Logo Sulselsatu

Siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga Berkunjung ke Markas PMI Kota Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 20 November 2023 14:53

Siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga berkunjung ke markas PMI Kota Makassar. Foto: Istimewa
Siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga berkunjung ke markas PMI Kota Makassar. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 41 siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga berkunjung ke markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar, Senin (20/11/2023).

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema ‘Bangunlah Jiwa dan Raganya’ yang sedang berlangsung saat ini.

Ketua PMI Kota Makassar Dr. Syamsu Rizal atau yang akrab disapa Daeng Ical menyambut hangat kedatangan siswa.

Baca Juga : Bukit Baruga Gandeng Bank Mandiri Dorong Penjualan Rumah Selama 2024, Target Hingga 110 Unit

Selain Daeng Ical, hadir pula Wakil Ketua Bidang Relawan dan Diklat Abd. Gafur, Wakil Kepala UTD dan Kepala Markas Drs. Khudri Arsyad, serta sejumlah relawan PMI Kota Makassar.

Dalam kesempatan itu, Daeng Ical memaparkan tentang sejarah, visi, misi, dan tanggung jawab PMI sebagai organisasi kemanusiaan.

Selain itu, siswa mendapatkan penjelasan tentang peran PMI dalam membantu korban bencana, konflik, dan krisis kesehatan.

Baca Juga : Idamkan Hunian Kombinasi Classic Modern? Tipe Padma Bukit Baruga Jawabannya

Siswa juga diajak untuk melihat fasilitas dan peralatan yang dimiliki PMI, seperti ambulans, tenda, perahu karet, dan alat kesehatan. Mereka juga berkesempatan melihat langsung proses donor darah.

Nantinya, apa yang diperoleh siswa pada kegiatan kunjungan ini akan dipresentasikan kembali di sekolah di hadapan guru dan siswa lainnya.

PMI kata Daeng Ical, merupakan organisasi yang siap siaga, baik pada saat terjadi bencana maupun pada saat situasi normal.

Baca Juga : Baruga Market Wadahi Warga Donor Darah di Jasmine Residence

Daeng Ical menambahkan, pada saat terjadi bencana, relawan PMI memiliki waktu maksimal 6 jam untuk tiba di lokasi untuk memberikan pertolongan.

“Kita punya waktu 6 jam untuk tiba di lokasi bencana,” kata pria yang telah menjabat selama 17 tahun sebagai Ketua PMI Kota Makassar ini.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Keagamaan Muhammad Amir yang mendampingi siswa dalam kunjungan tersebut menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari pihak PMI Kota Makassar.

Baca Juga : Tipe Primrose Bukit Baruga Habis Terjual, Banyak Diincar Pasangan Muda

“Terima kasih PMI Kota Makassar telah menerima kami dengan baik,” kata Muhamamd Amir.

Muhammad Amir mengatakan, belajar di PMI Kota Makassar adalah pengalaman yang berharga bagi siswa. Dengan mengajak siswa berkeliling melihat bagaimana proses darah didonorkan hingga siap ditransfusikan kepada yang membutuhkan, menjadi pengalaman belajar yang luar biasa bagi siswa.

“Ini tentu adalah pengalaman yang sangat berharga, luar biasa bagi anak-anak kita karena mereka melihat bagaimana proses (donor dan transfusi) itu dilakukan,” kata Amir.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News27 Februari 2024 11:17
Staf Kantor Desa Mattirotasi Sidrap Dipecat Kades Diduga karena Beda Pilihan Caleg
Sejumlah staf kantor desa di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap, Sulsel dipecat oleh Kepala Desa. Diduga, pemecatan itu lantaran...
Sulsel27 Februari 2024 09:52
86,86 Persen Masyarakat Kabupaten Gowa Puas Kinerja Adnan-Kio
Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dibidang pendidikan, kesehatan, tata kelola pemerintahan, infrastruktur, keagamaan, pariwisata...
Video26 Februari 2024 22:50
VIDEO: Diguyur Hujan Deras, Kota Makale Terendam Banjir
SULSELSATU.com – Kota Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, terendam banjir Minggu (25/2/2024) kemarin. Banjir tersebut akibat hujan deras yang...
Pendidikan26 Februari 2024 22:03
Bupati Adnan Resmikan Kantor Baru Disdik Gowa, Harap Kualitas Pendidikan Semakin Maju
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meresmikan Kantor Baru Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa sekaligus merilis Digitalisasi Sekolah di Jalan Tumanurung Ke...