Logo Sulselsatu

Hati-hati Pilih Oli Motor, Begini Cara Bedakan Oli Asli dan Palsu dari Asmo Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 01 Juni 2023 08:19

Cara membedakan ali palsu dan asli dari Asmo Sulsel (Foto: Istimewa)
Cara membedakan ali palsu dan asli dari Asmo Sulsel (Foto: Istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Oli menjadi komponen penting dalam mesin sepeda motor. Oli memiliki banyak fungsi yang sangat memengaruhi performa sepeda motor, mulai dari melumasi mesin, pendingin, sampai mengawetkan usia pakai komponen mesin sepeda motor.

Technical Service Manager Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) Ignatius Nindyatama mengatakan, penggunaan oli sangat berpengaruh besar pada kinerja sepeda motor. Konsumen Honda harus menggunakan oli yang asli.

“Saat ini, ada begitu banyak oli palsu yang beredar. Penting bagi konsumen untuk dapat membedakan mana oli yang asli, mana oli palsu. Hal ini sangat krusial sekaligus memengaruhi performa sepeda motor kita,” ucap Ignatius di Kota Makassar.

Baca Juga : Ini Dia Tips Merawat Sunroof Agar Tidak Mudah Rusak Ala Kalla Toyota

Menurut Ignatius, ada lima tips untuk membedakan oli asli dan palsu. Pertama, perhatian barcode pada kemasan tutup oli. Konsumen dapat mengecek keaslian oli dengan memindai barcode.

“Jika kita men-scan barcode tersebut dan langsung masuk ke situs resmi, itu adalah oli yang asli. Jika tidak, maka itu kemungkinan besar merupakan oli palsu,” tuturnya.

Tips kedua, perhatikan kemasan pada oli. Ignatius mengatakan, kemasan oli yang asli terlihat lebih tajam dan jelas. Sedangkan kemasan oli paslu, cetakan label cenderung pudar dan kurang tajam.

Baca Juga : Asmo Sulsel Kampanye Safety Riding kepada Komunitas Ikatan Motor Honda Kendari

“Kemudian, konsumen juga dapat melihat mana oli asli dan oli palsu dari tutup oli. Oli yang asli memiliki tutup kemasan yang keras dan sulit dibuka. Sementara oli palsu lebih muda dibuka,” kata Ignatius.

Sedangkan tips keempat dari Ignatius yakni lihat perbedaan warna oli. Oli yang terlihat cerah dan bersih. Sedangkan oli palsu berwarna lebih pekat dan keruh.

“Perbedaan oli asli dan oli palsu juga bisa dilihat dari kekentalan cairan oli. Oli asli tentu lebih kental ketimbang oli palsu. Ini yang sangat berdampak pada kinerja mesin sepeda motor kita,” ucapnya.

Baca Juga : New Honda Stylo 160 Siap Pikat Masyarakat Kendari Akhir Pekan Ini

Gunakan AHM Oil

Selain itu, Ignatius juga menyarankan kepada pengguna sepeda motor Honda untuk menggunakan AHM Oil sebagai pelumas resmi sepeda motor Honda. Menurutnya, AHM Oil sudah menggunakan teknologi yang menjamin kinerja mesin sepeda motor.

Pertama, kata Ignatius, AHM Oil menggunakan Honda Anti Oxidant yang akan melindungi mesin dari oksidari. Kedua, terdapat Honda Visco Improver Technology dalam AHM Oil.

Baca Juga : Fitur Baru Motorku X Semakin Lengkap dan Lebih Mudahkan Konsumen Honda

“Ini yang dapat menstabilkan suhu mesin untuk mengurangi penguapan dan memudahkan starter mesin. Kemudian, AHM Oil memiliki Honda Cleansing Agent yang dapat menjaga kebersihan mesin. Terakhir, ada Fully Synthetic dalam AHM Oil SPX,” ucapnya.

Ignatius memastikan, ada banyak keunggulan maupun keuntungan apabila konsumen menggunakan AHM Oil, mulai dari menghemat konsumsi bahan bakar, menghemat biaya perawatan, memaksimalkan kinerja mesin, sampai ramah lingkungan.

“Dengan menggunakan AHM Oil, usia pemakaian oli sampai 4.000 kilometer, dapat melumasi celah mesin ke celah yang paling kecil, dan rendahnya gas buang yang akan mengurangi pencemaran udara dan pemanasan global,” tuturnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama04 Maret 2024 15:15
Kuasa Hukum Tersangka Pembobolan Kotak Suara di Jeneponto Ajukan Praperadilan
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Saiful yang merupakan Kuasa Hukum tersangka dugaan Pembobolan Kotak Suara, AA dan FB di Gedung PPK Bangkala Barat, re...
Pendidikan04 Maret 2024 15:00
Praktik Sosial ESG PT Pegadaian Dorong Inovasi dan Kreativitas di Berbagai Universitas Seluruh Indonesia
PT Pegadaian dengan bangga mempersembahkan The Gade Creative Lounge (TGCL). Ruang belajar kolaboratif modern untuk memfasilitasi pertukaran ide, inova...
Sulsel04 Maret 2024 14:35
PT Vale Bersama PSM Makassar Kolaborasi Kembangkan Ekonomi Kreatif Lokal UMKM dan Olahraga
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kolaborasi dengan klub sepak bola PSM Makassar melalui program Pemberdayaan Masyarakatnya (PPM) mengintegrasikan penge...
Berita Utama04 Maret 2024 14:32
Polres Jeneponto Resmi Tetapkan Tersangka Pelaku Pembobolan Kotak Suara di Gedung PPK Bangkala Barat
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dua orang terduga pelaku pembobolan kota suara di Gedung PPK Kecamatan Bangkala Barat Inisial AA dan FB resmi diteta...