Logo Sulselsatu

Cegah Kematian Ibu Hamil, TP PKK Kabupaten Gowa Gelar Sosialisasi

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 04 Desember 2023 13:32

Pelatihan ibu hamil oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa
Pelatihan ibu hamil oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, GOWATim Penggerak PKK Kabupaten Gowa bekerja sama dengan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa menggelar Sosialisasi Penggerakan Kelas Ibu Hamil Tingkat Kabupaten Gowa di Aula Ruang Rapat RSUD Syekh Yusuf, Sabtu (2/12/2023).

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mencegah kematian ibu hamil dan angka kematian bayi serta ibu bersalin di kabupaten Gowa.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan mengatakan, kegiatan ini tentunya sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Gowa melalui TP PKK Gowa untuk meminimalisir masalah-masalah yang kerap kali dikeluhkan oleh ibu hamil.

Baca Juga : 86,86 Persen Masyarakat Kabupaten Gowa Puas Kinerja Adnan-Kio

“Ibu hamil punya banyak sekali keluhan, mulai dari trisemester pertama ada mual dan muntah, trimester kedua terkadang mitos yang ingin diketahui, larangan-larangan yang bersifat adat istiadat yang seringkali didengar ini bisa sekalian semuanya ditanyakan ke narasumber hari ini,” jelas Priska Adnan.

Lanjutnya, sosialisasi ini juga cukup penting bagi para ibu yang menjalani kehamilan pertama. Tentunya masih banyak sekali pengetahuan-pengetahuan yang harus digali terkait tentang cara menjalani kehamilan agar berjalan lancar hingga persalinannya.

“Pada sosialisasi ini ibu-ibu diberikan pengetahuan, dicerahkan dan juga dapat menjawab banyak pertanyaan-pertanyaan ibu-ibu hamil terkait dengan masa kehamilan, masa menyusui dan juga proses bagaimana nanti kita menjalani kehamilan yang aman dan nyaman, ” tambah istri Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan ini.

Baca Juga : Bupati Adnan Resmikan Kantor Baru Disdik Gowa, Harap Kualitas Pendidikan Semakin Maju

Sementara, Direktur Utama RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa drg Rahmawati Djalil mengatakan, melalui kelas ibu hamil ini, menjadi sarana untuk belajar tentang kesehatan bagi ibu hamil dalam bentuk kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi, serta penyakit-penyakit yang bisa menyertai pada ibu-ibu hamil.

“Begitu amat pentingnya kegiatan ini, sehingga diharapkan kepada semua ibu-ibu yang ada turut berpartisipasi dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan ini selain itu ibu-ibu hamil juga dapat menjalin silaturahim satu sama lain dan bisa menyampaikan juga kepada ibu-ibu hamil yang lain yang tidak sempat datang bahwa ada kelas ibu hamil yang diselenggarakan Baik itu oleh Dinas Kesehatan maupun ibu-ibu penggerak PKK Kabupaten Gowa,” ujar drg Rahmawati.

Dirinya juga berterima kasih karena sudah melibatkan RSUD Syekh Yusuf dalam kegiatan yang penuh manfaat ini.

Baca Juga : Pemkab Gowa Buka Mal Pelayanan Publik, Akomodasi 147 Layanan Instansi Daerah dan Vertikal

“Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Rumah Sakit Syekh Yusuf untuk kegiatan ini,” tambahnya.

Peserta sosialisasi juga mendapatkan materi dari dokter spesialis Obgin dr Nasruddin A.M, Sp.OG, Subs. Obginsos, MARS, M.Sc. dan berkesempatan melakukan tanya jawab seputar kehamilan.

Kegiatan ini diikuti 42 ibu hamil dari Kecamatan Somba Opu secara offline dan ratusan lainnya di 18 Kecamatan Se-Kabupaten Gowa secara online melalui meeting zoom.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News27 Februari 2024 12:02
Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Huawei Kembangkan Inovasi Berbasis AI dan Pemberdayaan Talenta
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pengembangan digital dengan tujuan untuk menduku...
News27 Februari 2024 11:17
Staf Kantor Desa Mattirotasi Sidrap Dipecat Kades Diduga karena Beda Pilihan Caleg
Sejumlah staf kantor desa di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap, Sulsel dipecat oleh Kepala Desa. Diduga, pemecatan itu lantaran...
Sulsel27 Februari 2024 09:52
86,86 Persen Masyarakat Kabupaten Gowa Puas Kinerja Adnan-Kio
Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dibidang pendidikan, kesehatan, tata kelola pemerintahan, infrastruktur, keagamaan, pariwisata...
Video26 Februari 2024 22:50
VIDEO: Diguyur Hujan Deras, Kota Makale Terendam Banjir
SULSELSATU.com – Kota Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, terendam banjir Minggu (25/2/2024) kemarin. Banjir tersebut akibat hujan deras yang...