Logo Sulselsatu

Pertama Kali Kunjungi Sorowako, Kapolda Takjub Praktek Pertambangan dan Pengelolaan Lingkungan PT Vale

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 26 Juni 2023 18:39

Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso kunjungan ke Blok Sorowako PT Vale (Foto: Istimewa)
Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso kunjungan ke Blok Sorowako PT Vale (Foto: Istimewa)

SULSELSATU.com, SOROWAKO – Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso melakukan kunjungan kerja ke wilayah operasi pertambangan terintegrasi PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) di Sorowako, Luwu Timur pada 25-26 Juni 2023.

Kapolda Sulsel mengatakan, lawatan ini adalah pertama kalinya dan menjadi agenda prioritas. Kunjungan Kapolda Sulsel itu dalam rangka meninjau kondisi keamanan

“Datang ke Luwu Timur adalah salah satu prioritas utama Polda untuk memastikan kondisi tetap kondusif mendekati Pemilu 2024. Terutama di Luwu Timur saya diminta memonitor secara berkala keamanan Objek Vital Nasional,” ujar Irjen Setyo Boedi.

Baca Juga : PT Vale Hadirkan Tujuh Titik Sumur Bor di Kecamatan Wasuponda, Upaya Menekan Angka Stunting

Kapolda dan rombongan meninjau proses pertambangan nikel dari hulu ke hilir. Dimulai dari fasilitas persemaian atau Nursery, proses pengangkutan bijih yang berdampingan langsung dengan area reklamasi aktif di Bukti Solia, keliling melihat fasilitas alat pemrosesan nikel di process plant, dan terakhir ke Danau Matano.

Dari serangkaian kunjungan tersebut, Kapolda mengaku takjub melihat upaya pemulihan lingkungan yang berjalan dengan sangat cepat,

“Rombongan sudah survei di beberapa tempat dan sudah cukup meyakinkan bahwa sistem sudah berjalan dengan sangat baik. Saya lihat kegiatan-kegiatan pertambangan terkoordinir dengan baik, keselamatan karyawan diperhatikan, tidak ada pencemaran limbah, tidak ada penelantaran lahan yang sudah digali. Berbagai macam jenis bibit tanaman juga dipersiapkan untuk jangka panjang,” ujarnya.

Baca Juga : PT Vale Bentuk Genzi dan Bagikan Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Tekan Angka Stunting

Kapolda bercerita, dari pengalaman meninjau proyek di berbagai daerah tempatnya bertugas, dia sering menemukan masalah dari kehadiran proyek. Tapi di PT Vale semua dilihatnya tertata dengan rapi.

PT Vale mampu memetakan dan mengelola dampak-dampak lingkungan dengan baik. Sangat patut jadi contoh untuk standar pengelolaan limbah bagi perusahaan tambang lain. Saya beberapa kali mengunjungi proyek, biasanya kalau ada proyek misalnya di Kalimantan banyak saya temui jalan berlubang karena tidak diperhatikan,” ungkapnya.

Terkait pemberdayaan tenaga kerja juga diapresiasi oleh kapolda. Saat ini, persentase karyawan dengan warga negara Indonesia mencapai 99,8 persen dari 2.934 karyawan, dan didominasi talenta lokal dari Kabupaten Luwu Timur.

Baca Juga : Dinilai Adaptif dan Patuh ESG dalam Berbisnis, Antarkan PT Vale Raih Penghargaan Bisnis Indonesia Awards 2024

Kapolda menyebut, PT Vale telah memberikan proporsi yang adil. Berimbang, porsi antara penduduk lokal dan putra-putri Sulsel. PT Vale serius menyiapkan SDM lokal.

“Saya lihat tadi ada sekolah-sekolah untuk mendukung keterampilan masyarakat agar siap bekerja di Vale. Tadi di lapangan pekerja asing hanya ada beberapa, ini sangat luar biasa membanggakan, itu artinya PT Vale mengangkat ekonomi sekitar dan negara,” katanya.

Kapolda juga memuji kemampuan PT Vale mendukung produk UMKM lokal. “Saya tadi mencicipi jus Dengen, dan cemilan. Saya kira ini bisa mengangkat perekonomian, masyarakat jadi kreatif menghasilkan makanan dan minuman untuk bisa dikonsumsi. Produk tadi tidak ditemukan di daerah lain, karena pohon endemik dijadikan minuman, dilakukan pengemasan yang bagus, ada sertifikat halal,” kata Irjen Setyo.

Baca Juga : 29 Pesepak Bola Muda Lutim Tembus Final Seleksi Talent Scouting PT Vale bersama PSM Makassar

Kapolda ikut mengomentari proyek pengembangan PT Vale. Dia berpesan agar proyek pengembangan dijalankan dengan sinergi yang baik seperti yang terjalin di Luwu Timur.

Chief Operating Officer (COO) Abu Ashar pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dari manajemen. Dia juga meminta dukungan Kapolda Sulsel untuk kelancaran beberapa target operasi PT Vale baik proyek pengembangan di tiga provinsi, proyek penurunan emisi karbon, program UMKM, dan pemberdayaan pemimpin lokal.

“Suatu kebanggaan bagi Manajemen PT Vale kedatangan rombongan Polda Sulsel untuk melihat bagaimana kami memproduksi nikel. Kami siap menerima kunjungan Anda kapan saja. Bagi manajemen, kehadiran rombongan sangat berharga, ini adalah bentuk dukungan terhadap operasi kami di Sorowako,” ujar Abu Ashar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 Juni 2024 21:13
Makassar Sendiri dari Indonesia Masuk Daftar Kota Bahagia di Dunia
Kota Makassar lagi-lagi menorehkan prestasi gemilang karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam Kota Bahagia di dunia....
OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...
Video19 Juni 2024 20:07
VIDEO: Bencana Tanah Longsor di Poros Maros-Bone, 2 Eskavator Tertimbun
SULSELSATU.com – Longsor terjadi di Jalur Poros Maros-Bone di Tompo Ladang, Kecamatan Mallawa,Maros  sehingga lalu lintas ditutup total. Longs...