Logo Sulselsatu

Ini Tipsnya, Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 07 Juni 2023 18:50

Cara cepat belajar Bahasa Inggris secara otodidak (Foto: Internet).
Cara cepat belajar Bahasa Inggris secara otodidak (Foto: Internet).

SULSELSATU.com, MAKASSARBahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di banyak negara. Dengan menguasai Bahasa Inggris, akan mudah berinteraksi dengan orang lain di negara asing.

Bahasa Inggris menjadi bahasa asing yang patut dipelajari. Tujuan mempelajari bahasa inggris sangat bervariatif, membantu bisnis atau bekerja, memperluas wawasan dalam berkomunikasi, hingga mempermudah saat berpergian ke negara lain.

Selain itu, bahasa inggris juga merupakan syarat dalam rekrutmem Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan rekrutmen bersama BUMN.

Baca Juga : Berapa Lama Durasi Memanaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan? Ini Tips Asmo Sulsel 

Cara belajar Bahasa Inggris otodidak akan lebih mudah bila mengikuti langkah-langkah berikut. Ini 10 cara cepat belajar Bahasa Inggris secara otodidak seperti yang dilansir dari detikcom, Rabu (7/6/2023).

1. belajar kata dasar di sekitar ruangan
Pelajari kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris sebelum belajar bahasa Inggris outodidak lewat percakapan. Mulai dari kata benda yang biasa digunakan di sekitar, seperti mug, cup, pan, soap, pillow.

Bahasa Inggris menerapkan perubahan kata kerja sesuai subjek aku, kamu, dia, dan mereka yang berbeda-beda. Nah, kamu bisa belajar membiasakan penggunaannya dengan menulis kalimat aktif sederhana yang berubah sesuai subjeknya. Contohnya seperti “i love you”, “you love her”, “she loves him”, “he loves me”, “they love her”, dan “we love her”.

Baca Juga : Yuk Simak Tips Berkendara yang Aman Selama Musim Hujan Berikut Ini

2. Tulis lirik lagu bahasa Inggris yang kamu dengarkan
Belajar bahasa Inggris otodidak makin seru dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris.

Cara mudah belajar bahasa Inggris adalah memahami arti kata-kata sulit yang kamu temukan di lirik lagu, film, dan buku yang kamu konsumsi. Cara ini membantu kamu lebih kaya kata untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris dengan cara pengungkapan yang lebih khas penutur aslinya atau native speaker.

3. Tonton film berbahasa Inggris, tapi matikan subtitlenya
Belajar bahasa Inggris otodidak juga bisa dilakukan dengan cara yang tidak kalah menyenangkan lainnya, yaitu menonton film berbahasa Inggris. Tapi, matikan subtitle bahasa Indonesianya dan ganti dengan subtitle bahasa Inggris.

Baca Juga : Begini Tips Mengurangi Kecanduan Gadget pada Anak

Dengan cara ini, kamu bisa mencari kata-kata yang sulit, googling maknanya, dan mempelajari struktur kalimat yang dipakai saat para karakter di film tersebut berdialog.

4. Baca novel, buku fiksi, dan buku nonfiksi berbahasa Inggris, plus kamus bahasa Inggris
Membaca buku berbahasa Inggris tidak berarti harus buku pelajaran bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris otodidak bisa dilakukan dengan membaca novel, komik, skenario film, naskah drama, buku self-help, biografi, dan buku lainnya yang berbahasa Inggris.

Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak lainnya yaitu dengan membaca kamus bahasa Inggris. Cara ini membantu kamu untuk menambah vocabulary atau kosa kata.

Baca Juga : Telkom Hadirkan Pijar Mudahkan Proses Belajar Bagi Generasi Muda Secara Digital

5. Menulis dalam bahasa Inggris
Nah, vocabulary kamu akan meningkat seiring membaca buku mendengarkan lagu, dan menonton film berbahasa Inggris. Kalau sudah punya tabungan vocabulary, kamu sudah bisa meningkatkan kemampuan writing.

Belajar bahasa Inggris sendiri untuk aspek writing bisa kamu coba dengan menulis satu topik yang kamu senangi, lalu tuangkan opini dan fakta yang kamu tahu ke dalam tulisan berbahasa Inggris.

6. Dengar podcast dan tonton film dokumenter berbahasa Inggris
Mendengar podcast dan menonton film dokumenter bahasa Inggris memungkinkan kamu belajar listening, menambah kosa kata, berlatih struktur kalimat percakapan yang biasa digunakan native speaker, dan terbiasa dengan pronounciation per kata.

Baca Juga : Gojek Beri Pelatihan Bahasa Inggris Gratis Bagi Anak Mitra Driver di Makassar

Belajar bahasa Inggris otodidak dengan podcast dan film dokumenter tidak hanya seru, tapi juga menambah banyak pengetahuan.

7. belajar berbicara bahasa Inggris sendiri
Belajar berbicara bahasa Inggris dengan orang lain mungkin tidak nyaman ya untuk pertama kali. Nah, kamu bia mulai belajar berbicara dalam bahasa Inggris pada cermin untuk membiasakan diri, sehingga kamu lebih percaya diri dan fasih.

Rekam latihan kamu dan dengarkan kembali untuk mengecek pelafalan atau pronounciation yang perlu diperbaiki.

8. belajar berbicara bahasa Inggris dengan “teman rl” dan “teman di internet”
Cara cepat belajar bahasa Inggris untuk pemula yang kesulitan berinteraksi langsung, yakni dengan menggunakan berbagai website untuk belajar bahasa Inggris.

Bisa menggunakan berbagai apps untuk belajar bahasa Inggris. Berbagai aplikasi kini punya fitur percakapan dengan guru online dan teman sesama pengguna aplikasi.

9. Ambil langganan belajar bahasa Inggris di aplikasi atau lembaga les
Kalau belajar bahasa Inggris otodidak belum mencukupi buatmu, kamu bisa mulai mencari kursus bahasa Inggris yang cocok dengan kamu. Ini adalah cara cepat belajar bahasa Inggris juga.

10. Belajar biasa
Belajar bahasa Inggris untuk pemula kadang terasa terlalu sulit atau malah terlalu mudah.

Terlepas dari yang kita rasakan, jadikan cara belajar bahasa Inggris otodidak sebagai kebiasaan sampai kamu tidak merasa terbebani dengan kewajiban belajar. Yang penting, tetap belajar dan tetaplah nyaman melakukannya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News27 Februari 2024 11:17
Staf Kantor Desa Mattirotasi Sidrap Dipecat Kades Diduga karena Beda Pilihan Caleg
Sejumlah staf kantor desa di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap, Sulsel dipecat oleh Kepala Desa. Diduga, pemecatan itu lantaran...
Sulsel27 Februari 2024 09:52
86,86 Persen Masyarakat Kabupaten Gowa Puas Kinerja Adnan-Kio
Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dibidang pendidikan, kesehatan, tata kelola pemerintahan, infrastruktur, keagamaan, pariwisata...
Video26 Februari 2024 22:50
VIDEO: Diguyur Hujan Deras, Kota Makale Terendam Banjir
SULSELSATU.com – Kota Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, terendam banjir Minggu (25/2/2024) kemarin. Banjir tersebut akibat hujan deras yang...
Pendidikan26 Februari 2024 22:03
Bupati Adnan Resmikan Kantor Baru Disdik Gowa, Harap Kualitas Pendidikan Semakin Maju
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meresmikan Kantor Baru Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa sekaligus merilis Digitalisasi Sekolah di Jalan Tumanurung Ke...