Logo Sulselsatu

Jakarta Masuk Jajaran Kota dengan Sistem Transportasi Terbaik di Dunia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 12 Januari 2023 21:36

Sistem transportasi Jakarta urutan ke-38 terbaik di dunia (dokumen: Molanews).
Sistem transportasi Jakarta urutan ke-38 terbaik di dunia (dokumen: Molanews).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sistem angkutan umum di Jakarta masuk dalam jajaran yang terbaik di dunia. Kesimpulan tersebut diambil dari hasil studi baru oleh perusahaan konsultan Oliver Wyman dan Universitas of California, Berkeley.

Dalam studi tersebut, sistem transportasi di Jakarta urutan yang ke-38 terbaik di dunia. Harga yang terjangkau dengan pembayaran terpadu untuk berbagai moda jadi salah satu indikator Jakarta masuk daftar yang terbaik.

“Studi ini menganalisis sistem transportasi umum di 60 kota besar di seluruh dunia,” dikutip dari molanews, Kamis, (12/1/2023).

Baca Juga : Elon Musk Bukan lagi Orang Terkaya di Dunia, Digantikan oleh Bernard Arnault

Studi perusahaan konsultan Oliver Wyman dan Universitas of California, Berkeley menobatkan Hong Kong sebagai kota dengan sistem angkutan umum terbaik.

Hong Kong memiliki layanan trasnportasi umum terbaik di dunia. Mass Transit Railway (MTR) beroperasi dengan jaringan berlapis-lapis yang melayani 166 stasiun dengan sangat sedikit penundaan atau gangguan layanan.

Kemudian, sistem transportasi umu Zurich sangat efisien, terjangau, dan hampir selalu dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Hal itu menempatkan kota di Swiss ini bverada di urutan kedua.

Baca Juga : IQAir Nyatakan Polusi Udara Jakarta Paling Tidak Sehat di Dunia

Selanjutnya, di peringkat ketiga ada Stockholm yang memilikisisten angkutan massal multimoda dengan koneksi yang baik ke jaringan kereta api nasional Swedia. Namun, pemanfaatannya masih relatif rendah dibandingkan dengan kendaraan pribadi.

Posisi keempat, ada sngkutan umum Singapura. Mudah dicapai dengan berjalan kaki, kesiapsiagaan risiko, dan kemampuan manajemen bencana menghasilkan jaringan trasnportasi yang tangguh mampu menempatkan Singapura jadi terbaik kelima di dunia.

“Jaringan angkutan umum multimoda yang nyaman berkat aplikasi perencana perjalanan yang dibuat oleh startup di Helsinki mampu mengintegrasikan semua moda treansportasi. Menempatkan kota di Finlandia ini di posisi kelima,” tulis molanews.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 April 2024 22:35
VIDEO: Viral, Pria Bule Isi Bensin Mobil Mewahnya di Warung Eceran
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil mewah mengisi bensin di warung eceran. Kejadian ini terjadi di Pulau Dewata Bali. Video ini d...
Teknologi18 April 2024 21:15
Indosat Bersama Mastercard Kolaborasi Hadirkan Cybersecurity Center of Excellence
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman berkolaborasi menjaga ekonomi digital Indonesia melalui pere...
Hukum18 April 2024 21:03
Peringati HBP ke-60, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Donor Darah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menyelenggarakan kegiatan donor dar...
Video18 April 2024 20:39
VIDEO: Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Suami Terhadap Istrinya di Makassar
SULSELSATU.com – Polisi menyelenggarakan rekonstruksi kasus pembunuhan yang melibatkan tersangka berinisial H (43) terhadap istrinya JU (35) di ...