Logo Sulselsatu

Sekolah Kristen Ipeka CPI Makassar Resmi Dibuka, Siap Terima Peserta Didik dari TK Hingga SMA

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 02 September 2023 15:10

Grand opening Ipeka CPI Makassar. Foto: Sri Wahyu Diastuti/Sulselsatu.com
Grand opening Ipeka CPI Makassar. Foto: Sri Wahyu Diastuti/Sulselsatu.com

SULSELSATU.com, MAKASSARSekolah Kristen Ipeka Center Point of Indonesia (CPI) Makassar secara resmi dibuka. Sekolah Kristen Ipeka CPI Makassar adalah sekolah ke-15 dari seluruh Indonesia.

Sekolah Kristen Ipeka CPI memberikan pendidikan Kristen yang berkualitas di kota Makassar, yang tujuannya mempersiapkan pemimpin Kristen masa depan.

Grand Opening Ipeka CPI juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin Mustakim, serta Kepala Seksi Kelembagaan dan Kemitraan Pendidikan Dasar Bidang Pengembangan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Makassar Kurniati.

Baca Juga : Resmikan Posko Anak Rakyat di Pattallassang, Rudianto Lallo Konsolidasi Tim Pemenangan di Gowa

Sebagai sekolah Kristen berstandar internasional yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, Ipeka CPI membekali guru selama satu tahun dengan pelatihan yang dapat melengkapi kemampuan.

Ketua Yayasan Ipeka Erwin Tenggono mengatakan, Ipeka CPI menggabungkan Kristen kurikulum untuk membangun karakter dan talenta. Membangun karakter yang baik untuk kontribusi bagi bangsa.

“Siswa harus dilatih mempunyai kreatif thingking, pengetahuan yang banyak untuk mengeksplor pengetahuan melalui teknologi agar adaptif di tengah tantangan saat ini,” kata Erwin saat konferensi pers, Sabtu, (2/9/2023).

Baca Juga : Peringati Hari Guru, Rudianto Lallo: Kesejahteraan Guru Harus Diperhatikan

Sebagai sebuah sekolah berstandar Internasional, Sekolah Kristen IPEKA CPI menggunakan kurikulum yang dikembangkan oleh Ipeka yaitu Ipeka Christian Education (ICE) Curriculum. Kurikulum ini mengintegrasikan iman dan ilmu yaitu, pandangan Alkitabiah dengan kurikulum Pearson Edexcel dan Kurikulum Merdeka.

“Murid-murid Ipeka diharapkan tidak hanya berprestasi dan unggul secara akademis, tetapi juga memiliki iman kepada Yesus Kristus, memiliki karakter yang baik, dapat bekerja sama dengan baik, serta memiliki critical thinking, sehingga lulusan Ipeka menjadi pribadi yang tangguh di masa depan,” ujar Direktur Sekolah Internasional Ipeka Susanti.

Susanti menjelaskan, Ipeka CPI menerima siswa didik mulai jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Namun, untuk SD masih tertutup di tahun ini karena pembangunan gedung yang belum rampung.

Baca Juga : Dewan Pendidikan Makassar Akan Berikan Penghargaan kepada 24 Guru Berdedikasi pada Momen HGN 2023

“Di grand opening ini, proses belajar mengajar sudah dilakukan. Siswa yang masuk adalah tahun ajaran 2023/2024,” jelas Susanti.

Selain itu, kurikulum di Sekolah Kristen Ipeka CPI diperkaya dengan lima pilar keunggulan yang dipandu oleh standar pembelajaran internasional. Pilar unggulan ini disebut iLEAD, yang fokus pada Internal Growth (pertumbuhan internal), Leadership (kepemimpinan), Entrepreneurship (kewirausahaan), Language Acquisition (penguasaan bahasa), dan Digital Literacy (literasi digital).

Direktur Utama Sekolah Kristen Ipeka Pdt. Handojo menjelaskan, Ipeka didirikan pada 44 tahun lalu dengan visi berkontribusi untuk pendidikan di Indonesia. Ipeka hadir berlandaskan nilai kristiani.

Baca Juga : Dewan Pendidikan Makassar Akan Berikan Penghargaan kepada 24 Guru Berdedikasi pada Momen HGN 2023

“Ipeka harapkan mendidik anak secara berimbang baik dari pengetahuan dan spiritualnya. Ipeka Ingin menjadi lembaga pendidikan Kristen unggulan yang menggunakan Tuhan sebagai sumber segala sesuatu,” kata Handojo.

Ipeka CPI memanfaatkan berbagai bentuk teknologi dalam pembelajaran, seperti Google for Education dan Chromebook. Sumber pembelajaran seperti buku dan bahan referensi lainnya diberikan dalam bentuk digital dan dapat diakses melalui internet.

Sekolah Kristen Ipeka CPI juga menerapkan program penguasaan bahasa asing yang memungkinkan para murid untuk menguasai bahasa Inggris dan Mandarin yang sesuai dengan internasional.

Baca Juga : Dewan Pendidikan Makassar Akan Berikan Penghargaan kepada 24 Guru Berdedikasi pada Momen HGN 2023

Murid dibekali dua bahasa asing tersebut agar murid lebih dari siap untuk berkomunikasi dengan baik di lingkungan global.

Ipeka CPI didukung oleh beragam fasilitas gedung yang mendukung kegiatan belajar dan pengembangan diri para murid.

Berbagai fasilitas tersebut diantaranya adalah Grand Chapel, STEM Laboratory, Sciences Laboratory (Physics, Chemistry, Biology), Digitech Laboratory, dan Health Center.

Baca Juga : Dewan Pendidikan Makassar Akan Berikan Penghargaan kepada 24 Guru Berdedikasi pada Momen HGN 2023

Sarana olahraga seperti Lapangan Basket dan Voli juga tersedia untuk kegiatan murid. Selain itu, kegiatan seni juga didukung dengan adanya Creative Art Workshop, Blackbox Theater, Music Studio, Ballet Studio, dan Culinary Studio.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News08 Desember 2023 13:17
Mendagri Tito Karnavian Puji Danny Pomanto Terapkan Layanan Publik Berbasis Metaverse
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian memuji Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di hadapan Presiden Indonesia Ir Joko Widodo....
Ekonomi08 Desember 2023 12:28
Sukses Berinovasi di Aspek Teknologi, BRI Raih Penghargaan Contact Center Asia Pasific Award 2023
SULSELSATU.com, JAKARTA – Terus update dengan kondisi industri global terkini khususnya dalam hal Contact Center Services, PT Bank Rakyat Indonesia ...
Berita Utama08 Desember 2023 11:52
Suhu Politik Mulai “Panas”, Sejumlah Baliho Ketua PAN Jeneponto Dirusak OTK
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Sejumlah baliho milik Ketua DPD PAN Jeneponto, Asdin Basoddin Azis Beta diduga sengaja dirusak oleh orang tak dikenal...
News08 Desember 2023 10:34
Berhasil Integrasi Jaringan, IOH Borong Penghargaan World Communications Award 2023
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) meraih dua penghargaan sekaligus di ajang penghargaan industri telekomunikasi, World Communication Award ...