Logo Sulselsatu

Kawasan Paving Blok Bertambah, RTH di Makassar Naik Jadi 10,99 Persen

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 01 Februari 2023 10:05

Ruang terbuka hijau (dokumen: istimewa)
Ruang terbuka hijau (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSARRuang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Makassar bertambah dan naik menjadi 10,99 persen. Kenaikan ini karena bertambahnya kawasan paving blok. Perhitungan RTH juga memasukkan paving blok sebagai RTH selain kawasan hijau.

Peningkatan tersebut diketahui setelah dilakukan perhitungan kembali bersama dengan tim Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Kepala Bidang RTH Dinas Lingkungan Hidup Makassar Azhar Anwar mengatakan ini naik dari jumlah sebelumnya yaitu sebanyak 9,04 persen. Naik sebesar 1,95 persen. Kenaikan ini sangat signifikan terjadi dalam satu tahun terkahir.

Baca Juga : Relawan APPATTASA Berhasil Kumpulkan Sampah Hingga 18 Ton di Kelurahan Cambayya Kota Makassar

RTH Makassar sejauh ini setelah kita lakukan hasil penghitungan bersama tim, kami mendapatkan angka di 10,99 persen,” imbuhnya.

Azhar juga menjelaskan, di Makassar juga kemudian terjadi peningkatan angka luasan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU). Dalam beberapa tahun terakhir juga terus masuk ke Pemkot setelah diserahkan oleh pihak pengembang.

“Ini semua yang tambah RTH kita,” jelas Azhar

Baca Juga : Dalam Sehari Terjadi 22 Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Makassar

Meski telah terjadi peningkatan, Azhar mengatakan target kota masih sangat jauh, yaitu di angka 30 persen. Rinciannya 10 persen privat dan 20 persen publik. Masih banyak potensi yang bisa diidentifikasi, PSU misalnya, tercatat masih ada puluhan yang belum sepenuhnya diserahkan ke pemerintah kota.

“Pihak pengembang ini, kita mau identifikasi, karena ada RTH kita di sana, ini indikator yang menjadi akumulasi dalam menghitung persentase RTH,” jelasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...