Parepare Raih Piala Adipura, Taufan Pawe: Peran Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Parepare Raih Piala Adipura, Taufan Pawe: Peran Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare berhasil meraih Piala Adipura yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, kemarin.

Piala Adipura diantar oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dan dijemput oleh masyarakat di titik nol Jalan Mattirotasi, serta dilanjutkan dengan arak-arakan mengelilingi Kota Parepare, Rabu (1/3/2023).

Sebelum mengarak piala Adipura, Taufan Pawe menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Parepare atas partisipasinya dalam upaya menciptakan kebersihan dan keindahan kota sehingga pada tahun ini Piala Adipura dapat kembali diraih.

“Keberhasilan Parepare meraih Adipura tahun ini tidak terlepas dari dukungan dan kerja keras semua pihak. Saya turut menghaturkan terima kasih kepada seluruh petugas kebersihan, jajaran pemerintahan mulai dari lurah hingga SKPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Penghargaan ini milik kita bersama, bukan hanya pemkot yang bekerja tapi seluruh warga Kota Parepare,” jelasnya.

Menurut Walikota berlatar belakang doktor hukum ini, keberhasilan tersebut merupakan bukti nyata dari konsep kepedulian terhadap kebersihan kota yang selama ini digalakkan. Dimana dinilai mampu mewujudkan kota yang bersih dan memiliki pengelolaan lingkungan yang baik.

“Penghargaan Piala Adipura merupakan momentum untuk menciptakan lingkungan yang asri, sejuk bersih dan indah sehingga masyarakat Parepare dapat hidup nyaman dan sehat,” ungkapnya.

“Tidak sedikit interaksi saya, baik ke pasar, ke rumah sakit, maupun ke tempat umum untuk memantau kondisi kebersihan, dan terkadang ditemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Saya sebagai pemimpin yang keras dan tegas tidak ada kompromi sehingga jika ada yang kurang berkenan maka maafkan,” ungkap Taufan Pawe.

Taufan Pawe juga menjelaskan, jika sudah ada lima piala Adipura yang diraih selama kepemimpinannya. Parepare mendapatkan Piala Adipura pada 2015, kemudian 2016 meraih Adipura Kirana, berlanjut 2018 dan 2019 kembali mendapatkan Adipura, namun setelah vakum 2-3 tahun, Parepare kembali meraih piala Adipura tahun 2022.

(*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Berita Terkait
Baca Juga