Logo Sulselsatu

Komitmen PT Vale Mendorong Hilirisasi Tambang Didukung Panja Komisi VII DPR RI

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 21 November 2022 14:30

Kunjungan kerja Panja Komisi VII areal operasional PT Vale di Pulau Sambalagi Morowali (dokumen: istimewa)
Kunjungan kerja Panja Komisi VII areal operasional PT Vale di Pulau Sambalagi Morowali (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Panitia Kerja (Panja) Komisi VII DPR RI mengapresiasi dan mendukung komitmen PT Vale dalam mendorong hilirisasi di sektor pertambangan.

Dukungan tersebut terungkap dalam kunjungan kerja yang dilakukan Panja Komisi VII areal operasional PT Vale di Pulau Sambalagi, Morowali, Kamis (17/11/2022).

Kedatangan tim Panja Komisi VII dipimpin oleh Lamhot Sinaga dan diterima jajaran manajemen PT Vale mulai Presiden Direktur PT Vale Febriany Eddy, Wakil Presiden Direktur Adriansyah Chaniago, serta hadir pula Sekda Morowali Yusman Mahmud sebagai perwakilan Bupati Morowali.

Baca Juga : Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru

Dalam kunjungan tersebut, Lamhot Sinaga mengatakan pembangunan smelter di Sambalagi harus didukung karena akan memberikan dampak positif bagi masyarakat karena adanya penyerapan tenaga kerja hingga 60 ribu. Tenaga kerja ini utamanya masyarakat lokal.

Untuk itu, dia menyampaikan dukungannya pada PT Vale yang begitu serius dalam melakukan hilirisasi nikel dengan smelter yang akan dibangun di Sambalagi.

smelter yang akan dibangun ini merupakan smelter yang green energi. Kami di Komisi VII sangat mendukung itu. Sebab kita akan masuk dalam transisi energi pada tahun 2050, untuk itu semua smelter kami dorong menjadi green energi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin, (21/11/2022).

Baca Juga : Formal Komitmen Siap Kolaborasi Bersama PT Vale Terkait Penyelesaian Konflik Tanamalia

Ia juga mengungkapkan rasa syukur atas keseriusan PT Vale membangun smelter yang green energi.

Lebih lanjut, Lamhot Sinaga menuturkan, berdasarkan informasi dari Pemkab Morowali jika kehadiran smelter mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Morowali. Hal ini tentu berbeda dari informasi yang selama ini diperolehnya.

Anggota Panja lainnya, Rusda Mahmud berharap kehadiran PT Vale dapat mewujudkan komitmennya pertambangan berkelanjutan, salah satunya menurunkan emisi karbon yang sejalan dengan program pemerintah menurunkan emisi karbon 31,89 persen di 2030.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Mengedepankan ESG

Senada dengan Rusda, Anggota Komisi VII Abdul Kadir Karding juga
mengapresiasi PT Vale yang tetap berusaha menjaga lingkungan. Selain itu, diharapkan PT Vale juga sejalan dengan program pemerintah, yaitu hilirisasi. Sebab katanya, sepanjang sebuah perusahaan mendukung program pemerintah maka wajib didukung.

“Tapi pada intinya kehadiran kami ingin melihat lebih dekat PT Vale, dan sejauh ini PT Vale sangat bagus dan diharapkan terus berkomitmen agar mensejahterakan daerah, masyarakat dan paling penting komitmennya terhadap lingkungan,” jelas Abdul Kadir.

Sementara itu, Sekda Morowali Yusman Mahbub mewakili Bupati Morowali mengungkapkan hadirnya perusahaan tambang di Morowali harus didukung. Salah satunya PT Vale karena dampaknya sangat dirasakan masyarakat dari sisi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Morowali yang masuk dalam empat daerah pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia, yaitu 28,93 persen.

Baca Juga : PT Vale Pastikan Operasional Tanamalia Terapkan Good Mining Practices

Ia menjelaskan, target investasi di Sulteng tahun 2023 sebesar Rp53 triliun dan sekarang melewati target yaitu Rp73 triliun. Dan capaian investasi di Morowali sebesar Rp32 triliun.

“Morowali menjadi terkenal karena investasi yang baik. Saya ingin menyampaikan bahwa investasi yang benar kami dukung sementara investasi yang tidak sesuai aturan kami tolak. Pemerintah Morowali sangat mendukung kehadiran PT Vale di Morowali, investasi yang baik dan benar kami dukung demi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, CEO PT Vale Febriany Eddy memaparkan pembangunan smelter di Sambalagi menggunakan teknologi Rotary Klin and Electric Furnance (RKEF) sesuai komitmen PT Vale menurunkan emisi karbon.

Baca Juga : PT Vale Bagi Bingkisan kepada 500 Anak Yatim dan 100 Panti Asuhan

PT Vale bersama Xinhai dan Baowu Tisco sepakat tidak menggunakan batu bara. Selain itu teknologi tanur listriknya unik karena panas dari tungku ini akan di-recycle dipakai mengeringkan bijih nikel.

“Sehingga nanti pabrik di Sambalagi ini akan menjadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan gas dan karbon intensitas terendah kedua setelah yang di Sorowako,” jelasnya.

Komitmen good mining practices jelas Febriany tidak hanya di Sambalagi, tapi juga akan diterapkan pada pembangunan smelter di Pomalaa yang menggunakan teknologi High-Pressure Acid Leach (HPAL) untuk mengolah bijih nikel.

“Komitmen keberlanjutan terutama rendah karbon akan dilaksanakan juga di proyek Pomalaa,” jelasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...