Logo Sulselsatu

Tips Sehat Mengurangi Kalori Berlebih dalam Tubuh

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 31 Mei 2023 21:24

Tips diet sehat kurangi kalori dalam tubuh (Foto: Internet_mega life)
Tips diet sehat kurangi kalori dalam tubuh (Foto: Internet_mega life)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kelebihan berat badan merupakan penumpukan kalori dalam tubuh. Sementara itu kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan kalori yang masuk ke tubuh kita. Kalori yang menumpuk akan menjadi lemak.

Untuk mengurangi penumpukan lemak yang berlebihan, tubuh membutuhkan diet atau mengurangi porsi kalori di tubuh. Penumpukan lemak ini membutuhkan cara diet yang sehat.

Ada berbagai cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan menerapkan diet sehat. Dilansir situs DetikBali, berikut 10 tips diet sehat untuk turunkan berat badan yang dikutip, Rabu, (31/5/2023).

Baca Juga : Ini Dia Tips Merawat Sunroof Agar Tidak Mudah Rusak Ala Kalla Toyota

1. Makan Teratur
Diet bukan berarti kita tidak mengkonsumsi makanan selama seharian, tetapi porsi dan waktu makannya diatur agar tidak sembarangan. Nah, tips penting saat diet sehat adalah pastikan kita makan dengan jam yang teratur.

Bila jam sarapan harian kita adalah pukul 8 pagi, maka usahakan sarapan selanjutnya ada di jam yang sama. Hal ini juga berlaku saat jam makan siang dan malam.

Sebab, pola makan yang tidak teratur justru dapat mempengaruhi kadar insulin atau gula darah. So, jangan sampai telat makan, ya. Apalagi sama sekali tidak makan.

Baca Juga : Tips Memanaskan Mobil dari Kalla Toyota Agar Performa Mesin Tetap Terjaga

2. Sarapan Telur
Saat sarapan, sebaiknya konsumsi telur ya, detikers. Sebab, makan telur di pagi hari dapat meningkatkan rasa kenyang serta membuat orang lebih sedikit mengkonsumsi kalori selama 36 jam berikutnya.

Selain itu, telur kaya akan kandungan protein dan nutrisi penting seperti kolin. Oleh karena itu, telur adalah salah satu menu sarapan terbaik sebelum beraktivitas.

3. Minum Air Lemon
Mengkonsumsi air lemon ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bila rutin minum air lemon, lemak dalam tubuh kita dapat lebih mudah dibakar dan racun dalam tubuh lebih cepat dikeluarkan.

Baca Juga : Berapa Lama Durasi Memanaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan? Ini Tips Asmo Sulsel 

Cara minum air lemon juga gampang. Cukup peras setengah lemon ke dalam air hangat lalu aduk hingga rata. Apabila detikers tidak suka rasa asam, maka bisa ditambahkan satu sendok teh madu agar rasanya sedikit manis.

4. Hindari lemak Jenuh Saat Sarapan
Cara diet sehat berikutnya adalah dengan menghindari lemak jenuh saat sarapan. Soalnya, mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh justru membuat kita akan lebih cepat lapar dan lelah. Kalau rasa lapar sulit dikontrol, alhasil kita jadi banyak makan dan berujung gagal diet.

5. Minum Air Hangat
Selain mengkonsumsi air lemon, cara diet sehat berikutnya adalah dengan mengkonsumsi air hangat. Sebaiknya minum air hangat setelah bangun tidur di pagi hari. Selain dapat membuang racun dan memperlancar saluran pencernaan, air hangat juga dapat mengurangi lemak di tubuh.

Baca Juga : Yuk Simak Tips Berkendara yang Aman Selama Musim Hujan Berikut Ini

6. Jangan Biarkan Tubuh Kelaparan
Masih banyak yang menganggap kalau diet itu sama halnya dengan tidak makan, sehingga lebih baik menahan lapar agar berat badan turun. Sayangnya, cara tersebut malah dapat meningkatkan nafsu makan dan membuatmu makan secara berlebihan. Sebaiknya makan ketika perut belum terasa lapar dan selesai saat sebelum merasa kenyang.

7. Kurangi Konsumsi Gula dan Garam
Cara diet sehat selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi gula dan garam. Memang keduanya dapat memberikan rasa masakan lebih lezat, tapi jumlahnya harus tetap dibatasi. Kalau kita mengkonsumsi gula dan garam dalam jumlah berlebih, dikhawatirkan tubuh akan terserang diabetes dan hipertensi.

8. Tetap Terhidrasi
Meski harus mengurangi porsi makanan, tapi jangan sampai detikers kurang minum air putih. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum air putih dapat menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan ideal, dan meningkatkan pembakaran kalori.

Baca Juga : Begini Tips Mengurangi Kecanduan Gadget pada Anak

Minum air putih sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori selama makan bagi orang dewasa. Lalu, orang yang banyak minum air putih terbukti mengkonsumsi 200 kalori lebih sedikit per hari.

9. Rutin Olahraga
Tidak lengkap rasanya kalau melakukan diet sehat tanpa dibarengi dengan olahraga teratur. Selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga juga dapat membantu membakar kalori berlebih yang tidak dapat hilang melalui diet sehat saja.

10. Tidur yang Cukup
Masih banyak orang yang menganggap sepele waktu tidur. Padahal tidur yang cukup sangat penting untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur hingga 55 persen lebih rentan mengalami obesitas jika dibandingkan dengan orang dengan tidur yang cukup.

Lebih lanjut, orang yang kurang tidur rentan mengalami gangguan fluktuasi harian hormon nafsu makan. Hal inilah yang dapat menyebabkan nafsu makan menjadi buruk.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama04 Maret 2024 15:15
Kuasa Hukum Tersangka Pembobolan Kotak Suara di Jeneponto Ajukan Praperadilan
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Saiful yang merupakan Kuasa Hukum tersangka dugaan Pembobolan Kotak Suara, AA dan FB di Gedung PPK Bangkala Barat, re...
Pendidikan04 Maret 2024 15:00
Praktik Sosial ESG PT Pegadaian Dorong Inovasi dan Kreativitas di Berbagai Universitas Seluruh Indonesia
PT Pegadaian dengan bangga mempersembahkan The Gade Creative Lounge (TGCL). Ruang belajar kolaboratif modern untuk memfasilitasi pertukaran ide, inova...
Sulsel04 Maret 2024 14:35
PT Vale Bersama PSM Makassar Kolaborasi Kembangkan Ekonomi Kreatif Lokal UMKM dan Olahraga
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kolaborasi dengan klub sepak bola PSM Makassar melalui program Pemberdayaan Masyarakatnya (PPM) mengintegrasikan penge...
Berita Utama04 Maret 2024 14:32
Polres Jeneponto Resmi Tetapkan Tersangka Pelaku Pembobolan Kotak Suara di Gedung PPK Bangkala Barat
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dua orang terduga pelaku pembobolan kota suara di Gedung PPK Kecamatan Bangkala Barat Inisial AA dan FB resmi diteta...