Logo Sulselsatu

Rumah BUMN Muna Dorong Pemberdayaan Perempuan Lewat Pelatihan Pengembangan UMKM

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 20 Desember 2023 11:31

Rumah BUMN berdayakan perempuan lewat pelatihan pengembangan UMKM. Foto: Istimewa
Rumah BUMN berdayakan perempuan lewat pelatihan pengembangan UMKM. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com – PT PLN (Persero) melalui Rumah BUMN Muna terus mendorong dan mendukung pemberdayaan perempuan dengan menyelenggarakan pelatihan bagi pelaku usaha, khususnya di Kabupaten Muna.

Pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari, mulai 2-5 Desember 2023, diselenggarakan di dua tempat berbeda. Di Desa Napabalano dan Coworking Space di Rumah BUMN PLN Muna.

Pelatihan ini disambut antusias oleh para UMKM, salah satunya turut dirasakan oleh anggota kelompok ibu-ibu nelayan Aruna Napabalano, Sitti Herlina.

Baca Juga : Ini Klaster Rosella Yang Terus Berkembang Berkat Pemberdayaan BRI

Sitti menyatakan dirinya merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini dan ia optimis akan meningkatkan proses pengembangan usahanya.

“Setelah mengikuti pelatihan pembukuan, yang awalnya saya tidak tau cara mengolah penghasilan penjualan apakah untung atau rugi jadi tau keuntungannya. Ternyata harus ada pembukuan keuangan, biar lebih terarah dan bisa mengatur keluar masuknya uang,” ujar Sitti Herlina.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan, kegiatan pengembangan UMKM melalui pelatihan merupakan wujud kepedulian PLN dalam mendorong pengembangan dan pemberdayaan kelompok perempuan, sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga : Penyaluran Kredit UMKM di Sulsel Mencapai Rp60,73 Triliun Hingga April 2024

Ia menambahkan, kegiatan yang diikuti oleh gabungan kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan dari mitra binaan baru di Rumah BUMN PLN Muna. Bertujuan untuk peningkatan potensi sumber daya manusia sehingga nantinya para UMKM dapat memiliki daya saing dan pangsa pasar yang lebih luas

“ini menjadi wujud kepedulian PLN, sesuai dengan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SGDs) 2030,” ujar Andy.

Andy menegaskan, PLN bersama Rumah BUMN Muna berkomitmen untuk mendorong pemberdayaan perempuan termasuk dalam membantu bisnis-bisnis UMKM yang mengarah kepada sustainability dan mengedepankan peran perempuan dalam kemandirian ekonomi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video19 Juni 2024 22:06
VIDEO: Truk Rem Blong Terjun ke Jurang 20 Meter di Kalukku, Muatan Batu Berserakan
SULSELSATU.com – Kecelakaan di jalan poros Kalukku-Kalumpang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (19/6/2024). Kecelakaan ...
Makassar19 Juni 2024 21:13
Makassar Sendiri dari Indonesia Masuk Daftar Kota Bahagia di Dunia
Kota Makassar lagi-lagi menorehkan prestasi gemilang karena menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam Kota Bahagia di dunia....
OPD19 Juni 2024 20:52
Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dalam rangka merespons inflasi volatile food khususnya komoditas pangan Sulawesi Selatan, diperlukan inovasi penerapa...
Berita Utama19 Juni 2024 20:14
Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR...