Logo Sulselsatu

Menuju Kabupaten Smart City, Pemkab Gowa Gandeng PT Telkom Wujudkan Satu Data Indonesia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 02 Agustus 2022 11:50

Penandatanganan kerja sama antara Pemkab Gowa bersama PT Telkom Regional VII Makassar di Kantor Telkom Regional Makassar, Senin 1 Agustus 2022 (dokumen: Pemkab Gowa).
Penandatanganan kerja sama antara Pemkab Gowa bersama PT Telkom Regional VII Makassar di Kantor Telkom Regional Makassar, Senin 1 Agustus 2022 (dokumen: Pemkab Gowa).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa secara bertahap menyiapkan diri menuju kabupaten smart city. Mewujudkan hal tersebut, Pemkab Gowa lakukan kerja sama dengan berbagai pihak.

Sebelumnya, Pemkab Gowa menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengelola Computer Security Incident Response Team (CSIRT) bernama Gowakab-CSIRT untuk menerapkan disposisi online atau A’Kio E-Disposisi. Kali ini pihaknya menggandeng PT Telkom Indonesia Tbk untuk mewujudkan program Satu Data Indonesia.

Hal ini ditandai melalui penandatanganan kerja sama antara Pemkab Gowa yang dilakukan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama PT Telkom Regional VII Makassar yang dilakukan General Manager Telkom Witel Makassar, Nuryadin Salam di Kantor Telkom Regional Makassar, Senin (1/8/2022).

Baca Juga : Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023

“Ini sebagai bagian menyiapkan diri menuju smart city guna mengoptimalkan potensi daerah dalam pembangunan di Kabupaten Gowa. Apalagi di era digitalisasi atau era disrupsi seluruh lini kehidupan kita sekarang sudah pada digitalisasi,” katanya usai melakukan penandatangan.

Ia mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data di pemerintahan untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah.

“Dengan pemanfaatan platform Satu Data ini maka data yang tersebar antar SKPD nantinya dapat saling terintegrasi yang bermuara pada standar kualitas dan kuantitas pelayanan publik yang menjadi pelayanan dasar kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Baca Juga : Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Sementara untuk SKPD yang terintegrasi dalam implementasi Satu Data ini antara lain Dinas Kominfo-SP Gowa, Bapenda Gowa, Dinas Pendidikan Gowa, Dinas Sosial Gowa dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa.

“Kita berharap dengan dilakukannya penandatanganan hari ini Kabupaten Gowa bisa lebih baik, maju, modern, dan akselerasi ekonomi semakin baik dimasa yang akan datang karena sudah sangat mudah,” harap Bupati Gowa.

Sementara, General Manager Telkom Witel Makassar, Nuryadin Salam menyampaikan ucapan terima kasih karena diberi kesempatan bekerja sama dengan Pemkab Gowa melalui penandatanganan MoU Implementasi Smart City dan juga Kick Off Trail Satu Data.

Baca Juga : Tim Penilai PPD 2024 Sebut Program SDM Seperempat Abad Sangat Inovatif

“Ini sangat luar biasa, kami akan selalu siap untuk mendukung pemerintah Kabupaten Gowa dalam meningkatkan layanan dan juga potensi Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Nuryadin mengatakan, untuk tahap awal setelah dilakukan penandatanganan kerja sama akan dilakukan PoC (Proof Of Concept) layanan selama 3 bulan ditambah 1 bulan durasi penyelesaian integrasi data (01 Agustus- November 2022) meliputi lima dinas terintegrasi.

Termasuk, dilakukan melakukan sosialisasi dan training kepada sumber daya manusia yang akan mengakses data tersebut.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Kini Punya Pos Pelayanan Publik

“Kami siap mendukung Pemkab Gowa untuk bisa meraih prestasi di antara beberapa kabupaten kota secara nasional. Salah satunya mendukung upaya Kabupaten Gowa menuju smart city,” ujarnya.

Kemudian pada kerja sama ini, PT Telkom Indonesia melalui Telkom Regional VII Makassar memberikan dukungan implementasi melalui dukungan penyediaan Smart Connectivity, Smart Platform dan Smart Servicess.

“Jadi dukungan yang akan kita berikan berupa portofolio produk digital, ada digital conectivity, digital platform dan smart servicess. Ini semuanya akan kita kerjasamakan dengan Pemerintah Kabupaten Gowa sehingga apa yang menjadi cita-cita Kabupaten Gowa dan juga Telkom dapat terwujud,” katanya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...