Logo Sulselsatu

DiskominfoSP Gowa Tingkatkan SDM Kelompok Informasi Masyarakat Kelolah Informasi

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 02 Desember 2023 13:14

Pelatihan peningkatan SDM KIM oleh DiskominfoSP Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa
Pelatihan peningkatan SDM KIM oleh DiskominfoSP Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa menggelar Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) 2023 di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (1/12/2023).

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi ke masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Gowa Firman Djamaluddin mengatakan, KIM merupakan program dari Kementerian Komunikasi Informatika RI yang diimplementasikan oleh seluruh instansi pemerintahan yang ada di Indonesia.

Baca Juga : 86,86 Persen Masyarakat Kabupaten Gowa Puas Kinerja Adnan-Kio

“Kelompok Informasi Masyarakat dijalankan untuk mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi media komunikasi dua arah. Sehingga bisa saling memberdayakan, salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarluaskan informasi,” jelasnya.

Lanjut Firman, melalui KIM masyarakat diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi kebijakan dan pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi.

“Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan yakni diantaranya dari Karang Taruna, PKK Gowa, UKM dan kelompok tani yang ada di Kabupaten Gowa, sehingga diharapkan informasi yang disampaikan bisa menjangkau banyak orang,” tambahnya.

Baca Juga : Bupati Adnan Resmikan Kantor Baru Disdik Gowa, Harap Kualitas Pendidikan Semakin Maju

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni menjelaskan, kehadiran kelompok masyarakat mengikuti sosialisasi ini menunjukkan komitmennya yang begitu tinggi terhadap peningkatan penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

“Saya berharap keikutsertaan para kelompok masyarakat ini bukan hanya didasari oleh kewajiban semata, tetapi benar-benar membekali diri dalam memberikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Menurut Arifudin Saeni, KIM memiliki tujuan sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat juga sebagai mediator komunikasi informasi pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan serta menjadi forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintah dan pembangunan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Buka Mal Pelayanan Publik, Akomodasi 147 Layanan Instansi Daerah dan Vertikal

“KIM berfungsi sebagai sarana informasi antar anggota KIM, dari KIM kepada pemerintah, dan dari pemerintah kepada masyarakat. KIM juga berfungsi sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik sarana peningkatan literasi di bidang informasi dan media massa yang memiliki nilai ekonomi,” tambahnya.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 30 orang peserta dari kalangan kelompok masyarakat ini diharapkan bisa memberikan informasi yang baik dan benar dalam upaya penyebarluasan informasi kepada masyarakat dapat menjadi kenyataan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News27 Februari 2024 12:02
Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Huawei Kembangkan Inovasi Berbasis AI dan Pemberdayaan Talenta
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pengembangan digital dengan tujuan untuk menduku...
News27 Februari 2024 11:17
Staf Kantor Desa Mattirotasi Sidrap Dipecat Kades Diduga karena Beda Pilihan Caleg
Sejumlah staf kantor desa di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap, Sulsel dipecat oleh Kepala Desa. Diduga, pemecatan itu lantaran...
Sulsel27 Februari 2024 09:52
86,86 Persen Masyarakat Kabupaten Gowa Puas Kinerja Adnan-Kio
Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dibidang pendidikan, kesehatan, tata kelola pemerintahan, infrastruktur, keagamaan, pariwisata...
Video26 Februari 2024 22:50
VIDEO: Diguyur Hujan Deras, Kota Makale Terendam Banjir
SULSELSATU.com – Kota Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, terendam banjir Minggu (25/2/2024) kemarin. Banjir tersebut akibat hujan deras yang...