Logo Sulselsatu

Pernah Hidup Susah Bersama, Kini Dua Tokoh Sidrap Jadi Pemimpin di Unhas dan DPRD Sulsel

Asrul
Asrul

Selasa, 05 Juli 2022 18:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Ketua I DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif menyampaikan selamat atas pelantikan ‘kabinet baru’ Universitas Hasanuddin.

Politisi NasDem itu ikut hadir pelantikan wakil rektor Universitas Hasanuddin di Baruga AP Pettarani, Selasa (5/7/2022).

Syahar menghadiri pelantikan sahabatnya Wakil Rektor I bidang akademik dan kemahasiswaan Universitas Hasanuddin Prof drg Muhammad Ruslin Mkes Phd.

Baca Juga : Syaharuddin Alrif Bertemu Imam Fauzan, PPP-NasDem Potensi Koalisi di Pilkada Sidrap

Syahar punya kenangan masa muda bersama Prof Ruslin.

Kedua tokoh ini seperti adik kakak. Keduanya pernah tinggal sekamar indekost pada era 1997-1999 di jalan perintis kemerdekaan 8 Tempat kost Lindos/Tamalanrea Jaya Jalan masuk kompleks perumahan dosen unhas

Saat itu Syahar duduk di bangku SMA Muhammadiyah 3 di Kota Makassar. Syahar tinggal bertiga dengan kakak kandungnya Ismail Alrif dan Prof Muhammad Ruslin muda.

Baca Juga : Matador’s Perjuangan Jagokan Syaharuddin Alrif di Pilkada Sidrap

Saat itu Ismail dan Ruslin sedang menempuh kuliah di Universitas Hasanuddin
Ismail mahasiswa ilmu hukum, sedangkan Ruslin mahasiswa kedokteran gigi.

Ketiganya merupakan jebolan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sidrap. Sebagai anak kost, keduanya tinggal sederhana seperti mahasiswa pada umumnya.

“Saya kenal Prof Ruslin sejak muda. Kami sama-sama anak kampung dari Sidrap. Demi menghemat pengeluaran, kami tinggal sekamar bertiga, ukurannya 3 kali 4 meter. Kami pernah hidup sependeritaan,” kata Syahar kepada wartawan Selasa (5/7/2022).

Baca Juga : Pimpin Raker Bersama OPD, Syaharuddin Alrif Kembali Minta Pj Gubernur Bantu Stabilkan Harga Gabah dan Jagung

Karena Syahar paling adik, selain belajar, ia juga bertugas mencuci pirang, baju, dan memasak di kost. Kisah inilah mengentalkan kekerabatan keduanya.

“Saya bertugas bersihkan kamar, piring, baju di kontrakan,” kata Syahar.

Makannya kadang berhemat hanya sekali sehari, biar bekal tidak cepat habis.
Dari perjalanan Prof Ruslin Muda, Syahar mengatakan banyak inspirasi bagi generasi muda sekarang.

Baca Juga : IKA KKPMBR Nyatakan Sikap Dukung Syaharuddin Alrif Jadi Bupati Sidrap

Syahar mengatakan, bagaimana semangat belajar ketiganya meski hidup dan tinggal dengan keterbatasan, sama seperti mahasiswa pada umumnya.

Sama seperti anak kost pada umumnya, Syahar mengenang ketiga sering makan mie instan atapun telur saat muda.

Mereka hidup mengandalkan kiriman uang dari orang tua di kampung, atau sesekali menikmati hasil dari kegiatan Ekstra baik dari kampus maupun dari hasil sebagai pelatih karate do Gojukai karena Ruslin dan Mail Aktif di dojo Gojukai Prof Ahmad Ali.

Baca Juga : Syaharuddin Alrif Hadiri Panen Raya Bersama Petani di Desa Tacimpo Sidrap

“Kita berasal dari Sidrap, anak kampung yang merantau belajar di Makassar. Kita bertiga saling dorong agar suatu saat nanti bisa mengembah amanah dan bermanfaat bagi orang banyak,” kata Syahar.

Ruslin anak pensiunan tentara di Kodim 1420 Sidrap, Syahar dan Mail anak petani dari Tanru Tedong Sidrap.

“Saat muda, kita bermimpi, bercita-cita, berkhayal, kelak kita memegang amanah untuk orang banyak. Prof Ruslin dan kakak saya Ismail Alrif memilih berkarier sebagai akademisi,” kata lanjut Syahar.

Selepas bangku SMA tahun 1999, Syahar sejatinya ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Kota Makassar.

Tapi karena keterbatasan biaya, ia memutuskan pulang kampung ke Sidrap. Ia melanjutkan pendidikan di STISIP Muhammadiyah Sidrap.

“Karena persoalan biaya, saya pulang kampung ke Sidrap cari pekerjaan. Mereka tetap lanjut. Pada akhirnya mimpi itu Alhamdulillah terwujud. Prof Ruslin dan Kak Ismail jadi dosen di Unhas, Prof Ruslin punya klinik kedokteran gigi,” katanya.

Selepas kuliah, Syahar akif sebagai aktivis Pemuda Muhammadiyah Sulsel dan pengusaha. Tahun 2014, ia memutuskan terjun ke politik.

Ia terpilih sebagai anggota DPRD Sulsel melalui Partai Nasdem selama dua periode.
Sejak tahun 2018 hingga kini, ia menjabat Wakil Ketua DPRD Sulsel.

“Kita berharap perjalanan hidup Prof Ruslin jadi inspirasi dan memotivasi adik-adik mahasiswa kini. Kita mahasiswa dari kampung, dari desa, dari keluarga tidak mampu. Tapi kita harus punya cita-cita dan semangat belajar.”

“Siapapun bisa berhasil walaupun kita dari anak kost dan berasal dari keluarga tidak mampu, semua peluang terbuka sekarang, hanya diperlukan tekad, kemauan,skill, kerja keras untuk mencapai cita-cita,” katanya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan19 April 2024 17:07
Idrus Marham Ajak Alumni Jadikan UIN Alauddin Makassar Kampus Unggul
SULSELSATU.com, GOWA – Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar bekerjasama dengan Badan Pengurus Pusat (BPP) Ikatan Alumni (IKA) UIN Ma...
Video19 April 2024 17:02
VIDEO: Heboh, Warga di Aceh Temukan Minyak Mentah
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan temuan warga diduga berupa minyak mentah. Berdasarkan informasi, video ini berlokasi di Aceh. Dalam vid...
Ekonomi19 April 2024 16:54
Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi BRIZZI Meningkat 15%
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pada momen Ramadan dan Lebaran tahun 2024 kali ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mencatat kenaikan juml...
Makassar19 April 2024 16:31
Danny Pomanto Ajak Konsulat Jenderal Filipina Tampil di Festival F8 Juli Mendatang
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengundang Filipina melalui Konsulat Jenderal Filipina Mary Jennifer Domingo Dingal tampil di Festival F8 pada ...