Logo Sulselsatu

9 Pohon Tumbang di Makassar, Timpa 2 Mobil yang Terparkir

Asrul
Asrul

Minggu, 26 November 2023 17:21

Pohon tumbang timpa mobil. Ist
Pohon tumbang timpa mobil. Ist

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang kembali melanda Kota Makassar pada Minggu (26/11/2023) sekira pukul 14.00 WITA.

Sejumlah pohon tumbang di berbagai titik. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar mencatat, ada 9 laporan pohon tumbang.

Di antaranya 6 pohon tumbang di Kecamatan Manggala, 1 pohon tumbang di Kecamatan Rappocini, 1 pohon tumbang di Kecamatan Ujung Pandang, dan 1 pohon tumbang di Kecamatan Tamalanrea.

Baca Juga : PKB Beri Sinyal Usung Danny Pomanto di Pilgub Sulsel 2024

Tak hanya itu, dua buah mobil yang terparkir di bawah pohon di kawasan Bukit Baruga Kecamatan Manggala turut terkena imbas dari pohon tumbang tersebut.

“Dua mobil yang yang tertimpa pohon tumbang diparkir di bawah pohon di Kompleks Bukit Baruga. Tidak ada korban jiwa,” ucap Plt Kepala DLH Makassar, Ferdy Mochtar.

Oleh karena itu, dirinya mengingatkan kepada masyarakat agar tidak memarkirkan kendaraannya di bawah pohon.

Baca Juga : Ribuan Relawan dan Simpatisan Ikut Antar Danny Pomanto Kembalikan Formulir di Lima Partai

“Sangat diharapkan kepada masyarakat menghindari memarkir kendaraan di bawah pohon, hujan deras dengan intensitas yang tinggi dan angin kencang, sangat rawan dan bersiko,” jelasnya

Adapun pemetaan beberapa titik rawan pohon tumbang, lanjut Ferdy, biasanya relatif terjadi di sekitar ruang terbuka hijau (RTH).

Seperti di kecamatan Manggala Kompleks Perumahan Bukit Baruga, sepanjang Jalan Ahmad Yani sekitar Balai Kota Makassar dan kawasan Jalan Jenderal Sudirman, serta di Jalan Sultan Hasanuddin Kecamatan Ujung Pandang.

Baca Juga : Pemkot Makassar Siapkan Anggaran Rp67 Juta untuk Subsidi Sertifikat Halal 15 UMKM

“Itu beberapa daerah yang rawan untuk pengendara bermotor. Selebihnya beberapa titik yang skala kecil yang sifatnya pohon privati, resikonya lebih sedikit, hanya menimpa bahu jalan atau di titik tumbangnya pohon,” pungkas Ferdy.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengimbau masyarakat agar memiliki kemampuan mitigasi dalam menghadapi masa transisi peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

“Perubahan iklim ini sangat berdampak sekali, kalau kemarau, kering sekali. Kalau hujan, ekstrem sekali. kalau angin, angin sekali. Jadi tidak ada ditengah-tengah sekarang, maka dengan itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat harus punya kemampuan mitigatif, harus siap, selamatkan anak-anak di rumah,” tegas Danny Pomanto.

Baca Juga : Indira Yusuf Ismail Ajak Pengurus LDII Beri Edukasi Agama ke Lorong Wisata

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat lebih memperhatikan sistem kelistrikan di rumah masing dan memeriksa kelaikan atap bangunan.

“Kontrol listrik kita karena bencana hidrometeorologi ini menyangkut air dan angin. Atap rumah kita diperiksa, karena angin kencang. Ini fenomena baru, tapi kita harus siap dan beradaptasi dengan ini,” ungkap Danny.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis25 Mei 2024 15:03
United E-Motor Buka Satelit Store Demi Perluas Jangkauan ke Konsumen
Kalla Kars selaku dealer resmi United E-Motor hadirkan Satelit Store untuk beberapa titik di Kota Makassar....
Lifestyle25 Mei 2024 14:30
Honda PCX Club Indonesia Berbagi Bahagia Bersama Panti Asuhan Arafah Makassar
Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Wilayah Sulawesi 1 bersama Pengurus Nasional Honda PCX Club Indonesia menggelar Honda PCX Club Indonesia Social Respon...
Politik25 Mei 2024 14:04
PKB Beri Sinyal Usung Danny Pomanto di Pilgub Sulsel 2024
Moh Ramdhan Pomanto telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran Bakal Calon Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024 di DPW PKB Sulsel...
Olahraga25 Mei 2024 13:45
Arbi Aditama Pembalap AHRT Asal Jawa Tengah Siap Taklukan Tantangan GP Catalunya
Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Fadillah Arbi Aditama mendapat kesempatan untuk merasakan kompetitifnya persaingan balap dunia Moto3, di Circu...