Logo Sulselsatu

Pemkot Parepare Bakal Lakukan Pendampingan Psikologi Penyintas Banjir

Hendra
Hendra

Kamis, 02 Maret 2023 08:25

Tim psikologi UNM dan Puspaga Peduli Ta' bakal lakukan pendampingan psikologi kepada penyintas banjir Parepare. (Foto: Ist)
Tim psikologi UNM dan Puspaga Peduli Ta' bakal lakukan pendampingan psikologi kepada penyintas banjir Parepare. (Foto: Ist)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Usai melakukan asesment langsung di lokasipasca bencana banjir beberapa waktu lalu, tim relawan Puspaga Peduli Ta’ binaan Ketua TP PKK Kota Parepare Erna Rasyid Taufan akan kembali menyambangi kediaman para korban banjir pada Kamis (2/3/2023).

Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pendampingan psikologi dan penyintasan atau kemampuan untuk bertahan hidup di dalam suatu kondisi atau keadaan yang cukup terpuruk.

Ketua Puspaga Peduli Ta’, Sriyanti Ambar mengatakan, dari hasil asesment mereka terkuak sebanyak 63 penyintas banjir di tiga kecamatan yang membutuhkan pendampingan psikologis.

Baca Juga : Ramadan Peduli Golkar Parepare, Erna Rasyid Taufan Berbagi Paket Sembako

“Insyaallah Puspaga bersama psikologi UNM dan penyuluh agama akan turun pendampingan psikologis secara door to door sesuai data asesmen,” katanya.

Puspaga juga akan menyalurkan beberapa hal yang dapat korban bencana manfaatkan. Seperti, informed consent, sejumlah makanan kotak, cemilan juga mainan untuk anak-anak korban bencana.

“Selain itu kami juga akan membawa beberapa mukenah dan baju hasil donasi dari para donatur serta obat-obatan dari PAFI,” ujarnya.

Baca Juga : Ketua KONI Parepare Zulham Arief Gerak Cepat Serahkan Bantuan ke Korban Banjir

Sriyanti berharap, agar kegiatan aksi pendampingan yang akan mereka lakukan dapat berjalan dengan lancar serta donasi yang mereka berikan dapat bermanfaat untuk korban.

Senada, Pembina Puspaga PeduliTa Erna Rasyid Taufan mengatakan, pendampingan akan dilakukan dengan mengacu pada asesmen yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Pendampingan itu kata dia, untuk menyembuhkan rasa trauma para korban banjir. Selain itu, sentuhan rohani juga dilakukan istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare ini agar masyarakat Parepare, korban terdampak banjir dapat ikhlas dengan bencana yang menimpanya.

Baca Juga : Dispar Kota Makassar Salurkan Sembako Bahi Korban Banjir di Kecamatan Manggala

“Kita berikan pendampingan psikis dengna sentuhan rohani. Apapun yang terjadi di dunia ini, semua atas kehendak-Nya. Sesungguhnya semua datangnya dari Allah dan akan kembali kepada-Nya,” pesan ERAT, akronim dia.

(*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 April 2024 22:35
VIDEO: Viral, Pria Bule Isi Bensin Mobil Mewahnya di Warung Eceran
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil mewah mengisi bensin di warung eceran. Kejadian ini terjadi di Pulau Dewata Bali. Video ini d...
Teknologi18 April 2024 21:15
Indosat Bersama Mastercard Kolaborasi Hadirkan Cybersecurity Center of Excellence
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman berkolaborasi menjaga ekonomi digital Indonesia melalui pere...
Hukum18 April 2024 21:03
Peringati HBP ke-60, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Donor Darah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menyelenggarakan kegiatan donor dar...
Video18 April 2024 20:39
VIDEO: Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Suami Terhadap Istrinya di Makassar
SULSELSATU.com – Polisi menyelenggarakan rekonstruksi kasus pembunuhan yang melibatkan tersangka berinisial H (43) terhadap istrinya JU (35) di ...