjadi Rp1,5 miliar.

“Di bawah kepemimpinan kami, PT SCI fokus pada pengembangan beberapa program kerja dan unit bisnis baru sehingga kami bisa mengangkat omset perusahaan,” jelasnya.

Yasir Machmud juga menyampaikan berita gembira dengan terpilihnya PT SCI sebagai mitra sejajar BUMN dalam hal ini PT KAI dalam pengelolaan Kereta Api Makassar-Pare nantinya.

Baca Juga : Dewan Geram Sikap Kakak Kandung Gubernur Sulsel Sumardi Sulaiman Malas Hadiri Raker

“Bapak Gubernur berterima kasih kepada PT SCI atas kerja cepat dan terobosannya dalam mengelola BUMD ini,” bebernya.

Adapun Prof Dr Murtir Jeddawi selaku komisaris utama, menegaskan PT SCI untuk fokus pada visi dan misi perusahaan. Dimana visi PT SCI mesti menjadi BUMD terdepan dalam pengembangan usaha multi sektor berbasis sumber daya alam yang profesional dan taat hukum serta berkontribusi dalam meningkatkan PAD Provinsi Sulawesi Selatan.

“Saat ini PT SCI telah mencitrakan kinerja yang cukup baik dan trend pendapatan meningkat seiring dengan kemampuan direksi melakukan maksimalisasi pemanfaatan lahan sebagai penyertaan modal dalam bentuk aset. Semoga mega proyek lainnya yang sementara dirintis juga bisa segera beroperasi,” katanya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...